Senin, 15 Januari 2018

HARUSKAH KITA BERPUASA?









SENIN, 15 JANUARI 2018 

1 SAMUEL 15:16-23 
MAZMUR 50:8-9,16-17,21,23 
MARKUS 2:18-22 

Markus 2:20 
Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka, dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa. 

Injil hari ini, murid-murid Yesus dikritik tidak berpuasa sedangkan murid-murid Yohanes dan orang-orang Farisi puasa duakali seminggu (Lukas 18:12a). 

Berpuasa diwajibkan menurut hukum Taurat, dengan tujuan untuk mentahirkan segala dosa di hadapan Allah (Imamat 16:29-30) dan bagi yang tidak berpuasa akan dihukum (Imamat 23:39). 

Melihat murid-murid Yesus tidak puasa maka mereka melihat ada kesempatan mempersalahkan Yesus melanggar ketentuan hukum Taurat tentang puasa. 

Mari kita simak alasan Yesus. 

Markus 2:19-20 
Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berpuasa sedang mempelai itu bersama mereka? Selama mempelai itu bersama mereka, mereka tidak dapat berpuasa. Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka, dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa

Sekarang kita umat kristiani berpuasa untuk menghormati Yesus yang telah berkorban di kayu salib menebus dosa kita manusia. (=Paskah). 

Matius 26:2 
"Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan."  

Pertanyaannya adalah : 

Pertama 
Apakah puasa itu wajib dilakukan? 

Gereja Katolik menetapkan puasa itu wajib dilakukan minimal duakali dalam setahun yakni pada hari Rabu Abu dan pada hari Jumat Agung. 

Kedua 
Apakah berdosa bila tidak puasa? 

Yesus tidak mengatakan bahwa orang yang tidak berpuasa maka ia berdosa tetapi menasehati bagaimana sikap berpuasa yang benar. (Matius 6:16-18). 

Yesus berpuasa 40 hari sebelum memulai karyaNya (Matius 4:2). 

Puasa tidak dapat menyelamatkan orang tetapi puasa adalah baik dilakukan agar kita mendekatkan diri pada Tuhan dan pada sesama. 

Semakin dekat kita dengan Tuhan maka kita akan mengerti kehendak Tuhan sebab IA akan membukakan rahasia Kerajaan Allah kepada kita. 

Markus 4:9,11a 
kataNya: "Siapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!" JawabNya: "Kepadamu telah diberikan rahasia Kerajaan Allah. 

Yang menyelamatkan kita adalah bila melakukan kehendak Bapa Surgawi (Matius 7:21). 

Apa yang kita pelajari dari Injil hari ini? 

Hal Pertama 
Melakukan dan mentaati perintah Tuhan dengan segenap hati dan tidak mencari pujian dari orang lain. 

Matius 6:1 
Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga. 

Hal Kedua 
Tidak menghakimi orang lain yang belum melakukan perbuatan sesuai kebenaran Firman Tuhan. 

Matius 7:1-2 
Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi. Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu. 

Hendaklah kita tidak mencari kesalahan dan kelemahan orang lain tetapi rangkul dan beritakan kebenaran Tuhan dengan lemah lembut agar orang lain merasa diterima dirinya dan diperhatikan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com