Senin, 20 Agustus 2018

MEMPEROLEH HIDUP YANG KEKAL














Senin, 20 Agustus 2018 

YEHEZKIEL 24:15-24 
ULANGAN 32:18-21 
MATIUS 19:16-22 

Matius 19:16 
Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"  

Pertanyaan orang ini atau anak muda ini tentang memperoleh hidup yang kekal menggambarkan bahwa ia belum hidup di dalam kebenaran Allah meski mengaku sudah menuruti 10 perintah Allah. 
(baca Keluaran 20:1-17) 

Mengapa demikian? 
Sebab di jaman itu kitab Taurat Musa, kitab nabi-nabi, dan kitab Mazmur dipakai untuk beribadah. 

Lukas 24:44 
Yesus berkata kepada mereka: "Inilah perkataanKu, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur." 

Yesus merangkum intisari kitab para nabi dan hukum Taurat bahwa: 

Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi (Matius 7:12). 

Garisbawahi kata : mereka 
mereka = orang-orang lain. 

Jika si A berbuat baik kepada si B; 
belum tentu si B membalas kebaikan si A tetapi percayalah perbuatan baik si A, pasti dibalas kebaikannya oleh si C atau si D atau si E (=mereka). 

pasti dibalas kebaikannya 
Tuhan Allah berjanji akan membalas setiap perbuatan baik yang kita lakukan. 

Amsal 19:17 
Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi Tuhan, yang akan membalas perbuatannya itu. 

Jika saja anak muda ini memahami makna dari kita Taurat Musa, kitab para nabi, kitab Mazmur maka ia seharusnya mengetahui tentang kehidupan kekal. 

Maleakhi 4:1 (=Neraka) 
Bahwa sesungguhnya hari itu datang, menyala seperti perapian, maka semua orang gegabah dan setiap orang yang berbuat fasik menjadi seperti jerami dan akan terbakar oleh hari yang datang itu, firman Tuhan semesta alam, sampai tidak ditinggalkannya akar dan cabang mereka. 

Maleakhi 4:2 (=Surga) --> Mazmur 23 
Tetapi kamu yang takut akan namaKu, bagimu akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya. Kamu akan keluar dan berjingkrak-jingkrak seperti anak lembu lepas kandang. 

Bagi orang yang terpaku hal-hal hurufiah akan membantah bahwa Maleakhi 4:2, bukan berbicara mengenai surga dan Maleakhi 4:1, bukan neraka; bahkan Yohanes 14:2 belum tentu surga sebab tidak kata 'surga' dan Yohanes 15:6 bukan neraka sebab tidak ada kata 'neraka'. 

Anak muda itu mengaku sudah menuruti 10 Perintah Allah tetapi sesungguhnya ia belum sepenuhnya menuruti 10 Perintah Allah yang sesuai kehendak Allah. 

10 Perintah Allah (Keluaran 20:1-17) : 
4 Perintah Allah = Mengasihi Allah 
6 Perintah Allah = Mengasihi Sesama. 
Berbuat kebaikan = Mengasihi Sesama 
--> Imamat 19:18b. 

Anak muda ini tidak mengerti makna terdalam dari 10 Perintah Allah sehingga dengan sedih ia meninggalkan Yesus karena tidak rela harta dunia dimilikinya diberikan kepada orang lain. 

Matius 19:22 
Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya. 

Perkataan itu adalah perkataan Yesus yang memberitahukan kepadanya untuk memperoleh harta di sorga atau beroleh hidup yang kekal. 

Matius 19:21 
Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."  

Bagi umat kristiani, Matius 19:21, 
tidak boleh diartikan secara hurufiah sebab makna terdalam dari Matius 19:21 adalah sikap seseorang mengikut Yesus harus mau melepaskan diri dari segala keterikatan hal-hal duniawi. 

Ibrani 12:1b,2 
Marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita
Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah. 

JADI, 

Untuk beroleh hidup yang kekal : 
1) lepaskan semua keterikatan dan dosa 
2) mengikuti Yesus 

Yohanes 14:6 
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com