Kamis, 07 Desember 2017

TURUTI KEHENDAK TUHAN







Kamis, 7 Desember 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
YESAYA 26:1-6 

Percayalah kepada Tuhan selamanya sebab Tuhan Allah adalah gunung batu yang kekal dan memberikan damai sejahtera bagi yang percaya kepadaNya. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 118:1,8-9,19-21,25--27a 

Lebih baik berlindung pada Tuhan dari pada percaya kepada manusia sebab IA memberkati dan menyelamatkan kita. 

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 7:21,24-27a   

Yesus mengatakan bahwa setiap orang mendengar dan melakukan perkataan-Ku dan melakukan kehendak Bapa-Ku akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. 

RENUNGAN HARI INI 

Sejarah manusia menunjukkan bahwa ketidak-taatan kepada Tuhan menjadi penghalang terbesar membangun relasi intim dengan Tuhan. 

Kita manusia itu paling berani melawan kehendak Tuhan meskipun ada ancaman hukuman kematian kekal di Neraka tetapi tidak menyurutkan manusia berbuat dosa bahkan sengaja menghina Tuhan dengan berbakti kepada Iblis alias setan

Manusia tahu larangan berbuat yang tidak dikehendaki Tuhan tetapi tetap saja dilakukan terus-menerus sampai tiba hari terakhir hidupnya. 

Lihat saja orang berbuat jahat tidak takut mati sebab pikiran dan hatinya dikuasai oleh Iblis sehingga mereka seperti robot yang tidak dapat berontak sebab sudah di program menurut keinginan Iblis. 

Itu sebabnya kenapa orang jahat itu terus berbuat semakin jahat dan hanya dapat diselamatkan bila Iblis yang mengontrol mereka dikalahkan. 

Sekarang kita mengerti mengapa Yesus mengatakan DIA datang untuk orang sakit dan orang berdosa (=orang jahat). 

Lukas 5:31-32 
Lalu jawab Yesus kepada mereka, kataNya: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat." 

Dengan kata lain, orang jahat itu orang sakit jiwanya dan sakit rohaninya. 
Mereka tidak dapat menyembuhkan diri mereka sendiri karena dicengkeram oleh kuasa Iblis yang membelenggu pikiran dan hati mereka sehingga iman mereka itu mati. 

Kejadian 2:16-17 
Tuhan Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.

Inilah perintah Tuhan Allah pertamakali kepada manusia tetapi tidak dituruti sebab keinginan untuk makan buah tersebut menguasai pikiran dan hatinya (akibat tipu muslihat Iblis) sehingga berani melanggar perintah Tuhan. 

Perbuatan melanggar perintah Tuhan atau melanggar kehendak Tuhan adalah perbuatan dosa dan akibat dosa adalah mati; itulah yang Tuhan tetapkan. 

Roma 6:23a 
Sebab upah dosa ialah maut 

Tuhan Allah sangat mengasihi manusia dan melihat perbuatan manusia semakin jahat maka Tuhan Allah mengutus Yesus untuk menyelamatkan manusia. 

Yesus memberitakan kabar sukacita Ilahi agar manusia bertobat dari dosanya dan menjanjikan hidup kekal di Sorga asalkan hidup di dalam kebenaran Tuhan

Seperti dalam bacaan Injil hari ini Yesus katakan bahwa : 

Matius 7:21 
Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan! Akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu yang di sorga. 

Ada syarat yang harus dituruti manusia agar bisa masuk dalam Kerajaan Sorga. 

Tetapi kenyataannya hingga saat ini, kita manusia tetap saja cenderung berbuat dosa, artinya sama saja kita tidak tertarik masuk kedalam Kerajaan Sorga ??? 

Sudah dikatakan Yesus bahwa untuk dapat masuk kedalam Kerajaan Sorga maka kita harus melakukan kehendak Bapa di Sorga. 

Lalu sebagian besar orang belagak tidak tahu padahal tahu; apa saja kehendak Bapa di Sorga. 

Tidak perlu harus menjadi orang pintar untuk mengetahui kehendak Bapa di Sorga sebab di dalam diri kita Allah berdiam yakni Allah Roh Kudus, yang memberitahukan kebenaran Allah dan menegur bila melanggar kebenaran Allah. 

Yohanes 14:26 
tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu

Coba apalagi alasan kita manusia? 

Tuhan Allah itu luarbiasa mengaturnya sehingga kita manusia sesungguhnya hanya turuti saja kehendak Tuhan Allah maka kita manusia akan selamat dan akan hidup kekal di Sorga. 

Terserah kepada setiap orang mau pilih yang mana; apakah menuruti kehendak Bapa di Sorga atau menuruti kehendak Iblis di Neraka??? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com