Sabtu, 29 Februari 2020

BERSERAH KEPADA TUHAN









SABTU,  FEBRUARI 2020

YESAYA 58:9-14 

Pada waktu itulah engkau akan memanggil dan Tuhan akan menjawab, engkau akan berteriak minta tolong dan Ia akan berkata: Ini Aku! Apabila engkau tidak lagi mengenakan kuk kepada sesamamu dan tidak lagi menunjuk-nunjuk orang dengan jari dan memfitnah.

Apabila engkau menyerahkan kepada orang lapar apa yang kauinginkan sendiri dan memuaskan hati orang yang tertindas maka terangmu akan terbit dalam gelap dan kegelapanmu akan seperti rembang tengah hari. 

MAZMUR 86:1-6 

Doa Daud. Sendengkanlah telingaMu, ya Tuhan, jawablah aku, sebab sengsara dan miskin aku. Engkau adalah Allahku, kasihanilah aku, ya Tuhan, sebab kepadaMulah aku berseru sepanjang hari. 

LUKAS 5:27-32

Lewi pemungut cukai menerima ajakan Yesus untuk mengikutiNya dan ia juga mengundang Yesus makan di rumahnya bersama pemungut cukai lainnya. 

RENUNGAN 

Bila kita renungkan sungguh-sungguh, ada dua hal utama penyebab dosa

Pertama 
Kita tidak berserah sepenuhnya kepada Tuhan sebab kita pikir bisa berbuat sesuatu tanpa melibatkan Tuhan 

Yerenia 17:5 
Beginilah firman Tuhan: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada Tuhan! 

Kedua 
Kita tidak mau diatur oleh peraturan dan perintah sebab keinginan daging kita berlawanan dengan kehendak Tuhan 

Roma 8:7-8 
Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah. 

Ada dua hal utama keinginan daging

1. Uang dan harta kekayaan dunia 

Karena uang, 
1. Menyalah-gunakan jabatan 
2. Melakukan perbuatan jahat 
3. Keluarga berantakan 
4. dsbnya 

Lewi seorang pemungut cukai menyadari bahwa dirinya telah terjerumus dalam hal uang sebab profesi pemungut cukai amat dibenci masyarakat Yahudi namun Lewi bertobat dan menerima Yesus. 

Menjamu Yesus di rumahnya merupakan simbol menempatkan Yesus di tempat kediamannya yakni di dalam hatinya. 

Lukas 5:29 
Lewi mengadakan suatu perjamuan besar untuk Yesus di rumahnya dan sejumlah besar pemungut cukai dan orang-orang lain turut makan bersama-sama dengan Yesus. 

2. Kenikmatan hawa nafsu kedagingan 

Banyak orang beriman justru tergoda oleh kenikmatan dunia menggiurkan yang sulit ditolak sebab kita manusia suka sesuatu yang menyenangkan hati meskipun tahu kenikmatan tersebut menimbulkan akibat dosa kepada Tuhan. 

Yakobus 1:14-15 
Tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut. 

Biasanya, setelah mengalami masalah atau menderita sakit kronis maka barulah mendekat kepada Tuhan karena butuh pertolonganNya namun kemudian setelah ditolong dan disembuhkan Tuhan maka tergoda lagi menuruti keinginan daging. 

Inilah akar penyebab seseorang tidak mau berserah penuh kepada Tuhan. 

Padahal dengan berserah kepada Tuhan maka hidup kita dituntun dan diberkati Tuhan sehingga kasih Tuhan melingkupi di sepanjang hidup kita. 

Mazmur 37:3-5  
Percayalah kepada Tuhan dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia, dan bergembiralah karena Tuhan; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu. Serahkanlah hidupmu kepada Tuhan dan percayalah kepadaNya, dan Ia akan bertindak 

Memang akan ada ujian iman namun hal itu kita sadari dan menerimanya karena kita percaya Tuhan mengasihi kita dan tidak akan menyengsarakan hidup kita sebab kita yang percaya kepada Yesus adalah anak-anak Allah. 

Yohanes 1:12 
Tetapi semua orang yang menerimaNya diberiNya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam namaNya 

Ibrani 12:7 
Jika kamu harus menanggung ganjaran; Allah memperlakukan kamu seperti anak. Di manakah terdapat anak yang tidak dihajar oleh ayahnya? 

Maka dari itu, berserahlah sepenuhnya kepada Tuhan Allah kita yang boleh kita panggil: ya Abba Bapa karena iman kita kepada Yesus Kristus (Galatia 4:6). 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com