Sabtu, 05 Desember 2020

TUAIAN BANYAK TETAPI PEKERJA SEDIKIT






SABTU, 5 DESEMBER 2020
 
YESAYA 30:19-21,23-26  
 
Tuhan akan memberi hujan bagi benih yang baru kamu taburkan di ladangmu, dan dari hasil tanah itu kamu akan makan roti yang lezat dan berlimpah-limpah. 
 
MAZMUR 147:1-6 
 
Tuhan membangun Yerusalem, Ia mengumpulkan orang-orang Israel yang tercerai-berai; Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka; Tuhan menegakkan kembali orang-orang yang tertindas, tetapi merendahkan orang-orang fasik sampai ke bumi. 
 
MATIUS 9:35-10:1,6,8  
 
Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Maka kataNya kepada murid-muridNya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. 
 
RENUNGAN 
 
Injil Lukas hari ini Yesus memanggil para Rasul untuk memberitakan Injil Kerajaan Sorga dan menyembuhkan penyakit, mengusir setan, dengan Kuasa dariNya. 
 
Matius 10:1 
Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. 
 
Berulang-kali seruan ini juga ditujukan kepada kita agar segera menjawab panggilanNya....Kita tak perlu ragu-ragu sebab Tuhan akan melengkapi ketidak-sempurnaan diri kita dengan kuasaNya. 
 
Bagian kita adalah mau memberi diri untuk dipakai Tuhan dan menjaga hati dan pikiran kita agar selalu fokus hanya kepadaNya. 
 
Matius 10:7-8a 
Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. 
 
Mari, berpalinglah sejenak dari segala kesibukanmu,dari pekerjaan bisnismu lihatlah begitu banyak orang lain yang membutuhkan pertolongan kita. 
 
Kita sudah diberkati Tuhan dengan berlimpah-ruah maka selayaknya kita juga mau peduli kepada sesama kita. 
 
Matius 10:8b 
..kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma. 
 
Bacaan Injil hari ini mau mengetuk hati kita agar mau memberi diri bagi banyak orang; tidak hanya terbatas pada keluarga sendiri namun melayani kepada sesama. 
 
Yesus sudah memberi contoh teladan dan sekarang giliran kita mengikuti cara Yesus lakukan penginjilan dan pelayanan ke banyak orang. 
 
Matius 9:35 
Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. 
 
Jika saat ini Yesus bertanya :
"apakah engkau mau melayani?" 
 
Wahyu 3:20 
Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku. 
 
Jika kita mau membuka pintu hati kita maka Tuhan berjanji :
+ mau makan bersama kita artinya ada 
   hidangan Berkat Tuhan
+ mau tinggal bersama kita artinya ada 
   penyertaan Tuhan 
 
Selanjutnya terserah anda, apakah mau menjawab panggilanNya atau menolak dengan berbagai alasan seperti yang pernah dilakukan Musa maupun oleh nabi Yeremia ketika Allah memanggil mereka untuk diutus. 
 
Keluaran 4:10,13 
Lalu kata Musa kepada Tuhan:
"Ah, Tuhan, aku ini tidak pandai bicara, dahulupun tidak dan sejak Engkau berfirman kepada hamba-Mupun tidak, sebab aku berat mulut dan berat lidah.
Ah, Tuhan, utuslah kiranya siapa saja yang patut Kauutus." 
 
Yeremia 1:6-7 
Maka aku menjawab: "Ah, Tuhan Allah! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda." Tetapi Tuhan berfirman kepadaku: "Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapapun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apapun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan." 
 
Sebaiknya kita segera menjawab: 
"ya Tuhan, aku mau diutus dan melayani !"
seperti yang dilakukan nabi Yesaya. 
 
Yesaya 6:8 
aku mendengar suara Tuhan berkata: "Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?"
maka sahutku: "Ini aku, utuslah aku!" 
 
JADI
so what? tunggu apa lagi...  
 
 
Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 
https://renunganhariankatolik.video.blog 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com