Jumat, 19 Januari 2018

BANYAK ORANG DATANG KEPADA YESUS








KAMIS, 18 JANUARI 2018 

1 SAMUEL 18:6-9;19:1-7
MAZMUR 56:2-3,9-13 
MARKUS 3:7-12 

Markus 3:7-8 
Kemudian Yesus dengan murid-muridNya menyingkir ke danau, dan banyak orang dari Galilea mengikutiNya. Juga dari Yudea, dari Yerusalem, dari Idumea, dari seberang Yordan, dan dari daerah Tirus dan Sidon datang banyak orang kepadaNya, sesudah mereka mendengar segala yang dilakukanNya. 

Kata peribahasa : "ada gula ada semut." 
gula     = Kesuksesan 
semut = banyak penggemar/fans 

Kesuksesan melambungkan seseorang menjadi terkenal, populer, dan idola banyak orang yang ngefans kepadanya. 

Di dunia ini, seseorang dihargai bila ia sukses, kaya, pintar, kuasa, jabatan, luas networkingnya, dan membuat mukjizat spektakuler. 

Yesus terkenal dan dicari banyak orang karena banyak melakukan mukjizat penyembuhan dan melepaskan kuasa roh jahat, serta pengajaranNya penuh urapan kuasa Allah. 

Tidak heran bila banyak orang datang dari Galilea, Yudea, Yerusalem, Idumea, Tirus dan Sidon, mengikuti Yesus dengan berbagai kepentingan masing-masing. 

Markus 3:10-11 
Sebab Yesus menyembuhkan banyak orang, sehingga semua penderita penyakit berdesak-desakan kepadaNya hendak menjamahNya. Bilamana roh-roh jahat melihat Dia, mereka jatuh tersungkur di hadapanNya dan berteriak: "Engkaulah Anak Allah." 

Yesus tidak mencari populeritas tetapi misinya datang ke dunia ini untuk menyelamatkan manusia. 

Berbeda dengan kebiasaan orang dunia yang meraih kesuksesan. 
Semakin sukses semakin menonjolkan dirinya agar semua orang mengagumi dan memuji kehebatan dirinya. 

Ironinya adalah orang yang belum sukses, berupaya segala cara mempromosikan dirinya agar dikenal banyak orang dengan motivasi : haus pujian orang lain memuji kehebatan/kesuksesan dirinya dan menginginkan status dirinya diakui oleh banyak orang. 

Karena Yesus tidak mencari populeritas maka Yesus berusaha menyingkir dari banyak orang yang mengerumuni diriNya. 

Yesus tahu bahwa kebanyakan orang mencari diriNya, bukan untuk mengikuti ajaranNya dan hidup dalam kebenaran tetapi untuk kepentingan duniawi mereka 

Yohanes 6:14-15 
Ketika orang-orang itu melihat mujizat yang telah diadakanNya, mereka berkata: "Dia ini adalah benar-benar nabi yang akan datang ke dalam dunia." Karena Yesus tahu, bahwa mereka hendak datang dan hendak membawa Dia dengan paksa untuk menjadikan Dia raja, Ia menyingkir pula ke gunung, seorang diri

Situasi di jaman sekarang serupa dengan situasi di jaman Yesus dimana banyak orang berduyun-duyun datang kepada seorang Pastor, hamba Tuhan, atau seorang awam yang mendapat Karunia Tuhan untuk menyembuhkan, mengusir kuasa roh jahat. 

Demikian juga saat pewartaan Injil, atau suatu homili/kotbah/renungan dibawakan seseorang Pastor, hamba Tuhan, awam, ada kuasa Urapan Tuhan maka tersebar beritanya sehingga banyak orang datang berdesak-desakan. 

Sekarang ini lagi ngetren bila kotbah atau renungan dibawakan dengan banyak canda/guyonan yang lucu dan membuat umat tertawa terbahak-bahak. 

Alasannya mereka yang sudah capek bekerja dan sudah capek urusan dunia; mereka mencari hiburan, diantaranya melalui kotbah/renungan dengan materi ringan dan bisa tertawa gembira. 

Genaplah nas kitabsuci mengatakan : 

2 Timotius 4:3-4 
Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. 

Suatu pelajaran penting bagi kita umat kristiani bahwa datang kepada Yesus hendaknya dengan hati yang bersih dan penuh kesadaran untuk hidup di dalam kebenaran Tuhan karena kita mau dekat dan hidup bersama dengan Tuhan Allah di bumi dan di Sorga kelak kemudian hari

Bagi pewarta, penginjil, awam terlibat dalam pelayanan rohani, hendaklah meniru Yesus yang tidak mencari nama atau mencari popularitas tetapi didorong oleh hati yang bersih dari segala motivasi kepentingan diri sendiri. 

Hanya satu tujuan murni yaitu membawa banyak orang datang kepada Yesus agar mereka diselamatkan Yesus dan mereka hidup di dalam kasihNya. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com