Senin, 30 Januari 2017

MANUSIA VERSUS ROH JAHAT










Senin, 30 Januari 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
IBRANI 11:32-40 

Kesaksian iman tokoh Perjanjian Lama bangsa Israel menunjukkan kepercayaan kepada Tuhan Allah begitu gigihnya perjuangkan keadilan dan keselamatan bagi bangsanya; diantaranya adalah para nabi-nabi dan hakim-hakim. 

Ibrani 11:32-34 
Apakah lagi yang harus aku sebut? Sebab aku akan kekurangan waktu, apabila aku hendak menceriterakan tentang Gideon, Barak, Simson, Yefta, Daud dan Samuel dan para nabi, yang karena iman telah menaklukkan kerajaan-kerajaan, mengamalkan kebenaran, memperoleh apa yang dijanjikan, menutup mulut singa-singa, memadamkan api yang dahsyat. Mereka telah luput dari mata pedang, telah beroleh kekuatan dalam kelemahan, telah menjadi kuat dalam peperangan dan telah memukul mundur pasukan-pasukan tentara asing. 

Bangsa Israel menderita ditekan bangsa lain dan walaupun iman dari para nabi dan hakim-hakim begitu kuatnya namun mereka belum menerima sepenuhnya janji-janji Allah karena rencana Tuhan Allah yang lebih atas bangsa Israel. 

Ibrani 11:39-40 
Mereka semua tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, sekalipun iman mereka telah memberikan kepada mereka suatu kesaksian yang baik. 
Sebab Allah telah menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi kita; tanpa kita mereka tidak dapat sampai kepada kesempurnaan. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 31:20-24 

Pertama 
Berlindunglah di dalam naugan Allah 

Mazmur 31:20 
Alangkah limpahnya kebaikanMu yang telah Kausimpan bagi orang yang takut akan Engkau, yang telah Kaulakukan bagi orang yang berlindung padaMu, di hadapan manusia! 

Kedua 
Kesetiaan Tuhan Allah 

Mazmur 31:22 
Terpujilah Tuhan, sebab kasih setiaNya ditunjukkanNya kepadaku dengan ajaib pada waktu kesesakan! 

Ketiga 
Kasihilah Tuhan sebab Tuhan sangat mengasihi kita 

Mazmur 31:24 
Kasihilah Tuhan, hai semua orang yang dikasihiNya! Tuhan menjaga orang-orang yang setiawan, tetapi orang-orang yang berbuat congkak diganjarNya dengan tidak tanggung-tanggung. 

C. BACAAN INJIL 
MARKUS 5:1-20 

Pertama 
Orang yang terbelenggu kuasa roh jahat 

Markus 5:2,4-5 
Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan menemui Dia. karena sudah sering ia dibelenggu dan dirantai, tetapi rantainya diputuskannya dan belenggunya dimusnahkannya, sehingga tidak ada seorangpun yang cukup kuat untuk menjinakkannya. 
Siang malam ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak-teriak dan memukuli dirinya dengan batu. 

Kedua 
Orang kerasukan roh jahat menyembah di hadapan Yesus 

Markus 5:6 
Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkanNya lalu menyembahNya

Ketiga 
Yesus mengusir roh jahat dari orang itu yang bernama Legion 

Markus 5:13 
Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya. 

Keempat 
Setelah dibebaskan dari roh jahat lalu ia bersaksi tentang perbuatan Yesus 

Markus 5:19-20 
Yesus tidak memperkenankannya, tetapi Ia berkata kepada orang itu: "Pulanglah ke rumahmu, kepada orang-orang sekampungmu, dan beritahukanlah kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atasmu dan bagaimana Ia telah mengasihani engkau!" Orang itupun pergilah dan mulai memberitakan di daerah Dekapolis segala apa yang telah diperbuat Yesus atas dirinya dan mereka semua menjadi heran. 

RENUNGAN HARI INI 

Ada yang mengatakan roh-roh jahat saja takut kepada Tuhan sedangkan manusia tidak takut kepada Tuhan karena berbuat dosa seenaknya saja meskipun tahu sih akibat dosa adalah maut. 

Roma 6:23 
Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. 

Mengapa demikian? 

Manusia tahu bahwa Tuhan penuh belas kasihan dan mau mengampuni dosa berulangkali dilakukan sehingga masih ada waktu untuk bertobat. 

Roh jahat, setan, Iblis tidak seperti manusia dimana mereka dihukum ke dalam api kekekalan alias neraka. 

Manusia terus menerus dicobai Iblis dan antek-anteknya supaya manusia alami juga masuk ke dalam api kekekalan bersama-sama dengan mereka. 

Apa yang terjadi pada seseorang di Gerasa (=Legion) yang kemasukan roh jahat adalah salah satu contoh dimana Iblis dengan anteknya roh jahat merasuki orang yang sengaja datang ke pekuburan dan memang tidak disebutkan tujuannya ke pekuburan. 

Heran ya, ada-ada saja orang mencari Iblis demi menginginkan sesuatu karena ia tahu minta ke Iblis biasanya tokcer diberikan dan tentu ada tumbalnya tetapi orang tersebut tidak peduli dan pikirnya bagaimana nanti saja dan yang penting mendapatkan apa yang diinginkannya. 

Mari setiap kita mengintropeksi diri dan tanyakan pada hati nurani kita; apakah betul mencari Iblis demi ambisi pribadi dan melupakan Tuhan? 

Pasti segera menjawab : gak mungkin saya berbuat seperti itu? 
Coba diperiksa kembali dan jujurlah di hadapan Tuhan? 

Mungkin bentuknya tidak sama dengan Legion yang kerasukan roh jahat. 
Dapat berbentuk keinginan daging yang dipenuhi nafsu mengejar kesenanangan duniawi, mengejar harta kekayaan dunia, membangun dinasti keluarga, memakai prinsip dunia dan mengabaikan prinsip kebenaran Tuhan. 

Jika begitu, artinya mengundang Iblis dan antek-anteknya menunggangi ambisa duniawi dan cilakanya Iblis betah dan senang membentuk koloni di dalam diri orang yang dipenuhi gairah duniawi. 

Hanya Kuasa Tuhan yakni Kuasa Roh Kudus yang mampu membebaskan orang dari cengkeraman Iblis cs. 

Waspadalah bermain api dengan Iblis sebab dialah raja api kekekalan. 
Tidak percaya, silahkan mencoba dan tanggung resiko akibatnya sendiri. 

Lukas 4:5-7 
Kemudian Iblis membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepadaNya semua kerajaan dunia. 
Kata Iblis kepadaNya: "Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepadaMu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki. 
Jadi jikalau Engkau menyembah aku, seluruhnya itu akan menjadi milikMu." 

Mau kaya dengan harta dunia adalah mudah diraih asalkan menyembah Iblis tetapi akibatnya nanti masuk ke api kekekalan di neraka. 

Wahyu 20:10 
dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya. 

Semoga anda pembaca renungan harian ini tidak memilih tunduk kepada Iblis. 

Oleh sebab itu mari kita hendaknya hanya tunduk kepada Tuhan Allah dan lawanlah Iblis dan matikanlah segala keinginan hawa nafsu kedagingan kita dan lakukanlah kehendak Tuhan supaya kita beroleh hidup kekal di Sorga. 

Lukas 4:7-8 
Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. 
Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! Dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati! 

Matius 7:21 
Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan! Akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu yang di sorga. 

Pilihan di tangan anda dan semoga tidak salah pilih supaya tidak ada penyesalan aeperti kisah orang kaya dan Lazarus. 
(Lukas 16:19-31). 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com