Jumat, 17 Februari 2017

MENGIKUT YESUS SETIAP HARI









Jumat, 17 Februari 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KEJADIAN 11:1-9 

Pertama 
Saat itu di bumi, hanya ada satu bangsa dan satu bahasa

Kejadian 11:1 
Adapun seluruh bumi, satu bahasanya dan satu logatnya. 

Kedua 
Manusia mendirikan menara Babel 

Kejadian 11:4 
Juga kata mereka: "Marilah kita dirikan bagi kita sebuah kota dengan sebuah menara yang puncaknya sampai ke langit, dan marilah kita cari nama, supaya kita jangan terserak ke seluruh bumi." 

Ketiga 
Tuhan Allah menyerakkan manusia agar mereka tidak mendirikan menara Babel

Kejadian 11:7-8 
Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka, sehingga mereka tidak mengerti lagi bahasa masing-masing." Demikianlah mereka diserakkan Tuhan dari situ ke seluruh bumi, dan mereka berhenti mendirikan kota itu. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 33:10-15 

Tuhan Allah tahu rencana manusia hendak berpaling dariNya ditandai dengan membangun menara Babel sehingga Tuhan Allah menggagalkan kesombongan manusia. 

Mazmur 33:10-11 
Tuhan menggagalkan rencana bangsa-bangsa; Ia meniadakan rancangan suku-suku bangsa; tetapi rencana Tuhan tetap selama-lamanya, rancangan hatiNya turun temurun. 

Tuhan Allah memilih suku bangsa yang dipilihNya menjadi milikNya. 

Mazmur 33:12 
Berbahagialah bangsa, yang Allahnya ialah Tuhan, suku bangsa yang dipilihNya menjadi milikNya sendiri

C. BACAAN INJIL 
MARKUS 8:34-9:1 

Pertama 
Setiap orang yang mengikuti Yesus harus sangkal diri dan panggul salib. 

Markus 8:34 
Yesus memanggil orang banyak dan murid-muridNya dan berkata kepada mereka: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku." 

Kedua 
Konsekwensi mengikut Yesus 

Markus 8:35 
Karena siapa yang mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku dan karena Injil, ia akan menyelamatkannya

RENUNGAN HARI INI 

Setiap umat kristiani tentunya percaya kepada Yesus Kristus dan seharusnya tunduk kepada Yesus dengan menuruti dan melakukan kehendak Yesus. 

Injil hari ini memberitahukan kepada kita umat kristiani mengenai konsekwensi mengikuti Yesus adalah menyangkal diri dan memanggul salib. 

Sangkal diri adalah melepaskan ego diri; kepentingan sendiri demi melaksanakan kehendak dan perintah Yesus Kristus sekalipun mengalami penderitaan. 

contoh : Rasul Paulus menderita pada saat melakukan pelayanan untuk kepentingan jemaat. 

2 Korintus 11:26-28 
Dalam perjalananku aku sering diancam bahaya banjir dan bahaya penyamun, bahaya dari pihak orang-orang Yahudi dan dari pihak orang-orang bukan Yahudi; bahaya di kota, bahaya di padang gurun, bahaya di tengah laut, dan bahaya dari pihak saudara-saudara palsu. Aku banyak berjerih lelah dan bekerja berat; kerap kali aku tidak tidur; aku lapar dan dahaga; kerap kali aku berpuasa, kedinginan dan tanpa pakaian, dan, dengan tidak menyebut banyak hal lain lagi, urusanku sehari-hari, yaitu untuk memelihara semua jemaat-jemaat. 

Memanggul salib adalah menerima segala beban derita penganiayaan demi kesetiaan kepada Yesus Kristus. 

contoh : Stefanus mati dirajam karena memberitakan Injil. 

Kisah 7:58-59 
Mereka menyeret dia ke luar kota, lalu melemparinya. Dan saksi-saksi meletakkan jubah mereka di depan kaki seorang muda yang bernama Saulus. Sedang mereka melemparinya Stefanus berdoa, katanya: "Ya Tuhan Yesus, terimalah rohku.

Tidak cukup mengaku percaya kepada Yesus namun menolak sangkal diri dan panggul salib. 

Orang beriman kristiani seperti ini amat dangkal iman percayanya sebab tujuan percaya kepada Yesus, semata-mata mencari Berkat Yesus tetapi tidak mau mencari dan mengenal Yesus. 

Membaca Injil saja malas bahkan ada yang tidak buka sama sekali Alkitab dan terlihat jelas jika ia hadiri Pendalaman Alkitab di lingkungan (karena terpaksa) maka ia bingung membolak-balik cari dimana Injil Markus di Alkitab. 

Renungan harian ini sengaja lampirkan secara keseluruhan ayat firman Tuhan dengan tujuan membantu pembaca yang tidak tahu di halaman berapa di Alkitab supaya mereka tersentuh hatinya setelah membaca firman Tuhan. 

Kemudian diharapkan ada semangat untuk membuka Alkitan dan menemukan sendiri ayat firman di Alkitab. 

Kebiasan jelek sebagian umat katolik adalah tidak atau jarang membuka Alkitab sehingga tidak tahu dimana ia bisa menemukan ayat firman Tuhan. 

Ini fakta dan bukan hoax, bukan gosip. 
Realita ini menunjukkan maksud tujuan percaya kepada Yesus untuk mencari Berkat Yesus dicurahkan kepadanya tetapi hatinya tidak tertarik mengetahui kehendak Tuhan tertulis di Alkitab. 

Orang beriman model begini tidak mau menyangkal diri, apalagi panggul salib. 
Dirinya dipenuhi keinginan minta berkat Tuhan untuk kesenangan dirinya dan hanya memikirkan kepentingan sendiri. 

Semoga anda sadar bahwa mengikut Yesus harus dengan segenap hati dan segenap hidupmu.... tidak bisa hanya sebagian saja terutama memilih yang menguntungkan dirinya (baca berkat). 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com