Minggu, 12 Februari 2017

TUHAN MENGASIHI MANUSIA










Sabtu, 11 Februari 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KEJADIAN 3:9-24 

Pertama 
Manusia takut kepada Tuhan Allah setelah berbuat dosa 

Kejadian 3:9-10 
Tuhan Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: "Di manakah engkau?" Ia menjawab: "Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi." 

Kedua 
Adam Hawa tidak mengakui dosanya dan saling menyalahkan 

Kejadian 3:12-13 
Manusia itu menjawab: "Perempuan yang Kautempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan." Kemudian berfirmanlah Tuhan Allah kepada perempuan itu: "Apakah yang telah kauperbuat ini?" Jawab perempuan itu: "Ular itu yang memperdayakan aku, maka kumakan.

Ketiga 
Tuhan Allah menghukum Adam Hawa dan mengutuk ular atau setan 
( baca Kejadian 3:14-19) 

Keempat 
Tuhan Allah kasihan kepada manusia dan melindungi manusia dari maut 

Kejadian 3:21 
Tuhan Allah membuat pakaian dari kulit binatang untuk manusia dan untuk isterinya itu, lalu mengenakannya kepada mereka. 

Kelima 
Dosa mengakibatkan manusia terpisah dari Tuhan Allah 

Kejadian 3:23-24 
Tuhan Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil. Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkanNyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 90:2-6,12-13 

Pertama 
Tuhan Allah telah ada sebelum dunia dijadikan 

Mazmur 90:2 
Sebelum gunung-gunung dilahirkan, dan bumi dan dunia diperanakkan, bahkan dari selama-lamanya sampai selama-lamanya Engkaulah Allah. 

Kedua 
Hidup manusia hanya sementara 

Mazmur 90:4-6 
Sebab di mataMu seribu tahun sama seperti hari kemarin, apabila berlalu, atau seperti suatu giliran jaga di waktu malam. Engkau menghanyutkan manusia; mereka seperti mimpi, seperti rumput yang bertumbuh, di waktu pagi berkembang dan bertumbuh, di waktu petang lisut dan layu. 

Ketiga 
Setiap hari menjaga hati bijaksana 

Mazmur 90:12 
Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana. 

C. BACAAN INJIL 
MARKUS 8:1-10 

Pertama 
Hati Yesus tergerak belas kasihan 

Markus 8:2-3 
"HatiKu tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak ini. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. Dan jika mereka Kusuruh pulang ke rumahnya dengan lapar, mereka akan rebah di jalan, sebab ada yang datang dari jauh." 

Kedua 
Yesus bertindak melakukan mukjizat penggandaan roti dan ikan untuk memberi makan 4000 orang 

Markus 8:6,8-9 
Yesus menyuruh orang banyak itu duduk di tanah. Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-muridNya untuk dibagi-bagikan, dan mereka memberikannya kepada orang banyak. Dan mereka makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, sebanyak tujuh bakul. Mereka itu ada kira-kira empat ribu orang. Lalu Yesus menyuruh mereka pulang. 

RENUNGAN HARI INI 

Tuhan tahu kelemahan manusia dan IA berusaha melindungi manusia supaya tidak terseret dan terjerumus alam maut sebab Tuhan sangat mengasihi manusia 

Hati Tuhan penuh belas kasihan melihat manusia berjuang melawan dosa sebab kecenderungan manusia berbuat dosa sangat kuat mempengaruhi dirinya. 

Kejadian 3:21 menunjukan keprihatinan Tuhan melihat kerapuhan manusia dan Tuhan membuatkan kulit binatang untuk menutupi tubuh telanjang manusia yang menggambarkan perlindungan Tuhan kepada manusia. 

Hal itu berulangkali terjadi dan kali ini bisa kita saksikan di bacaan Injil hari ini dimana Yesus berbelas kasihan melihat ribuan orang tidak mempunyai makanan 

Darisini kita lihat bahwa kepedulian kepada orang lain menunjukan belas kasihan kita kepada sesama dan Tuhan menyempurnakan kekurangan kita dengan mencurahkan berkatNya. 

Seperti saat itu hanya ada tujuj roti dan beberapa ikan dan disitu ada 4000 orang kelaparan maka Tuhan Allah berkenan memberkati dengan mukjizatNya yang berkelimpahan. 

Yang penting adalah belas kasihan dan kepedulian kita mau menolong orang lain, selanjutnya Tuhan yang curahkan berkat melimpah. 

Berikan kepada orang lain dari apa yang ada pada kita saat ini dan percayalah akan terjadi mukjizat Tuhan sehingga mencukupi bahkan berlimpah ruah. 

2 Korintus 8:12 
Sebab jika kamu rela untuk memberi, maka pemberianmu akan diterima, kalau pemberianmu itu berdasarkan apa yang ada padamu, bukan berdasarkan apa yang tidak ada padamu. 

Sadarilah kita hidup di dunia tidak lama hanya sementara saja. 

Mazmur 90:10 
Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru, dan kami melayang lenyap. 

Oleh sebab itu hendaknya kita banyak berbuat kebaikan kepada sesama karena kita telah menerima kebaikan Tuhan. 

Berbelaskasihlah kepada sesama karena kita telah menerima belas kasihan Tuhan dan kasihilah sesama kita karena Tuhan telah mengasihi kita. 

Hendaknya kita segera bertindak dan tidak hanya sekedar tahu kebenaran ini maka dengan demikian semakin hari hati kita semakin bijaksana dan dipenuhi belas kasihan. 

Tuhan Yesus memberkati kita. Amin. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com