Selasa, 12 Desember 2017

ALLAH MENYELAMATKAN (BAGIAN-2)











Selasa, 12 Desember 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
YESAYA 40:1-11 

Hiburkanlah, hiburkanlah umatKu, demikian firman Allahmu, tenangkanlah hati Yerusalem dan serukanlah kepadanya, bahwa perhambaannya sudah berakhir, bahwa kesalahannya telah diampuni, sebab ia telah menerima hukuman dari tangan Tuhan dua kali lipat karena segala dosanya. 

Ada suara yang berseru-seru: "Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk Tuhan, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita! 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 96:1-3.10-13 

Katakanlah di antara bangsa-bangsa: "Tuhan itu Raja! Sungguh tegak dunia, tidak goyang. Ia akan mengadili bangsa-bangsa dalam kebenaran." 

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 18:12-14  

Bapamu di Sorga tidak menghendaki seorangpun dari anak-anak ini hilang seperti halnya seekor domba yang hilang dicari oleh pemiliknya dan meninggalkan sembilan puluh sembilan domba lainnya. 

RENUNGAN HARI INI 

Allah menyelamatkan tidak hanya pada bangsa Israel tetapi kepada bangsa lain; dengan katalain Allah menyelamatkan setiap orang yang mau menanggapi tawaran keselamatan dari Allah dengan penuh keyakinan iman. 

1 Timotius 2:3-4 
Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran. 

Yesus menjelaskan hal ini dengan suatu perumpaman tentang domba yang hilang dimana gembalanya berinisiatif mencari satu ekor dombanya yang hilang. 

Dari perumpamaan ini, Yesus katakan bahwa Bapa di Sorga akan mencari anak-anak Allah yang hilang. 

Matius 18:14 
Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang. 

Jelaslah bahwa Bapa di Sorga mengasihi anak-anak Allah. 

Pertanyaannya ialah siapakah anak-anak Allah itu? 

Yohanes 1:12 
Semua orang yang menerimaNya diberiNya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam namaNya. 

Lalu bagaimana bagi mereka yang tidak percaya kepadaNya berarti bukan anak-anak Allah? 

Yohanes 10:16 
Ada lagi padaKu domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suaraKu dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala. 

Gereja Katolik mengakui bahwa Allah menghendaki setiap orang diselamatkan dan tentunya ada persyaratannya yakni hidup di dalam kebenaran Allah. 

Mereka yang tidak percaya kepada Yesus Kristus namun menjalani hidup sesuai kehendak Allah maka mereka dapat diselamatkan. 

Menurut Katekismus Gereja Katolik (KGK) No.1260 : 
Setiap manusia yang tidak mengenal Injil Kristus dan GerejaNya, tetapi mencari kebenaran dan melakukan kehendak Allah sesuai dengan pemahamannya akan hal itu, dapat diselamatkan. 

Pertanyaan berikutnya : 
Apa dasar kebenaran dan kehendak Allah bagi mereka yang bukan kristiani? 

Allah menciptakan manusia dan tidak dibedakan manusia kristiani ataukah manusia non kristiani. 

Tentunya kebenaran dan kehendak Allah adalah Allah menginginkan setiap orang diselamatkan; apakah orang itu keyakinan imannya kepada Yesus atau keyakinan imannya bukan kepada Yesus. 

Yeremia 29:11 
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada padaKu mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. 

Kita tidak perlu mempermasalahkan soal siapa saja yang diselamatkan Allah tetapi persoalan utamanya adalah bagaimana setiap orang mau menjalani hidup sesuai kebenaran dan kehendak Allah. 

Untuk memgetahui kebenaran Allah dan kehendak Allah adalah melalui Alkitab sebab di dalamnya berisikan Sabda Tuhan tertulis. 

Keselamatan adalah Anugerah Allah dan bagian kita adalah menjalani hidup sesuai kebenaran dan kehendak Allah. 

Kita perlu mengambil langkah untuk meninggalkan hidup lama dan memulai hidup baru yaitu : 

Pertamanya 
Meninggalkan hidup lama dan segala sesuatu yang menghalangi hubungan kita dengan Allah 

Efesus 4:22-24 
bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya. 

Kedua
Perubahan arah sikap/sifat/karaketer dan prinsip hidup 

Roma 12:2 
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. 

Hendaknya kita tetap percaya bahwa Allah menyelamatkan kita dan selayaknya kita membalas kebaikan Allah dengan menerima kebenaran dan melakukan kehendak Allah. 

Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com