Senin, 07 Desember 2020

YESUS MENYEMBUHKAN ORANG LUMPUH






SENIN, 7 DESEMBER 2020
 
YESAYA 35:1-10 
 
Katakanlah kepada orang-orang yang tawar hati: "Kuatkanlah hati, janganlah takut! Lihatlah, Allahmu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu!" 
 
MAZMUR 85:9-14 
 
Aku mau mendengar apa yang hendak difirmankan Allah, Tuhan. Bukankah Ia hendak berbicara tentang damai kepada umatNya dan kepada orang-orang yang dikasihiNya, supaya jangan mereka kembali kepada kebodohan? 
 
Sesungguhnya keselamatan dari padaNya dekat pada orang-orang yang takut akan Dia, sehingga kemuliaan diam di negeri kita. 
 
LUKAS 5:17-26 
 
Yesus mengatakan pada beberapa orang yang menggotong seorang lumpuh bahwa dosamu diampuni dan setelah itu orang lumpuh tersebut disembuhkan Yesus. 
 
RENUNGAN 
 
Ada yang menarik pada bacaan Injil hari ini yakni saat Yesus mengatakan bahwa dosamu diampuni pada beberapa orang yang menggotong seorang lumpuh. 
 
Lujad 5:18,20 
Datanglah beberapa orang mengusung seorang lumpuh di atas tempat tidur; mereka berusaha membawa dia masuk dan meletakkannya di hadapan Yesus
Karena mereka tidak dapat membawanya masuk berhubung dengan banyaknya orang di situ, naiklah mereka ke atap rumah, lalu membongkar atap itu, dan menurunkan orang itu dengan tempat tidurnya ke tengah-tengah orang banyak tepat di depan Yesus. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Yesus: "Hai saudara, dosamu sudah diampuni." 
 
Beberapa orang itu berusaha membawa seorang lumpuh ke hadapan Yesus lewat atap rumah menunjukkan betapa besar keyakinan mereka bahwa Yesus pasti dapat menyembuhkan si lumpuh. 
 
Inilah iman penuh harapan dimana Yesus tertarik melihat kegigihan mereka. 
 
Iman penuh harapan adalah iman yang aktif yang dapat menarik Hadirat Tuhan menaungi kita sehingga apa yang kita harapkan dikabulkan Tuhan. 
 
Iman penuh harapan dapat kita miliki bila kita hidup di dalam kebenaran Tuhan. 
 
Yohanes 15:7 
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firmanKu tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. 
 
Semakin dipertegas lagi ketika seorang lumpuh tersebut disuruh Yesus untuk bangun dan angkat tenpat tidurnya, lalu Yesus menyuruhnya pulang. 
 
Lukas 5:24b 
Berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu "Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!" 
 
Demikian pula kita harus berupaya untuk sembuh atau keluar dari permasalahan hidup kita selain berdoa. 
 
Kita tumbuhkan iman kita 
Kita benahi sikap dan perilaku kita 
Kita tingkatkan relasi intim dengan Tuhan 
 
Seperti halnya orang lumpuh dimana kita pulang ke rumah membawa sukacita dan damai sejahtera Tuhan karena kita telah hidup di dalam kebenaran Tuhan. 
 
 
Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 
https://renunganhariankatolik.video.blog 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com