Jumat, 11 November 2016

TANDA-TANDA KERAJAAN ALLAH DATANG (BAGIAN-2)









Jumat, 11 November 2016 

Barangsiapa berusaha memelihara nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya, ia akan menyelamatkannya.  
            (Lukas 17:33)  

Sebelumnya Yesus mengatakan bahwa Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah (ayat 20) tetapi Kerajaan Allah sudah ada diantara kamu (ayat 21). 

Dan hari ini Yesus menjelaskan tentang situasi kondisi yang terjadi menjelang kedatangan Kerajaan Allah. 
(Baca selenngkapnya pada Ayat 31-37) 

Lukas 17:30 
Demikianlah halnya kelak pada hari, di mana Anak Manusia menyatakan diriNya 

Apa maknanya bagi kita? 

Tentu saja kita harus serius menanggapi firman Tuhan hari ini yang mengingatkan kita agar mempersiapkan diri dengan penuh kesadaran dan kewaspadaan menyambut kedatangan Kerajaan Allah yang menunjukkan kedatangan Yesus keduakalinya di akhir jaman. 

Hal-hal apa yang mesti kita persiapkan : 

Pertama 
Hidup didalam kebenaran ajaran Kristus 

2 Yohanes 1:9 
Setiap orang yang tidak tinggal di dalam ajaran Kristus, tetapi yang melangkah keluar dari situ, tidak memiliki Allah. Barangsiapa tinggal di dalam ajaran itu, ia memiliki Bapa maupun Anak. 

Ajaran Kristus adalah tentang kasih
Sudah banyak dibicarakan tetapi dunia tetap saja kekurangan kasih karena tidak banyak orang berbuat kasih tetapi hanya sebatas pengetahuan dan diucapkan di bibir saja dan hatinya belum dipenuhi oleh belas kasihan kepada sesama. 

Kedua 
Melakukan perintah Tuhan Allah dengan segenap hati 

Mazmur 119:2 
Berbahagialah orang-orang yang memegang peringatan-peringatanNya, yang mencari Dia dengan segenap hati

Ada dua perintah yang seharusnya kita lakukan yakni : 

Yohanes 15:22 
Inilah perintahKu, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. 

Matius 28:19-20 
Pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. 

Ketiga 
Memberikan diri untuk menyelamatkan orang lain. 

Lukas 17:33 
Barangsiapa berusaha memelihara nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya, ia akan menyelamatkannya. 

Berkorban diri adalah suatu keputusan mulia, didorong belas kasihan melihat kesusahan dan penderitaan orang lain

Memelihara nyawa artinya mencintai diri sendiri dan tidak peduli kepada orang lain sebab fokusnya pada kepentingan sendiri diatas segala kepentingan lain, bahkan kebenaran Tuhan tidak digubris. 

Selanjutnya, 

Yesus mengingatkan situasi kondisi masyarakat pada saat air bah hancurkan dunia di jaman Nuh. 

Lukas 17:26-27 
Sama seperti terjadi pada zaman Nuh, demikian pulalah halnya kelak pada hari-hari Anak Manusia: mereka makan dan minum, mereka kawin dan dikawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, lalu datanglah air bah dan membinasakan mereka semua

Begitu juga situasi kondisi masyarakat di kota Sodom-Gomora, berbua menjelang Allah menghancurkan kedua kota itu. 

Lukas 17:28-29 
Demikian juga seperti yang terjadi di zaman Lot: mereka makan dan minum, mereka membeli dan menjual, mereka menanam dan membangun. Tetapi pada hari Lot pergi keluar dari Sodom turunlah hujan api dan hujan belerang dari langit dan membinasakan mereka semua. 

Seperti itulah keadaan manusia pada saat akhir jaman dimana stuasi jaman sekarang ini semakin memprihatinkan dimana sifat dan sikap manusia semakin mementingkan diri sendiri dan akibatnya perbuatannya kian tidak manusiawi demi mencapai apa yang diinginkannya. 

Segala cara dilakukannya termasuk membunuh orang secara fisik maupun membunuh orang secara psikis. 

Seharusnya situasi dan kondisi seperti yang kita lihat dan alami saat ini adalah seperti yang dikatakan Yesus, artinya menjelang akhir jaman. 

Bergegaslah mempersiapkan diri supaya tidak mengalami seperti yang terjadi pada jaman Nuh dan Sodom Gomora dimana isteri Lot meremehkan larangan dari Malaikat agar tidak menengok ke belakang dan akibatnya ia menjadi tiang garam karena meremehkan peringatan. 

Kejadian 19:17,26 
Sesudah kedua orang itu menuntun mereka sampai ke luar, berkatalah seorang: "Larilah, selamatkanlah nyawamu; janganlah menoleh ke belakang, dan janganlah berhenti di manapun juga di Lembah Yordan, larilah ke pegunungan, supaya engkau jangan mati lenyap." Tetapi isteri Lot, yang berjalan mengikutnya, menoleh ke belakang, lalu menjadi tiang garam. 

Manusia di jaman sekarang ini serupa dengan isteri Lot dimana sangat ironi bila sebagai umat kristiani tetapi bertingkah-laku seperti orang dunia yang meremehkan firman Tuhan. 

Amsal 13:13 
Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan 

Mari Saudara/i-ku dalam Yesus Kristus, seriuslah menanggapi Firman Tuhan dan berbuatlah seperti yang dikehendaki oleh Firman Tuhan. 

Percayalah bahwa Kerajaan Allah sudah datang di dalam hidup kita dan hiduplah di dalam Kerajaan Allah sampai akhirnya kita tiba di hari terakhir hidup di dunia dan memasuki hidup baru di Sorga. 

REFLEKSI DIRI 

Apakah saat ini aku hidup di dalam Kerajaan Allah? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

============= ☆☆☆ ============

Kalender Liturgi Katolik 
PW St Martinus dr Tours 
Warna Liturgi : Putih 

2 Yohanes 4:9 
Mazmur 119:1-2,,10-11,17-18 
Lukas 17:26-37 
BcO : 1 Makabe 2:1,15-28,42-50,65-70 

============= ☆☆☆ ============


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com