Rabu, 22 Februari 2017

TELADAN GEMBALA








Rabu, 22 Februari 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
1 PETRUS 5:1-4 

Pertama 
Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri (1 Petrus 5:2) 

Kedua 
Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu (1 Petrus 5:3) 

Ketiga 
Apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu (1 Petrus 5:4) 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 23:1-6 

Pertama 
Mazmur Daud. Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena namaNya. 
(Mazmur 23:1-3)

Kedua 
Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gadaMu dan tongkatMu, itulah yang menghibur aku. Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku (Mazmur 23:4-5a) 

Ketiga 
Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.
Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah Tuhan sepanjang masa. (Mazmur 23:5b-6) 

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 16:13-19 

Pertama 
Petrus menjawab bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah yang hidup. 

Matius 16:13,16 
Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-muridNya: 
"Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?" Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" 

Kedua 
Bapa di Sorga memberitahukan kepada Petrus bahwa Yesus adalah Mesias. 

Matius 16:17 
Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan BapaKu yang di sorga. 

Ketiga 
Yesus menetapkan Petrus mendirikan jemaatNya (=Gereja) dan memberikan kunci Kerajaan Sorga 

Matius 16:18-19 
Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaatKu dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. 

RENUNGAN HARI INI 

Ada dua pengertian tentang gembala: 

Pertama 
Gembala adalah seseorang menjaga domba dan hewan ternak lainnya. 

Kedua 
Gembala adalah seseorang ditugaskan untuk melayani dan memimpin umat. 

Menurut kitabsuci, gembala adalah salah satu dari 5 fungsi jabatan dalam gereja; maksudnya adalah umat kristiani yang percaya kepada Yesus Kristus. 

Efesus 4:11-12 
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar. 
untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus

Gembala Maha Agung Maha Mulia adalah Yesus Kristus, yang menuntun dan membimbing manusia menjalani hidup sesuai kehendak Tuhan yakni melalui Jalan yang ditunjukan Yesus. 

Yohanes 14:6 
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 

Yohanes 14:12a 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu 

Matius 16:24 
Yesus berkata kepada murid-muridNya: Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. 

Dalam Mazmur pasal 23 sangat jelas mengenai fungsi gembala menuntun, membimbing, melindungi, memberkati. 

Dalam Injil Yohanes menjelaskan teladan gembala melindungi dombanya sampai rela kehilangan nyawanya. 

Yohanes 10:11,14 
Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya; Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-dombaKu dan domba-dombaKu mengenal Aku

J A D I 

Setiap kita menjadi gembala di tempat kita masing-masing; dimulai di keluarga, menjadi gembala bagi anak-anaknya hingga Pastor, Uskup, Kardinal, Paus merupakan hirarki dalam gereja Katolik menjalankan fungsi gembala. 

Adalah suatu ironi bila ada gembala yang menuntut domba untuk melayani dirinya padahal Tuhan menghendaki gembala melayani dan berkorban demi domba-dombanya. 

Yehezkiel 34:15-16 
Aku sendiri akan menggembalakan domba-dombaKu dan Aku akan membiarkan mereka berbaring, demikianlah firman Tuhan Allah. 
Yang hilang akan Kucari, yang tersesat akan Kubawa pulang, yang luka akan Kubalut, yang sakit akan Kukuatkan, serta yang gemuk dan yang kuat akan Kulindungi; Aku akan menggembalakan mereka sebagaimana seharusnya. 

Dalam keluarga, orangtua itu gembala bagi anak-anaknya artinya melayani dan berkorban demi anak-anaknya. 
Oleh sebab itu orangtua yang menuntut anak-anaknya untuk melayani dirinya adalah bukan gembala yang baik. 

Demikian juga gembala-gembala dalam pelayanan dalam lingkup gereja; dalam hal ini contohnya di gereja Katolik. 

Selain Pastor/Romo, ada gembala lain seperti ketua/kordinator kategorial/seksi ada ketua lingkungan/wilayah paroki maka hendaknya menggembalakan umat dengan melayani segenap hati meski seringkali ada yang bandel dan mengesalkan hati. 

Tidak mudah menjadi gembala sebab dibutuhkan kesabaran dan pengorbanan terutama harus memiliki kasih dan kerelaan atau ketulusan hati. 

Tanpa kasih, tanpa pengosongan diri dari segala kepentingan diri sendiri, dan tanpa memberi denga ikhlas maka tidak dapat menjadi gembala yang baik. 

Bersediakah anda menjadi gembala baik bagi keluarga dan bagi orang lain? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com