Sabtu, 20 Januari 2018

YESUS MEMILIH 12 MURIDNYA









JUMAT, 19 JANUARI 2018 

1 SAMUEL 24:3-21 
MAZMUR 57:2-4,6,11
MARKUS  3:13-19 

Markus 3:14-15 
Yesus menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutusNya memberitakan Injil dan diberiNya kuasa untuk mengusir setan. 

Pertanyaannya adalah : 

Pertama 
Apakah setiap orang percaya pada Yesus akan diutus untuk memberitakan Injil? 

Yohanes 14:12 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. 

Kedua 
Apakah setiap orang percaya pada Yesus diberi kuasa untuk menyembuhkan dan mengusir roh jahat? 

Markus 16:17-18 
Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi namaKu, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh. 

Ketiga 
Apakah setiap orang percaya pada Yesus menanggapi panggilan Tuhan untuk bekerja di ladang Tuhan? 

Lukas 10:2 
Kata Yesus kepada mereka: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu. 

Ketiga pertanyaan ini mengawali kita untuk merenungkan bacaan Injil hari ini agar supaya kita dapat memutuskan untuk menanggapi panggilan Tuhan. 

Memang tidak setiap orang menyiapkan diri untuk menjawab panggilan Tuhan yang mengundang kita bersekutu dan bekerja bersamaNya. 

Matius 22:14 
Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih. 

Ada berbagai bentuk halangan yang merintangi kita menjawab panggilan Tuhan untuk memberitakan Injil, melayani dan melakukan pekerjaan rohani seperti yang Yesus lakukan (Yohanes 14:12). 

Halangan terbesarnya adalah : 
* tidak tertarik bekerja di ladang Tuhan 
* lebih tertarik bekerja di ladang dunia 

karena pesona dunia begitu gemerlap mengiurkan untuk dinikmati sedangkan pesona Surga masih seperti fatamorgana yang belum dapat segera dinikmati. 

Banyak orang percaya pada Yesus hanya diawalnya saja tetapi dengan berjalannya waktu menjadi dingin dan menjauh dari Yesus atau hanya setengah hati masih percaya kepada Yesus namun sebagian lagi telah terpikat oleh kenikmatan dunia; akibatnya akan mencelakan dirinya. 

Wahyu 3:15-16 
Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas! Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulutKu. 

Seperti halnya raja Saul yang telah dipilih Allah menjadi raja atas bangsa Israel namun kemudian hatinya mulai menjauh dari Allah sehingga akhirnya Allah memilih Daud menjadi penggantinya sebagai raja bangsa Israel. 

Daud menunjukkan hati yang bersih dan tunduk kepada Allah. 
Daud menghormati Saul sebagai raja yang diurapi Allah meski Saul berusaha membunuhnya. 
(baca 1 Samuel 18 dan 1 Samuel 24:7-8). 

Darisini kita mendapat pelajaran bahwa percaya kepada Yesus adalah awal dari perjalanan iman kita kepadaNya. 

Selanjutnya kita hendaknya menanggapi ajakan Yesus dalam Yohanes 14:12 dan melakukannya dengan setia sampai akhir 

Dengan demikian kita sepantasnya adalah murid-murid Yesus yang berbakti kepadaNya karena telah menunaikan tugas perutusanNya. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com