Rabu, 01 Maret 2017

BERTOBATLAH








Rabu, 1 Maret 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
YOEL 2:12-18 

Seruan untuk bertobat dan kembali kepada Tuhan Allah. 

Yoel 2:12-13 
"Tetapi sekarang juga," demikianlah firman Tuhan, "berbaliklah kepadaKu dengan segenap hatimu, dengan berpuasa, dengan menangis dan dengan mengaduh." Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu, berbaliklah kepada Tuhan, Allahmu, sebab Ia pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia, dan Ia menyesal karena hukumanNya

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 51:3-6,12-14,17 

Mazmur ini ditulis Daud mengungkapkan penyesalan atas perbuatannya dan Daud meminta ampun kepada Tuhan Allah. 

Mazmur 51:3-5 
Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setiaMu, hapuskanlah pelanggaranku menurut rahmatMu yang besar! Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku! Sebab aku sendiri sadar akan pelanggaranku, aku senantiasa bergumul dengan dosaku. 

Daud meminta kepada Tuhan agar tetap bersamanya dan tidak meninggalkannya serta memohon eohnya menjadi teguh. 

Mazmur 51:12-13 
Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh! Janganlah membuang aku dari hadapanMu, dan janganlah mengambil rohMu yang kudus dari padaku! 

Sebab Daud hendak memuji Tuhan atas pengampunanNya. 

Mazmur 51:17 
Ya Tuhan, bukalah bibirku, supaya mulutku memberitakan puji-pujian kepadaMu! 

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 6:1-6,16-18 

Pertama 
Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga (Matius 6:1). 

Kedua 
Jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu (Matous 6:3-4). 

Ketiga 
Apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. (Matius 6:5) 

Keempat 
Apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu, supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu (Matius 6:17-18) 

RENUNGAN HARI INI 

Hari ini adalah hari Rabu Abu menurut kalender liturgi Gereja Katolik, dimulai masa prapaskah selama 40 hari. 

Tanda abu di dahi mengingatkan kita manusia ini berasal dari debu tanah dan akan kembali ke asal yakni debu tanah

Sudah saatnya kita membersihkan diri dari segala kotoran dunia di dalam diri kita, dengan cara kita bertobat seraya memohon ampun kepada Tuhan yang menciptakan diri kita

Tidak hanya itu, kita harus tinggalkan cara hidup yang berlumuran dosa dan kita kembali kepada Tuhan dan jalani hidup sesuai dengan Jalan Tuhan yang sekian lama telah kita abaikan dan tidak kita lakukan. 

Inilah yang seharusnya kita laksanakan di masa prapaskah ini bila kita memilih untuk kembali hidup di dalam Tuhan. 

Puasa dan berpantang itu hanya tehnis dari ekspresi penyesalan alan dosa kita namun tidak akan berguna bila batin kita masih menyimpan kotoran dunia. 

Kita harus membersihkan semua secara total dan jangam menyembunyikan setitik nodda dosa sebab Tuhan tahu dan bodoh sekali mencoba mengelabui Tuhan ... camkan hal ini !!! 

Tidak perlu berdalih, berdebat dan lebih baik kita patuh dan taat kepada Tuhan sebab sesungguhnya tidak ada pilihan lain kecuali kembali kepada Tuhan. 

Percayalah maka engkau akan selamat dan bergegaslah waktu tinggal sesaat lagi dan jangan menyesal jika terlambat. 

Seruan bertobat sudah didengungkan nabi Yoel kepada bangsa Israel dan tentu saja seruan ini masih berlaku untuk kita yang hidup di jaman sekarang ini. 

Koyakkan hati kita untuk mengeluarkan segala sampah dunia yang sembunyi di relung hati kita supaya hati kita bersih

Sampah dunia ini licik sekali menyelinap di sanubari kita dan telah menipu kita seakan-akan hal ini bukan dosa. 

Sampah dunia itu diantaranya adalah iri hati, benci dan dendam
Tahukah anda, iri hati itu adalah racun sangat mematikan hati nurani sebab melenyapkan cinta kasih di dalam diri seseorang dan akibatnya timbul tega hati atau kekejaman di dalam hati sampai akhirnya dendam kesumat ingin menghabisi orang lain yang membuat dirinya iri hati. 

Selanjutnya, 
Kita juga harus bertobat dari sikap hidup lainnya yang tidak berkenan bagi Tuhan yaitu kesombongan, egoisme dan sikap kemunafikan. 

Yesus mengingatkan beberapa hal dalam bacaan Injil hari ini yaitu tentang sikap kita pada saat berdoa, memberi sedekah kepda orang lain, dan ketika kita sedang menjalankan kewajiban agama, misalnya soal berpuasa. 

Di bagian awal tadi sudah disinggung bahwa hari ini tanda abu di dahi adalah tanda pertobatan kita dan sekaligus kita memulai masa puasa 40 hari menjelang tibanya Paskah. 

Tujuan utama kita berpuasa lebih utama daripada puasa tidak makan ataupun berpantang mengendalikan keinginan kedagingan kita. 

Ada satu hal sangat penting kita taati yaitu nasehat Yesus yang mengatakan: 
janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu.... 

Bukan hanya sedekah tetapi hal lainnya seharusnya kita tidak mencari pujian, hormat, kemuliaan diri, atas segala perbuatan baik yang kita lakukan. 

Perhatikan bahwa Bapa Surgawi sangat berkenan bila perbuatan baik yang kita lakukan tersembunyi dan tidak diketahui orang lain sebab Bapa akan membalas kebaikan kita (Matius 6:4). 

Oleh sebab itu, bertobatlah dari segala sikap hati dan perbuatan kita yang Tuhan tidak berkenan .... dengan demikian kita dibersihkan dan disucikan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com