Kamis, 01 Maret 2018

HIDUPLAH MENGANDALKAN TUHAN











Kamis, 1 MARET 2018 

YEREMIA 17:5-10  
MAZMUR 1:1-6 
LUKAS 16:19-31 

Yeremia 17:5,7 
Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada Tuhan! Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapannya pada Tuhan! 

Setiap orang tahu bahwa hidup dengan mengandalkan Tuhan adalah baik tetapi aneh dalam kenyataannya ternyata tidak setiap orang mengandalkan Tuhan di dalam hidupnya. 

Ada berbagai alasan diantaranya adalah akumulasi kekecewaan terhadap Tuhan tidak mengabulkan permohonan sesuai keinginannya, menjadi penyebabnya. 

Pertanyaannya : 
Mengapa Tuhan tidak mengabulkan permohonan sesuai keinginan kita? 

Sudah dibahas, silahkan baca renungan 18 Feb 2016 di website ini www.renunganpdkk.blogspot.co.id 

Pertanyaan ini sering dikeluhkan banyak orang dengan alasan katanya Tuhan mengasihi kita tetapi mana buktinya. 

Akibatnya, banyak orang tidak lagi mengandalkan Tuhan dan mencari cara lain diluar Tuhan, diantaranya adalah mengandalkan kekuatan sendiri atau mengandal orang lain, mengandalkan harta kekayaan dunia sebagai jaminan hidupnya. 

Seperti yang terjadi pada orang kaya dalam bacaan Injil hari ini. 

Lukas 16:19 
Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria dalam kemewahan. 

Gaya hidup hedonisme merasuki banyak orang yang mengandalkan kesenangan dan kenikmatan dunia dalam hidupnya. 
(hedonisme menghindari salib). 

Kecenderungan mengejar harta kekayaan dunia telah berlangsung lama dalam sejarah umat manusia maka dari itu waspadalah menjaga hati dan pikiran kita agar tidak terjerembab dibawah pengaruh hedonisme. 

Hiduplah dekat dengan Tuhan. 
Berdoalah, bersaat teduhlah bersama Tuhan dan hiduplah dalam kebenaran Tuhan dengan bertekun merenungkan Firman Tuhan dan menjadi pelaku Firman lewat perbuatan kasih. 

Mazmur 84:11-12 
Sebab lebih baik satu hari di pelataranMu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik. Sebab Tuhan Allah adalah matahari dan perisai; kasih dan kemuliaan Ia berikan; Tuhan tidak menahan kebaikan dari orang yang hidup tidak bercela. 

Yosua 1:8 
Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. 

Mazmur 1:2-3 
Berbahagialah orang yang kesukaannya ialah Taurat Tuhan, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil. 

Jangan keraskan hatimu dan janganlah mengandalkan hartamu yang membuat engkau nyaman sehingga mengabaikan bahkan melupakan Tuhan Allahmu. 

Bertobatlah dan hiduplah mengandalkan Tuhan selagi masih hidup di dunia agar nasib yang menimpa orang kaya dalam Injil hari ini tidak terjadi atas dirimu dan menyesal kemudian tidak ada gunanya lagi sebab sudah terlambat. 

Semoga Firman Tuhan hari ini semakin menyadarkan kita agar hidup bersama Tuhan; hidup mengandalkan Tuhan adalah jalan terbaik dalam hidup ini. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com