Jumat, 02 Juni 2017

TUHAN MELINDUNGI ORANG PERCAYA












Kamis, 1 Juni 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KISAH 22:30; 23:6-11 

Paulus di hadapan Mahkamah Agama mengatakan tentang kebangkitan orang mati sehingga menimbulkan keributan. 

Orang Saduki tidak mengakui adanya kebangkitan orang mati sedangkan orang Farisi mengakuinya. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 16:1-2,5,7-11 

Mazmur Daud berkata kepada Tuhan bahwa dirinya berlindung pada Tuhan dan memberitahukan tentang jalan kehidupan. 

C. BACAAN INJIL 
YOHANES 17:20-26 

Yesus mendoakan ke-12 muridNya dan juga kepada orang percaya kepadaNya. 

Yohanes 17:24 
Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepadaKu, agar mereka memandang kemuliaanKu yang telah Engkau berikan kepadaKu, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan. 

RENUNGAN HARI INI 

Memberitakan tentang kebangkitan orang mati menimbulkan pertentangan pendapat antara orang Saduki dan Farisi 

Tidak mudah dicerna oleh akalbudi kita sebab merupakan hal supranatural dan tidak heran bila orang Saduki dan orang Farisi bersitegang mempertahankan pendapat masing-masing. 

Pemberitaan Kebangkitan orang mati sangat penting sebab Yesus mati di salib dan bangkit pada hari ketiga, dan hal ini merupakan dasar iman kepada Yesus yakni kebangkitan Yesus. 

1 Korintus 15:13-14 
Kalau tidak ada kebangkitan orang mati, maka Kristus juga tidak dibangkitkan. Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu.  

Rasul Paulus dianiaya dan dimasukkan ke dalam penjara ketika memberitakan Yesus bangkit tetapi beliau tidak takut sebab yakin Tuhan akan menolong. 

Suatu pelajaran berharga bagi kita bahwa Tuhanlah tempat perlindungan kita sebab Yesus mendoakan kita orang percaya kepada Bapa Surgawi. 

Yohanes 17:24 
Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepadaKu, agar mereka memandang kemuliaanKu yang telah Engkau berikan kepadaKu, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan. 

Hendaknya kita tidak boleh lupa bahwa Tuhanlah pengharapan kita sebab Tuhan melindungi kita. 

Memang banyak yang tidak tahan ditekan oleh berbagai persoalan hidup, apalagi sampai dianiaya dan disiksa oleh orang-orang tidak suka kita beritakan tentang kebangkitan. 

Namun ingatlah selalu, Tuhan tidak pernah tidur mengamati sikap perilaku orang-orang percaya tetapi tidak hidup di dalam kebenaran Tuhan. 

Mazmur 121:2-4 
Pertolonganku ialah dari Tuhan, yang menjadikan langit dan bumi. Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap. Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel

Seringkali kita pikir Tuhan sedang tidur sebab tidak segera menolong kita padahal problem kita semakin besar dan sudah berbusa-busa mulut kita teriak kepada Tuhan. 

Kita masih ingat ketika Yesus diburitan perahu sepertinya tertidur sedangkan angin taufan menggoncangkan perahu. 

Markus 4:38 
Pada waktu itu Yesus sedang tidur di buritan di sebuah tilam. Maka murid-muridNya membangunkan Dia dan berkata kepadaNya: "Guru, Engkau tidak perduli kalau kita binasa?" 

Tuhan Allah berjanji akan meluputkan orang benar dan kita harus percaya, tidak meragukan janji Tuhan. 

Bagi pemberita Injil, seringkali terjadi penganiayaan dan yakinlah bahwa Tuhan pasti menolong. 

2 Korintus 4:8-9,11 
Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa. Sebab kami, yang masih hidup ini, terus-menerus diserahkan kepada maut karena Yesus, supaya juga hidup Yesus menjadi nyata di dalam tubuh kami yang fana ini. 

Hendaknya kita senantiasa berlindung kepada Tuhan dalam segala bidang kehidupan kita dan yakinlah ! 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com