Kamis, 22 Juni 2017

BAPA TAHU KEBUTUHANMU












Kamis, 22 Juni 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
2 KORINTUS 11:1-11 

Paulus mengingatkan jemaat Korintus agar mereka tidak disesatkan oleh orang lain memberitakan Yesus yang lain atau memberikan roh yang lain dari yang telah mereka terima atau dari Injil yang lain. 

Paulus juga mengatakan bahwa dirinya tidak menyusahkan mereka sebab ia tidak menerima tunjangan hidup untuk memberitakan Injil kepada mereka. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 111:1-4,7-8 

Bersyukurlah dengan segenap hati pada Tuhan sebab perbuatanNya, keadilanNya dan kebajikanNya tetap untuk selamanya

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 6:7-15 

Hendaknya kamu berdoa tidak bertele-tele sebab Bapamu di Sorga mengetahui apa yang kamu perlukan sebelum kamu meminta kepadaNya. 
Yesus mengajarkan doa Bapa kami kepada para muridNya. 

RENUNGAN HARI INI 

Sungguh menyejukkan hati mengetahui kebenaran Firman Tuhan dari Injil hari ini; dikatakan bahwa Bapa di Sorga tahu kebutuhan kita, sebelum kita berdoa. 

Matius 6:8b 
Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan sebelum kamu minta kepadaNya. 

Secara kasat mata terlihat sebagian tidak yakin dengan berbagai alasan. 
Bagaimana dengan anda? 
Percayakah dan yakinkah? 

Ketidak-yakinan ini disebabkan doa-doa masih banyak belum dikabulkan padahal cukup lama berdoa pada Bapa di Sorga. 

Ada yang berkata begini : 
Jika Bapa di Sorga tahu keperluanku, kenapa hidupku menderita? doa-doaku dicuekin? mana kepedulian pada diriku? 

Sulit menghibur orang yang kehilangan keyakinan kepada Bapa Sorgawi atau kepada Tuhan Allah atau kepada Yesus sebab biasanya ia telah menutup hatinya yang telah kecewa dan terluka batinnya. 

Kita hanya bisa berdoa syafaat kepada Tuhan memohon pengampunan baginya dan memohon belas kasihan Tuhan; seperti yang dilakukan Abraham ketika Sodom dan Gomora akan dihancurkan. 
(baca Kejadian 18:23-33). 

Kita bisa berdoa buat orang lain dengan hati berbelas kasihan kepada orang lain dan berpuasa bagi orang lain supaya Tuhan mengampuni, menyembuhkan, dan memberkati orang tersebut. 

Seperti Ester berpuasa (Ester 4:16) dan meminta orang lain berpuasa untuknya saat Ester akan menyelamatkan bangsa Yahudi akan dihancurkan oleh Haman. 
(baca Ester pasal 3-7). 

Pertanyaannya adalah
mengapa doa syafaat Abraham diterima dan dikabulkan Tuhan saat itu juga? 
mengapa permohonan Ester kepada raja Ahasyweros dikabulkan saat itu juga? 

Jawabannya adalah
Tuhan berkenan mengabulkan doa Abraham dan berkenan dengan puasa Ester dimana keduanya berdoa dan berpuasa untuk menolong orang lain

Seringkali orang hanya fokus pada diri sendiri dan jarang sekali bahkan ada yang tidak peduli berdoa untuk orang lain sehingga doa-doanya belum Tuhan jawab supaya orang tersebut menyadari kesalahannya dan merubah sikapnya. 

Ini salahsatu penyebab mengapa doa permohonan belum dikabulkan Tuhan. 

JADI, 
Hendaknya kita yakin dan percaya pada Tuhan bahwa DIA tahu keperluan kita dan akan mengabulkan doa-doa kita sebab DIA sangat mengasihi kita

Bagian kita adalah memperbaiki sikap hidup kita dan jadilah saluran berkat bagi orang maka niscaya Tuhan memberkati kita dengan segera mengabulkan doa permohonan kita sebab Tuhan melihat kita menyalurkan sebagian berkatNya untuk orang lain. 

Dengan kata lain, hendaknya kita lebih dahulu mendoakan dan memberkati orang lain sebab dengan demikian Tuhan memberkati kita juga sebab Tuhan tahu keperluan kita. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com