Rabu, 16 Desember 2020

PERCAYALAH KEPADA TUHAN






RABU, 16 DESEMBER 2020
 
YESAYA 45:6-8,18,21-25 
 
Sebab beginilah firman Tuhan, yang menciptakan langit, Dialah Allah yang membentuk bumi dan menjadikannya dan yang menegakkannya, dan Ia menciptakannya bukan supaya kosong, tetapi Ia membentuknya untuk didiami 
 
Akulah Tuhan dan tidak ada yang lain. Berpalinglah kepadaKu dan biarkanlah dirimu diselamatkan, hai ujung-ujung bumi! Sebab Akulah Allah dan tidak ada yang lain
 
MAZMUR 85:9-14 
 
Sesungguhnya keselamatan dari padaNya dekat pada orang-orang yang takut akan Dia, sehingga kemuliaan diam di negeri kita. Tuhan akan memberikan kebaikan, dan negeri kita akan memberi hasilnya. 
 
LUKAS 7:19-23 
 
Yesus berkata pada dua murid Yohanes; katakanlah apa yang kamu lihat dan kamu dengar kepada Yohanes Pembaptis. 
 
RENUNGAN 
 
Banyak orang tidak percaya meski sudah menyaksikan perbuatan Tuhan yang ajaib karena meragukan apakah betul semua yang dilihatnya berasal dari Tuhan. 
 
Seperti ahli Taurat, imam kepala, tua-tua Yahudi, umumnya dari golongan Farisi tidak percaya kepada Yesus yang sangat jelas menunjukkan kuasa Tuhan saat melakukan perbuatan mukjizat dan saat mengajar dan memberitakan Injil. 
 
Mereka malah menuduh Yesus gunakan kuasa penghulu setan (=beelzebul). 
 
Matius 12:24 
Tetapi ketika orang Farisi mendengarnya, mereka berkata: "Dengan Beelzebul, penghulu setan, Yesus mengusir setan." 
 
Ironinya, bukan hanya orang non kristiani saja yang tidak percaya tetapi sampai detik ini, sebagian umat kristiani masih meragukan perbuatan mukjizat yang mereka lihat bahkan menuduh orang melakukannya dengan kuasa setan. 
 
Masyarakat Yahudi juga meragukan dari mana hikmat dan kuasa yang Yesus miliki bahkan di tempat asalnya di Nazareth, masyarakat disitu meragukan Yesus dan menolak Yesus. 
 
Matius 13:54 
Setibanya di tempat asalNya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: "Dari mana diperolehNya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu? " 
 
Ironinya sampai detik ini, 
dalam hal pengajaran dan pemberitaan Injil juga disalahartikan oleh sebagian umat kristiani dengan tidak mau belajar menekuni Firman Tuhan bahkan tidak mau hidup di dalam kebenaran Tuhan. 
 
Demikian pula saat menghadapi tekanan dan kesulitan hidup, banyak umat kristiani tidak mencari solusi dari Tuhan karena lebih percaya pada solusi dari dunia dan setelah tidak berhasil maka baru mencari solusi dari Tuhan. 
 
Apalagi jika tidak mendapatkan sesuatu yang diinginkan maka mudah melupakan Tuhan karena kecewa. 
 
Itu sebabnya Yesus katakan: 
Lukas 7:23 
Berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku. 
 
JADI 
 
Percayalah kepada Tuhan bukan hanya di mulut saja tetapi dengan segenap hati, dengan segenap pikiran dan akalbudi. 
 
Yesaya 45:23-24a 
Demi Aku sendiri Aku telah bersumpah, dari mulutKu telah keluar kebenaran, suatu firman yang tidak dapat ditarik kembali: dan semua orang akan bertekuk lutut di hadapanKu, dan akan bersumpah setia dalam segala bahasa, sambil berkata: Keadilan dan kekuatan hanya ada di dalam Tuhan. 
 
Percaya kepada Tuhan haruslah disertai dengan mempercayai Tuhan memimpin seluruh hidup kita dengan hidup didalam kebenaranNya. 
 
Tetapi kenyatannya, seringkali kita yang memegang kendali hidup kita dan Tuhan hanya pembantu kita yang bertugas memberikan pertolongan di saat kita sedang mengalami kesulitan dan Tuhan sebagai penyandang dana buat segala keperluan dan keinginan kita. 
 
Semoga permenungan hari ini membuat kita sadar diri dan segera memperbaiki sikap hidup kita agar mau berserah diri dan menyerahkan seluruh diri kita hanya kepada Tuhan; membiarkan Tuhan yang memimpin dan mengendalikan seluruh kehidupan kita. 
 
 
Salam Kasih, 
Surya Darma 
renunganpdkk.blogspot.co.id 
https://renunganhariankatolik.video.blog 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com