Kamis, 17 Desember 2020

SILSILAH YESUS KRISTUS






KAMIS, 17 DESEMBER 2020
 
KEJADIAN 49:2,8-10  
 
Berhimpunlah kamu dan dengarlah, ya anak-anak Yakub, dengarlah kepada Israel, ayahmu. 
 
Yehuda adalah seperti anak singa: setelah menerkam, engkau naik ke suatu tempat yang tinggi, hai anakku; ia meniarap dan berbaring seperti singa jantan atau seperti singa betina; siapakah yang berani membangunkannya? 
 
Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa. 
 
MAZMUR 72:1-4,7-8,17 
 
Ya Allah, berikanlah hukumMu kepada raja dan keadilanMu kepada putera raja! Kiranya ia mengadili umatMu dengan keadilan dan orang-orangMu yang tertindas dengan hukum! 
 
MATIUS 1:1-17 
 
Inilah Silsilah Yesus Kristus mulai dari Abraham hingga Yusuf suami Maria. 
 
Ada 14 keturunan abraham sampai Daud, 
14 keturunan Daud sampai pembuangan ke Babel, dan 14 keturunan dari Babel sampai Kristus Yesus. 
 
RENUNGAN 
 
Kalender liturgi Katolik mulai hari ini ada tiga hari ditetapkan sebagai hari biasa khusus Adven sebelum masuki minggu Adven ke-4. 
 
Bacaan Injil seputar silsilah Yesus dan bacaan pertama kitab Kejadian bicara tentang perkataan Yakub penghabisan kepada anak-anakNya, khususnya Yehuda yang kelak kemudian hari keturunannya adalah raja Daud. 
 
Mazmur berbicara mengenai harapan raja Salomo kepada Allah untuk dirinya agar diberikan hukum untuk mengadili umat. 
 
Hal apa yang kita renungkan dari ketiga bacaan ini? 
 
Tuhan Allah berjanji menyelamatkan kita manusia setelah Adam dan Hawa berbuat dosa (Kejadian 3:16-19), mengakibatkan keturunannya melekat dosa asal. 
 
Kejadian 2:16-17 
Tuhan Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati." 
 
Roma 3:23 
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah. 
 
Janji Allah digenapi di dalam diri Yesus yang menebus manusia dari akibat dosa. 
 
Roma 3:24-25a 
Dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus. 
Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darahNya
 
Roma 6:23 
Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita. 
 
Dari bacaan Injil Matius hari ini kita bisa lihat bagaimana butuh proses waktu yang lama menurut ukuran waktu dunia. 
 
Matius 1:1,17 
Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus. 
 
Namun bukan berarti Tuhan Allah lalai akan janjiNya menyelamatkan manusia sebab IA tidak pernah ingkar janji. 
 
Bilangan 23:19 
Allah bukanlah manusia, sehingga Ia berdusta bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal. Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara dan tidak menepatinya? 
 
Kita harus memahami waktu Tuhan beda dengan waktunya kita manusia menurut ukuran waktu dunia. 
 
2 Petrus 3:8 
Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari. 
 
Jelaslah bahwa Tuhan Allah menepati janjiNya melalui Yesus dan bisa kita lihat rencana Allah buat kita manusia adalah rencana yang indah karena Tuhan Allah sangat mengasihi kita manusia. 
 
Yeremia 29:11 
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada padaKu mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. 
 
Di masa Adven ini, hendaknya kita tetap mengimani bahwa Tuhan mengasihi kita. 
 
Bila keadaan hidupmu saat ini sedang bergumul dalam masalah keuangan, atau masalah kesehatan dan masalah lainnya maka berharaplah dan nantikanlah Tuhan akan segera menolong kesesakan hidup yang sedang melanda dirimu. 
 
Kita mesti ingat terus dan jangan lupakan bahwa kelahiran Yesus di dunia ini adalah jawaban dari Tuhan Allah mengasihi kita untuk menyelamatkan kita. 
 
Hendaknya kita jangan lagi berbuat dosa tetapi hiduplah di dalam jalan yang Yesus tunjukkan agar kita sampai dirumah Bapa di Surga. 
 
Yohanes 14:6 
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 
 
Hendaknya kita jangan tergiur jalan lain yang menjauhkan kita dari rumah Bapa. 
 
Yohanes 14:1-2 
Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu. Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. 
 
 
Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 
https://renunganhariankatolik.video.blog 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com