Sabtu, 01 Februari 2020

JANGAN TAKUT














SABTU, 1 FEBRUARI 2020

2 SAMUEL 12:1-7,10-17 

Nabi Natan menyampaikan Firman Allah bahwa Daud akan ditimpa malapetaka atas perbuatan zinahnya pada Batsyeba. 

Meski Daud memohon ampun namun anak hasil perbuatan zinahnya itu mati dan akan menerima akibat dosa dimana keturunannya akan meniduri isteri Daud di siang hari secara terang-terangan. 

MAZMUR 51:12-17 

Sebab Engkau tidak berkenan kepada korban sembelihan; sekiranya kupersembahkan korban bakaran, Engkau tidak menyukainya. Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah. 

MARKUS 4:35-41 

Murid-murid ketakutan saat taufan yang dashyat menerjang perahu dan mereka membangunkan Yesus, lalu menghardik angin taufan menjadi tenang kembali. 

RENUNGAN 

Takut, kuatir, cemas berkaitan dengan perasaan seseorang tentang hal-hal akan datang yang akan menimpa dirinya yang belum tentu terjadi. 

Murid-murid Yesus membayangkan sesuatu malapetaka akan terjadi tatkala perahu diterjang angin taufan sehingga perasaan takut mencekam diri mereka. 

Memang adakalanya perasaan takut, khawatir, cemas setiap hari dipikirkan, akhirnya terjadi pada dirinya seperti yang dialami Ayub mengalami perasaan takut sesuatu akan terjadi pada dirinya. 

Ayub 3:25 
Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku. 

Karena kelakuan anak-anak Ayub yang sering mengadakan pesta pora yang tidak bisa ditertibkan Ayub  demikian juga imam Eli yang tak mampu mencegah anak-anaknya berbuat dosa. --> Baca Galatia 5:19-21 

Ayub 1:4 
Anak-anaknya yang lelaki biasa mengadakan pesta di rumah mereka masing-masing menurut giliran dan ketiga saudara perempuan mereka diundang untuk makan dan minum bersama-sama mereka. 

Roma 13:13 
Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati. 

Dosa juga menimbulkan perasaan takut akibat dosa yang akan terjadi pada dirinya sebab pada dasarnya kita tahu akibat dosa adalah maut (Roma 6:23a). 

Daud berbuat dosa.  
Nabi Natan sampaikan pesan Allah pada Daud tentang hukuman Allah terhadap dirinya yang telah berzinah pada Batsyeba dan merekayasa pembunuhan Uria suami Batsyeba sehingga keturunan Daud ikut menanggung akibat dosa. 

 2 Samuel 12:11-12 
Beginilah firman Tuhan: Bahwasanya malapetaka akan Kutimpakan ke atasmu yang datang dari kaum keluargamu sendiri. Aku akan mengambil isteri-isterimu di depan matamu dan memberikannya kepada orang lain; orang itu akan tidur dengan isteri-isterimu di siang hari. Sebab engkau telah melakukannya secara tersembunyi, tetapi Aku akan melakukan hal itu di depan seluruh Israel secara terang-terangan." 

JADI 

Penyebab utama ketakutan
1. Akibat dosa 
2. Membayangkan sesuatu malapetaka akan terjadi meski belum tentu terjadi 

Solusinya
1. Bertobatlah dan tidak lakukan dosa 

Yakobus 4:8 
Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! Dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati! 

1 Yohanes 3:8-9 
Barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diriNya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu. Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah. 

2. Percayalah dan tunduklah pada Allah 

1 Yohanes 4:4b 
Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. 

Yakobus 4:7 
Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com