Kamis, 25 Januari 2018

BERITAKANLAH INJIL (BAGIAN-1)

KAMIS, 25 JANUARI 2018 

KISAH 22:3-16  
MAZMUR 9:1-22 
MARKUS 16:15-18 


Markus 16:15 
Yesus berkata kepada mereka: 
"Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk". 

Ada yang berdalih bahwa perintah Yesus hanya ditujukan pada ke-11 muridNya (=para Rasul) untuk memberitakan Injil. 

Tidak salah bila kita umat kristiani di jaman sekarang ini tidak memberitakan Injil sebab kita adalah penganut dan pengikut ajaran dari para Rasul tentang Yesus Kristus. 

Bahkan bukan tugas kita umat kristiani untuk pelayanan rohani sebab menurut Rasul Paulus; tugas pelayanan rohani dilakukan oleh para rasul, para nabi, pemberita2 Injil, para gembala, para pengajar;  berarti umat kristiani tidak perlu lagi beritakan Injil maupun tugas pelayanan rohani. 

Efesus 4:11-12 
Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus. 

Tidak heran kenyataannya sedikit sekali umat kristiani, terlebih umat katolik yang memberitakan Injil. 

Benarkah pandangan yang mengatakan bahwa bukan tugas kita sebagai umat kristiani untuk beritakan Injil atau terlibat dalam pelayanan rohani? 

Mari kita mengupas bacaan Injil hari ini dari Markus 16:15-18. 

Ayat 14 : Yesus menampakan diri di hadapan ke-11 muridNya dan pada ayat 15 Yesus memberikan perintah kepada ke-11 muridNya untuk beritakan Injil. 

Perhatikan dan cermati ayat 17-18 : 
Tanda-tanda yang menyertai orang-orang percaya kepada Yesus. 

Ke-5 tanda tersebut menunjukkan bahwa setiap orang percaya pada Yesus atau dengan katalain setiap umat kristiani mengerjakan tugas pelayanan rohani. 

Ketika orang yang dilayani disembuhkan Tuhan lewat pelayanan kita maka orang tersebut akan berterima-kasih kepada kita sehingga ia melihat kita orang baik dan akan bertanya tentang diri kita. 

Setelah ia tahu bahwa kita pengikut Yesus karena beriman kepada Yesus. 
Tuhan pasti bekerja menggerakan hati orang ini mencontoh sikap hidup kita dan biasanya mereka percaya pada Yesus dan bersedia dibaptis. 

Roma 8:28 
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. 

Meskipun kita tidak berkhotbah untuk memberitakan Injil tetapi sikap hidup dan kebaikan kita menolong kesusahan orang lain akan menggerakan hati mereka untuk mencontoh kita. 

Sebagaimana halnya kitapun berusaha berbuat seperti dilakukan oleh orang yang kita kagumi. 

Ada berbagai cara memberitakan Injil selain melalui perbuatan baik yaitu dengan cara mengajar seperti Yesus untuk menyampaikan kabar sukacita bahwa Tuhan Allah mengasihi manusia. 

Yakinlah, Tuhan Allah pasti membantu pelayanan yang sedang kita kerjakan; apalagi Yesus sudah katakan bahwa setiap orang percaya kepadaNya akan menerima kuasa dariNya untuk menyembuhkan sakit penyakit dan mengusir dan membebaskan orang dari kuasa roh jahat atau setan. 

Rasul Paulus mengatakan bahwa dirinya harus memberitakan Injil sebab jika ia tidak melakukannya,  ia akan celaka. 

1 Korintus 9:16 
Karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil. 

Segala sesuatu bila dilakukan dengan setulus hati maka tidak akan menjadi beban kesulitan bagi orang yang mau memberitakan Injil maupun pelayanan

Persoalannya terletak pada keputusan kita; apakah mau melakukan pelayanan atau tidak, mau beritakan Injil atau tidak, mau berbuat kasih atau tidak? 

Bagaimana dengan anda? 
Bersediakah memberitakan Injil? 

Semoga hati anda tersentuh melihat realita bahwa masih banyak orang yang tidak tahu ada kabar sukacita Injil dimana Yesus Kristus mengasihi orang orang yang sakit dan yang berdosa supaya mereka datang kepadaNya dan bertobat supaya mengalami kasihNya. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com