Rabu, 05 Februari 2020

TOLONGLAH AKU, YA TUHAN











SELASA, 4 FEBRUARI 2020

2 SAMUEL 18:9-10,14,24-25,30 

Daud sedih dan menangis mendengar kabar bahwa Absalom mati. 

Maka terkejutlah raja Daud dan dengan sedih ia naik ke anjung pintu gerbang lalu menangis. Dan beginilah perkataannya sambil berjalan: "Anakku Absalom, anakku, anakku Absalom! Ah, kalau aku mati menggantikan engkau, Absalom, anakku, anakku!" 

MAZMUR 86:1-6 

Daud berdoa meminta pertolongan Allah: 
Engkau adalah Allahku, kasihanilah aku, ya Tuhan, sebab kepadaMulah aku berseru sepanjang hari. Pasanglah telinga kepada doaku, ya Tuhan, dan perhatikanlah suara permohonanku. 

MARKUS 5:21-43 

Yesus membangkitkan anak perempuan Yairus, kepala rumah ibadat yang telah mati dan juga Yesus menyembuhkan seorang perempuan menderita sakit pendarahan selama 12 tahun.  

RENUNGAN 

Hanya Tuhan Allah penolong hidup kita!!! 
Mengapa masih banyak orang tidak yakin bahkan meragukan Tuhan Allah??? 

Seringkali banyak orang berdoa kepada Tuhan tetapi tidak percaya 100% Tuhan akan menolong dirinya. 

Tidak heran bila setelah berdoa, masih sangat khawatir dan cemas memikirkan masalah hidupnya. 

Berbeda dengan Daud, sangat percaya kepada Allah akan menolong dirinya dan hal ini bisa diketahui dari kitab Mazmur dan kitab Samuel menuliskan kisah Daud 

Setidaknya kita mencontoh memiliki iman seperti perempuan pendarahan tersebut yang dipuji Yesus. 

Markus 5:27-28,34 
Perempuan tersebut sudah mendengar berita-berita tentang Yesus, maka di tengah-tengah orang banyak itu ia mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jubahNya. Sebab katanya: "Asal kujamah saja jubahNya, aku akan sembuh." Maka kata Yesus kepada perempuan itu: "Hai anakKu, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!" 

Jelaslah memiliki iman yang teguh akan menolong dan menyelamatkan kita. 
INGATLAH SELALU AKAN HAL INI !!! 

Dengan memiliki iman yang teguh berarti kita tidak mudah tergoda berbuat dosa sebab semakin kita beriman biasanya kita semakin tunduk kepada Allah. 

Beriman disini bukan sekedar iman biasa saja tetapi iman yang teguh yang teruji mampu menghadapi segala rintangan dan tantangan hidup. 

Daniel adalah orang yang beriman teguh selain Daud; dimana Daniel tetap percaya Allah menolong dirinya meski saat itu ia dimasukan dalam bara api yang sangat luarbiasa panasnya tetapi ia tidak mati terbakar hangus (baca Daniel pasal 3). 

Sangat sulit mempertahankan iman di saat diperhadapkan pada keselamatan diri atau kehilangan nyawa bila kita tidak memiliki iman yang teguh/kokoh. 

JADI 

Iman adalah faktor penting terkabulnya suatu doa, selain faktor dosa menjadi kendala terbesar menghambat doa. 

Yesaya 59:2 
Yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu. 

Sedangkan dari sisi Tuhan, tergantung waktu Tuhan yang berbeda dengan waktu kita manusia dan rencana Tuhan yang juga tidak sama dengan rencana kita. 

Yesaya 55:8-9 
Sebab rancanganKu bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalanKu, demikianlah firman Tujan. 
Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalanKu dari jalanmu dan rancanganKu dari rancanganmu. 

2 Petrus 3:8 
Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari

Kedua hal ini mesti kita ketahui supaya kita tidak kecewa bila harus menunggu terkabulnya doa dan sesuai dengan yang kita minta atau yang kita inginkan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Mohon doa pak buat saya didlm pergumulan saya yg melemahkan imanku dan jiwa dan tubuhku juga membuat sy hmpir putus asa. Kiranya Tuhan Yesus mendengar doa kita.

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com