Kamis, 08 Juni 2017

BAGAIMANA CARA MENGASIHI TUHAN










Kamis, 8 Juni 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
TOBIT 6:10-11; 7:1,6,8-13 

Tobia berkata kepada temannya Azarya agar mengantarnya ke rumah Raguel dengan maksud meminta anak Raguel yaitu Sara untuk dinikahinya. 

Raguel menceritakan tentang ketujuh suami Sara yang mati di malam pertama dan Tobia tetap menginginkan Sara menjadi isterinya. 

Tobia dan Sara berdoa kepada Tuhan memohon perlindungan agar tidak terjadi seperti yanh dialami ke-7 mantan suami Sara yang mati di malam pertama 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 128:1-5 

Berbahagialah orang yang hidupnya menurut jalan yang ditunjukkan Tuhan maka orang tersebut menikmati hasil jerih payahnya bersama isteri dan dengan anak-anaknya. 

C. BACAAN INJIL 
MARKUS 12:28b-34 

Yesus menjawab pertanyaan seorang ahli Taurat tentang perintah yang paling utama yaitu kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hati, jiwa, akal budi dan kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri. 

RENUNGAN HARI INI 

Setiap orang pasti tahu dan mengerti bahwa mengasihi adalah sesuatu yang paling hakiki dan sangat dibutuhkan di dalam mengarungi kehidupan ini srbab tanpa kasih, segala sesuatu tidak ada artinya dan terasa hampa. 

Ada 3 hal akibat tidak ada kasih menurut Rasul Paulus yakni : 

Pertama 
Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.  (1Korintus 13:1). 

Kedua 
Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.  (1Korintuals 13:2). 

Ketiga 
Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku
(1Korintus 13:3). 

Apa itu kasih? 
silahkan baca 1 Korintus 13:4-13 

Jelaslah kasih sangat mutlak diperlukan manusia dan merupakan landasan yang merekatkan hubungan manusia dengan sesama dan juga kepada Tuhan Allah. 

Kita paham betul bagaimana seharusnya saling mengasihi sesama manusia dan penghalang kasih adalah dosa manusia sehingga menghalangi hubungan manusia dengan Tuhan dan kepada sesama. 

Yesaya 59:2 
tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu. 

Kali ini kita coba mendalami tentang kasih kepada Tuhan, yang seringkali kita bertanya-tanya, bagaimana caranya kita mengasihi Tuhan dan apakah betul kita sungguh mengasihi Tuhan? 
Coba deh kita merenungkan sejenak dan tanyakan kepada diri kita sendiri. 

Sejujurnya kita lebih sering menuntut Tuhan agar mengasihi kita? 

Kita seringkali kecewa bila Tuhan tidak menolong atau tidak memberkati kita dan hampir setiap hari kita ber-relasi dengan Tuhan melalui doa permohonan. 

Pertanyaannya adalah bagaimana cara kita mengasihi Tuhan? 

Pernahkah kita peduli bahwa Tuhan juga bisa sedih, kesal, kecewa, marah melihat kelakuan dan perbuatan kita yang Tuhan tidak berkenan? 

Pernahkah kita memberi kado/hadiah untuk menyenangkan Tuhan? 
Pernahkah kita berusaha membuat Tuhan tersenyum, tertawa gembira? 

Padahal kita tahu bahwa Tuhan senang menerima kado/hadiah dari kita yaitu bila kita menuruti perkataanNya dengan taat dan setia serta melakukan perintah dan kehendakNya !!! 

Mazmur 147:11 
Tuhan senang kepada orang-orang yang takut akan Dia, kepada orang-orang yang berharap akan kasih setiaNya. 

takut = tunduk, taat, setia 

Yohanes 14:21 
Barangsiapa memegang perintahKu dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh BapaKu dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diriKu kepadanya. 

Teramat sangat jelas bahwa caranya kita mengasihi Tuhan adalah menuruti dan melakukan perintahNya. 

Perintah Tuhan paling utama adalah kasih, dan mengenai kasih sudah jelas tercantum di 1 Korintus pasal 13. 

Perintah Tuhan lainnya dapat diketahui jika kita membaca FirmanNya tertulis di sepanjang Alkitab. 

Oleh sebab itu, tanyalah senantiasa pada diri kita masing-masing; apakah betul kita sudah mengasihi Tuhan? 

Petrus sudah membuktikan dirinya amat mengasihi Yesus dengan melakukan perintah Yesus setelah peristiwa dimana Yesus bertanya sampai tiga kali, 

Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?" 
Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: "Apakah engkau mengasihi Aku?" Dan ia berkata kepadaNya: "Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau." 
Kata Yesus kepadanya: "Gembalakanlah domba-dombaKu.  (Yohanea 21:17). 

Bagaimana dengan kita jika Yesus juga bertanya kepada kita masing-masing : 
"Apakah engkau mengasihi Aku?" 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com