Kamis, 06 Februari 2020

TUHAN MENGUTUS KITA












KAMIS, 6 FEBRUARI 2020

1 RAJA 2:1-4,10-12 

Menjelang kematiannya, Daud berpesan kepada Salomo, anaknya agar setia pada Tuhan Allah dan mengikuti ketetapan dan perintah Allah segenap hati dan segenap jiwa agar Allah menepati janjiNya. 

1 TAWARIKH 29:10-12 

Daud memuji Tuhan di depan mata segenap jemaah itu. Berkatalah Daud: "Terpujilah Engkau, ya Tuhan, Allahnya bapa kami Israel, dari selama-lamanya sampai selama-lamanya". 

Ya Tuhan, punyaMulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya Tuhan, punyaMulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala. 

MARKUS 6:7-13 

Yesus memanggil kedua belas murid itu dan mengutus mereka berdua-dua. Ia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat, dan berpesan supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka, kecuali tongkat, rotipun jangan, bekalpun jangan, uang dalam ikat pinggangpun jangan, boleh memakai alas kaki, tetapi jangan memakai dua baju. 

RENUNGAN 

Pernahkah anda merasa bersalah kepada Tuhan Yesus karena tidak peduli urusan mewartakan Firman Tuhan atau tugas pemberitaan Injil ? 

Jangan-jangan anda merasa bukan tugas anda memberitakan Injil, itu tugas pastor atau orang lain yang memang ditugaskan oleh gereja. 

Jika anda berpandangan seperti itu maka berarti anda tidak mematuhi perintah Yesus atau jangan-jangan anda tidak membaca Firman Tuhan di Alkitab bahwa Yesus memerintahkan murid-muridNya untuk mewartakan Injil? 

Matius 28:18-20 
Yesus mendekati kesebelas muridNya dan berkata: "KepadaKu telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." 

Kita umat kristiani juga termasuk murid murid Yesus, maka dari itu kita diutus untuk memberitakan Injil seperti kesebelas murid Yesus (=para rasul). 

Yohanes 8:31 
Maka kata Yesus kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepadaNya: "Jikalau kamu tetap dalam firmanKu, kamu benar-benar adalah muridKu". 

Bacaan Injil hari ini, tentang Yesus mengutus para murid secara berdua-dua, memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat dan berpesan: 

1. Bawa tongkat, alas kaki, satu helai baju 
2. Jangan membawa roti, bekal, uang 
3. Jika kamu ditolak, keluarlah 
4. Menyembuhkan orang sakit 
5. Mengusir setan 
6. Beritakan Injil agar mereka bertobat 

Melaksanakan perintah Yesus adalah hal penting harus kita lakukan sebab Yesus menginginkan kita berbuat seperti yang Yesus kerjakan. 

Yohanes 14:12 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. 

Jika anda tidak patuh melakukan perintah Yesus berarti anda sama seperti Salomo tidak menuruti pesan Daud, ayahnya yang menyuruhnya untuk mengikuti ketetapan dan perintah Allah dengan segenap hati dan segenap jiwa. 

1 Raja 2:1,3 
Ketika saat kematian Daud mendekat, ia berpesan kepada Salomo, anaknya: Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap Tuhan, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkanNya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuanNya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa, supaya engkau beruntung dalam segala yang kaulakukan dan dalam segala yang kautuju. 

JADI 

Kepatuhan kita umat kristiani ditunjukkan dengan menuruti perintah Yesus bahwa kita diutus untuk memberitakan kabar baik, kabar sukacita kepada orang lain agar mereka juga beroleh keselamatan  dan kehidupan kekal. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com