Jumat, 09 Juni 2017

PUJILAH DAN MULIAKANLAH TUHAN









Jumat, 9 Juni 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
TOBIT 11:5-17 

Tobia mengoleskan empedu ikan ke mata ayahnya, Tobit sehingga akhirnya matanya bisa melihat kembali dan Tobit mengucap syukur kepada Tuhan. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 146:2,7-10 

Pujilah Tuhan, hai jiwaku! aku hendak memuliakan Tuhan selama aku hidup dan bermazmur bagiNya selama aku ada sebab Tuhan menegakkan keadilan, memberkati dan mengasihi. 

 C. BACAAN INJIL 
MARKUS 12:35-37 

Yesus mengatakan bagaimana mungkin Mesias adalah anak Daud seperti yang dikatakan ahli Taurat sebab Daud sendiri mengakui Tuhan adalah Tuannya. 

RENUNGAN HARI INI 

Pujilah dan Muliakanlah Tuhan !!! 
Sudah sepantasnya kita memuji Tuhan dengan segenap hati dan muliakanlah Tuhan di dalam kehidupan kita. 

Kita semua tahu Kebaikan, Kemurahan, dan Kasih Tuhan karena merasakan dan mengalaminya di sepanjang hidup kita. 

Hendaknya kita memuji dan memuliakan Tuhan dalam segala situasi di dalam hidup yang sedang kita jalani. 

Mazmur 66:2 
mazmurkanlah kemuliaan namaNya, muliakanlah Dia dengan puji-pujian

Mengapa demikian? 

Sebab di dalam kesulitan dan kesusahan hidup yang kita alami maka disitu Tuhan hadir meneguhkan hati kita dan memberikan kekuatan agar mampu mengatasinya

Namun seringkali kita komplain kepada Tuhan atas kesusahan hidup yang kita tanggung terasa berat dan menuntut Tuhan melepaskan dari penderitaan ini. 

Kita cenderung tidak mau samasekali ada kesusahan dan penderitan di dalam hidup kita sebab maunya hidup senang selalu setiap hari bergelimang kepuasan keinginan kedagingan kita. 

Seringkali orang lupa bahwa kesenangan yang dialaminya itu semua berasal dari pemberian Tuhan sehingga mereka lupa mengucap syukur dan memuji kebaikan Tuhan di dalam hidupnya. 

Ada yang telah mengucap syukur dan memuji Tuhan tetapi lupa memuliakan Tuhan sebab tidak melakukan perbuatan kasih dengan berbagi kepada sesama atas berkat yang diterimanya dari Tuhan 

Amsal 3:9 
Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu 

Kita memuji Tuhan berarti menghargai dan menghormati Tuhan sedangkan kita memuliakan Tuhan berarti memberikan diri sepenuhnya melakukan perbuatan yang dikehendaki Tuhan. 

Contohnya adalah Tobit.  
Sebelum matanya buta, ia memuliakan Tuhan lewat perbuatan baiknya dan ia menjalani hidup dalam kebenaran Tuhan 

Tobit 1:3 
Aku, Tobit menempuh jalan kebenaran dan kesalehan seumur hidupku dan banyak melakukan kebajikan kepada para saudara dan segenap bangsaku yang bersama dengan daku telah berangkat ke pembuangan, ke negeri Asyur ke kota Niniwe

Kemudian setelah ia buta, memang ada perubahan perilakunya yang kurang baik namun akhirnya ia bertobat dan matanya disembuhkan sehingga ia memuji Tuhan 

Demikian juga hidup kita, 
ada begitu banyak dinamika hidup yang terjadi yang mempengaruhi perilaku dan iman tatkala gelombang masalah hidup datang menerjang. 

Hendaknya kita mempersiapkan diri akan hal itu sewaktu-waktu menerpa hidup kita sehingga tidak kehilangan pengharapan kita kepada Tuhan dan tidak menghilangkan sukacita hidup. 

Seringkali problem hidup membuat kita lupa memuji dan memuliakan Tuhan karena banyak energi dihabiskan untuk memgatasi problem hidup. 

Oleh sebab itu,  
mari senantiasa memuji dan muliakan Tuhan lewat sikap dan perbuatan kita sehari-hari dalam segala situasi hidup. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com