Rabu, 09 Desember 2020

DATANGLAH KEPADA YESUS






RABU, 9 DESEMBER 2020
 
YESAYA 40:25-31 
 
Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. tetapi orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. 
 
MAZMUR 103:1-4,8-10 
 
Tuhan adalah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia. Tidak dilakukanNya kepada kita setimpal dengan dosa kita, dan tidak dibalasNya pada kita setimpal dengan kesalahan kita 
 
MATIUS 11:28-30 
 
Yesus mengatakan datanglah kepadaNya maka akan ada kelegaan dan belajarlah padaNya supaya jiwamu tenang. 
 
RENUNGAN 
 
Kehidupan di dunia ini makin hari makin menyesakkan karena ada begitu banyak masalah hidup bertubi-tubi menerjang keseharian hidup kita. 
 
Banyak orang 'kalah dan menyerah' tidak dapat mengatasi berbagai masalah yang menggerogoti iman kepercayaan kepada Yesus karena tidak ada perubahan hidup meski seringkali menangis memohon pertolongan Tuhan. 
 
Ada banyak orang mempertanyakan janji Tuhan Yesus seperti bacaan Injil hari ini yang mengatakan memberikan kelegaan pada setiap orang yang datang padaNya? 
 
Matius 11:28 
Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 
 
Ayat Firman ini tidak mengatakan akan memberikan pertolongan dalam arti akan melepaskan/membebaskan masalah tetapi dikatakan akan memberi kelegaan. 
 
Apa maksudnya? 
 
Kelegaan mempengaruhi sikap hati kita dapat tenang dan berpikir jernih supaya dapat menemukan solusinya. 
 
Orang yang gelisah, bingung, sedih, akan mudah sekali putus-asa seakan-akan tak ada jalan keluar dari masalahnya padahal seharusnya kita tenang menghadapi masalah seberat apapun. 
 
Masih ingat, apa yang Yesus ucapkan saat menenangkan angin taufan. 
 
Markus 4:38-39 
Pada waktu itu Yesus sedang tidur di buritan di sebuah tilam. Maka murid-muridNya membangunkan Dia dan berkata kepadaNya: "Guru, Engkau tidak perduli kalau kita binasa?"  
Yesuspun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: "Diam! Tenanglah!" Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali. 
 
angin taufan melambangkan masalah berat yang menerjang hidup seseorang. 
 
Cara menghadapinya adalah diam artinya kita berdiam diri atau saat teduh bersama dengan Tuhan; kita mendapat kekuatan dari Tuhan untuk menghardik masalah dengan kuasa dari Tuhan. 
 
Ini kunci rahasia untuk meraih janji Yesus yang seringkali banyak orang tidak tahu karena tidak bergaul karib dengan Firman Tuhan sehingga tidak heran bila solusi yang diperolehnya adalah solusi dunia, bukan solusi dari Tuhan. 
 
Hal kedua yang Yesus katakan adalah: 
 
Matius 11:29-30 
Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah padaKu, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan bebanKupun ringan. 
 
Artinya masalah hidup pasti ada. 
Dibalik masalah tersebut ada sesuatu hal yang bisa kita pelajari yakni bagaimana kita melihat cara Tuhan memberikan kita kekuatan untuk mengalahkan masalah. 
 
Yesaya 40:31 
Orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. 
 
Coba deh kita kilas balik masalalu saat kita berhasil menang atas suatu masalah dan bila kita melihatnya di saat sekarang maka terlihat bahwa masalah tersebut ternyata tidaklah seberat seperti saat kita menghadapi masalah itu. 
 
Kita akan berhasil menang atas masalah jika belajar menerima masalah dengan tenang dan bersandar kepada Tuhan. 
 
Inilah yang dimaksud Yesus dengan mengakatakan: "Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah padaKu" 
 
Kita bisa tenang dan mendapat kekuatan dari Tuhan bila iman kita bertumbuh dan relasi kita dengan Tuhan itu intim lewat saat teduh bersamaNya dan kita tekun merenungkan FirmanNya. 
 
Dengan demikian janji-janji Tuhan akan digenapi di dalam kehidupan kita karena Tuhan tak pernah ingkar janji. 
 
Bilangan 23:19 
Allah bukanlah manusia, sehingga Ia berdusta bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal. Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara dan tidak menepatinya? 
 
Oleh sebab itu datanglah kepada Yesus dan jangan mencari solusi dari dunia sebab Yesus itu jawaban hidup kita. 
 
Resapi dan rasakan betapa indahnya bila kita dekat dengan Tuhan. 
 
Seperti syair lagu berikut ini: 
YESUS JAWABAN HIDUPKU 
 
Kala kucari damai 
Hanya kudapat dalam Yesus 
Kala kucari ketenangan 
 
Hanya kutemui di dalam Yesus 
Tak satupun dapat menghiburku 
Tak seorang pun dapat menolongku 
Hanya Yesus jawaban hidupku 
 
Bersama Dia hatiku damai 
Walau dalam lembah kekelaman 
Bersama Dia hatiku tenang 
Walau hidup penuh tantangan 
 
Tak satu pun dapat menghiburku 
Tak seorang pun dapat menolongku 
Hanya Yesus jawaban hidupku
 
 
Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 
https://renunganhariankatolik.video.blog 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com