Senin, 16 Januari 2017

PENGHARAPAN DI TAHUN BARU













Shalom, 

Tahun 2017 sudah 16 hari kita jalani dan apakah secuil perubahan mulai terlihat dari setumpuk harapan yang digemakan saat menjelang count down atau detik detik terakhir pergantian tahun 2016 menuju tahun 2017. 

Salah satu harapan dikumandangkan adalah keadaan dunia yang lebih baik dari tahun 2016 sebelumnya. 

Berharap keadaan ekonomi-keuangan lebih baik, kebutuhan pangan tercukupi, situasi politik-keamanan stabil, dan paling banyak diharapkan adalah rejeki atau berkat materi untuk kepentingan pribadi melimpah-ruah, dan sebagainya. 

Pertanyaannya adalah : 
Apakah betul keadaan dunia menjadi lebih baik di tahun 2017? 

Bukankah setiap pergantian tahun, banyak harapan terjadi perubahan dunia menjadi lebih baik namun kenyataannya semakin merosot keadaan dunia. 

Benarkah demikian? 
Salah satu Firman Tuhan terlihat makin digenapi: 2 Timotius pasal 3. 

Ayat 1 
Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. 

Inilah tanda-tanda dunia akan berakhir dimana semakin hari keadaan dunia semakin mengalami masa sukar. 

Darisini saja sudah menggambarkan bahwa keadaan dunia tidak akan makin damai, tenteram, keadaan tidak akan lebih baik padahal sebagian besar orang berharap keadaan dunia semakin lancar. 

Apakah kita menjadi pesimis menjalani hidup di dunia ini? 
Bukan begitu maksudnya. 

Yang hendak disampaikan adalah situasi dan kondisi dunia mendekati akhir jaman menjelang kedatangan Yesus keduakali adalah tanda-tanda yang dikatakan Firman Tuhan supaya kita umat kristiani mawas diri dan berjaga-jaga menjalani kehidupan ini. 

Ayat 2-9 
contoh konkrit keadaan dunia menjelang akhir jaman dan lihatlah semakin hari semakin jelas tergenapi. (silahkan baca dan direnungkan ayat Frman Tuhan ini. 

Tuhan Allah sangat sabar menantikan kita manusia berubah kelakuannya sebab IA menginginkan agar kita semua tidak binasa maka Tuhan memberikan tanda-tanda keadaan akhir jaman supaya kita manusia sadar dan berjaga-jaga mempersiapkan diri agar kemudian hari pada saat kedatangan Yesus keduakali, keadaan kita telah siap memasuki rumah abadi di Surga. 

Keadaan akhir jaman itu semakin dekat meskipun tidak ada seorangpun tahu kapan persisnya saatnya tiba. 

2 Petrus 3:8-9 
Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari. Tuhan tidak lalai menepati janjiNya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.  ( 2Petrus 3:8-9 )

JADI 

Apa yang kita harapkan di tahun 2017 atau setiap pergantian tahun baru? 

Kita berharap semakin hari sikap dan perbuatan kita semakin berkenan bagi Tuhan Allah kita. 

2 Korintus 4:16 
Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari. 

2 Petrus 3:14 
Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapanNya, dalam perdamaian dengan Dia

Sudah saatnya keinginan tubuh jasmani yang didominasi oleh keinginan daging semakin hari semakin dimatikan dan keinginan roh kita semakin hari semakin hidup, oleh karena kita memilih hidup kekal di Sorga, bukan hidup di dunia ini. 

Oleh sebab itu pengharapan kita setiap pergantian tahun seharusnya berfokus pada hal-hal rohani sebab hanya roh kita yang hidup di dalam kekekalan dan tubuh jasmani kita mati terbenam di dalam dunia ini

Pemenuhan kebutuhan tubuh jasmani kita hanya digunakan untuk menunjang rohani kita agar senantiasa hidup. 

1 Timotius 6:6-8 
Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar. Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar. Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah

Apalagi jika anda sudah diberkati Tuhan mengelola kekayaan dunia maka sudah waktunya fokus pada rohanimu sebab pada saat kita meninggalkan dunia ini semuanya tidak bisa dibawa dan harus ditinggalkan dan kita hanya membawa roh kita menghadap Tuhan Allah. 

Tentukan pilihan anda ! 
Mumpung tahun 2017 baru 2 mingguan berlalu dan mumpung masih diberi waktu oleh Tuhan untuk mempersiapkan diri sebelum dipanggil pulang. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com