Selasa, 14 Februari 2017

APAKAH ITU RAGI ORANG FARISI







Selasa, 14 Februari 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KEJADIAN 6:5-8,7:1-5 

Kecenderungan manusia berbuat jahat makin jahat sehingga Tuhan berencana melenyapkan manusia, bahkan binatang juga dan menyisakan keluarga Nuh. 

Kejadian 6:7-8 
Berfirmanlah Tuhan: "Aku akan menghapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka." Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata Tuhan

Nuh diperintahkan membuat bahtera yang dapat menampung keluarganya dan segala binatang tidak haram sebanyak 7 pasang (ayat 2-3) sebab seluruh bumi akan dilanda air bah selama 40 hari. 

Kejadian 7:1,4 
Lalu berfirmanlah Tuhan kepada Nuh: "Masuklah ke dalam bahtera itu, engkau dan seisi rumahmu, sebab engkaulah yang Kulihat benar di hadapanKu di antara orang zaman ini. Sebab tujuh hari lagi Aku akan menurunkan hujan ke atas bumi empat puluh hari empat puluh malam lamanya, dan Aku akan menghapuskan dari muka bumi segala yang ada, yang Kujadikan itu.

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 29:1-4,9-10 

Mazmur ini memuji kebesaran Tuhan dan betapa dashyat kuasa Tuhan termasuk mengadakan air bah di bumi. 

Mazmur 29:2-4,10 
Berilah kepada Tuhan kemuliaan namaNya, sujudlah kepada Tuhan dengan berhiaskan kekudusan! 
Suara Tuhan di atas air, Allah yang mulia mengguntur, Tuhan di atas air yang besar. Suara Tuhan penuh kekuatan, suara Tuhan penuh semarak. 
Tuhan bersemayam di atas air bah, Tuhan bersemayam sebagai Raja untuk selama-lamanya. 

C. BACAAN INJIL 
MARKUS 8:14-21 

Murid2 Yesus belum mengerti tentang siapa Yesus padahal telah menyaksikan mukjizat luar biasa memberi makan 4000 orang dan 5000 orang bahkan tersisa 7 bakul dan 12 bakul banyaknya. 

Markus 8:19-20 
pada waktu Aku memecah-mecahkan lima roti untuk lima ribu orang itu, berapa bakul penuh potongan-potongan roti kamu kumpulkan?" Jawab mereka: "Dua belas bakul." "Dan pada waktu tujuh roti untuk empat ribu orang itu, berapa bakul penuh potongan-potongan roti kamu kumpulkan?" Jawab mereka: "Tujuh bakul." 

Yesus menasehati murid-muridNya agar waspada terhadap orang farisi ketika mereka meributkan tidak adanya roti. 

Markus 8:15 
Yesus memperingatkan mereka, kataNya: "Berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang Farisi dan ragi Herodes." 

Yesus juga menegor murid-muridNya yang tidak yakin kepadaNya meskipun mereka telah melihat dan mendengar. 

Markus 8:18,21 
Kamu mempunyai mata, tidakkah kamu melihat dan kamu mempunyai telinga, tidakkah kamu mendengar? Tidakkah kamu ingat lagi, Lalu kataNya kepada mereka: "Masihkah kamu belum mengerti?" 

RENUNGAN HARI INI 

Yesus memperingatkan murid-muridNya agar berjaga-jaga dan waspada terhadap ragi orang farisi dan ragi Herodes? 

Kita tahu ragi itu mempengaruhi seluruh adonan dan Yesus memakai ragi untuk menunjukan ajaran salah orang farisi. 

Herodes adalah seorang raja pada saat itu dan Herodes bermaksud membunuh Yesus, sama halnya dengan orang farisi. 

Ragi Herodes bukanlah ajaran Herodes tetapi sikapnya yang salah menanggapi kedatangan Yesus ke dunia ini dan juga perbuatannya salah hendak membunuh Yesus dan hal inilah Yesus menasehati murid-muridNya. 

Ragi orang Farisi, tentu kita tahu gimana sikap dan perbuatan orang-orang Farisi yang munafik; mulutnya mengajarkan tentang ketaatan kepada hukum Taurat tetapi mereka sendiri melanggarnya. 

Nasehat sekaligus peringatan Yesus kepada murid-muridNya berlaku juga kepada kita yang hidup di jaman ini bahwa kita harus waspada terhadap suatu ajaran yang bukan ajaran Yesus atau istilahnya ajaran sesat. 

Pertanyaannya adalah : bagaimana kita tahu suatu ajaran itu sesat ? 
Apa kriterianya disebut ajaran sesat? 

Bukankah di jaman para Rasul banyak terjadi penyesatan ajaran Kristus dan hal ini terus menerus ditentang para Rasul. 
( baca selengkapnya 2 Petrus pasal 2). 

Ada dua ciri utama dari ajaran sesat atau ajaran menyimpang dari ajaran Kristus: 

Ciri Pertama 
Menyangkal Yesus adalah Tuhan dan hanya mengakui Yesus adalah nabi 

2 Petrus 2:1 
Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka. 

Masih ada orang beriman kepada Yesus namun ragu-ragu apa iya Yesus adalah Tuhan padahal sangat jelas bahwa Yesus adalah sungguh manusia dan sungguh Tuhan. 

Silahkan dalami ayat firman berikut ini: 
1) Yesus adalah sungguh Tuhan Allah 

Yohanes 1:1-3,10-11 
Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan olehNya, tetapi dunia tidak mengenalNya. Ia datang kepada milik kepunyaanNya, tetapi orang-orang kepunyaanNya itu tidak menerimaNya

2) Yesus adalah sungguh manusia 

Lukas 1:30-31 
Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. 

Ciri Kedua 
Tujuan pengajaran untuk kepentingan pribadi dan menimbulkan perpecahan 

Roma 16:17-18 
aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, supaya kamu waspada terhadap mereka, yang bertentangan dengan pengajaran yang telah kamu terima, menimbulkan perpecahan dan godaan. Sebab itu hindarilah mereka! 
Sebab orang-orang demikian tidak melayani Kristus, Tuhan kita, tetapi melayani perut mereka sendiri. Dan dengan kata-kata mereka yang muluk-muluk dan bahasa mereka yang manis mereka menipu orang-orang yang tulus hatinya. 

wow... berhati-hatilah bila menjumpai orang yang memberitakan Injil Kristus dengan mengatakan yang muluk-muluk seperti misalnya : 

Mari saudara/i, percayalah kepada Yesus maka hidupmu berkelimpahan berkat dan pasti engaku srlamat masuk Sorga sebab Yesus telah menebus dosa kita. 

Orang percaya kepada Yesus dengan tujuan hidupnya kaya dan jaminan pasti masuk Sorga adalah orang yang salah mengikuti ajaran yang dimanipulasi untuk kepentingan diri sendiri. 

Ajaran Yesus tidaklah demikian jika mau mendalami firmanNya, yakni : 

Matius 16:24 
Yesus berkata kepada murid-muridNya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku." 

Matius 11:28 
Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 

Yohanes 15:7 
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firmanKu tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. 

Dan kedua ciri tersebut ada pada ajaran atau ragi orang farisi !!! 

Kita harus berjaga-jaga dan waspada agar tidak terpikat dan tergoda oleh ragi orang farisi yang sampai sekarang masih terjadi bahkan semakin canggih strategi menjerat umat kristiani yang imannya dangkal atau sikap hidupnya fokus kepada kesenangan duniawi. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com