Sabtu, 09 Desember 2017

TUAIAN BANYAK TETAPI PEKERJA SEDIKIT










Sabtu, 9 Desember 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
YESAYA 30:19-26 

Hai bangsa di Sion, Tuhan mengasihani engkau dan menjawab seruanmu. 
Tuhan memberikan benih yang baru dan roti yang lezat untuk dimakan olehmu. 
Tuhan membalut luka umatNya dan IA menyembuhkan bekas pukulan umatNya. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 147:1-6 

Tuhan mengumpulkan orang Israel yang tercerai-berai; menyembuhkan membalut luka-luka mereka dan menegakkan yang tertindas. 

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 9:35-10:1,6-8 

Yesus berkeliling ke semua kota dan desa dimana Ia mengajar, memberitakan Injil, melenyapkan penyakit dan kelemahan. 

Yesus mengatakan: tuaian banyak tetapi pekerja sedikit, mintalah agar tuan yang empunya tuaian mengirimkan pekerja untuk tuaian tersebut. 

Lalu Yesus memanggil ke-12 muridNya dan memberi kuasa kepada mereka agar dapat mengusir roh jajat dan lenyapkam segala penyakit dan kelemahan. 

RENUNGAN HARI INI 

Dunia saat ini sangat menarik perhatian sebab banyak kemudahan yang bisa kita peroleh dari kecanggihan tehnologi dan banyak kesenangan yang bisa dinikmati dan gemerlap dunia memang sangat mempesonakan dan sulit untuk ditolak godaannya bila kita tidak mampu mengendalikan keinginan nafsu kita. 

Demi mengejar kenikmatan dunia maka begitu banyak orang terperosok kedalam perbuatan dosa dan tidak sedikit yang jatuh tergeletak tak berdaya karena tidak mampu bersaing mendapatkan harta dan kesenangan dunia. 

Akibat tekanan hidup, semakin banyak orang mengalami stress dan depresi, bahkan banyak yang terluka batinnya dan timbul berbagai penyakit dimana dimasa lalu tidak ada jenis penyakit ini. 

Penyakit itu selain disebabkan oleh virus ternyata bisa juga akibat perbuatan dosa yang ditunggangi oleh si Iblis.  

Seringkali di dalam tugas pelayanan, terutama di wilayah Indonesia Timur, banyak dijumpai orang-orang yang punya barang yang telah diisi kuasa roh-roh; istilah mereka itu roh putih tidak jahat digunakan untuk melindungi diri mereka dari kuasa roh hitam yang jahat. 

Karunia discerment sangat berguna dimana kita diberi kuasa oleh Tuhan supaya dapat mengetahui ini kerjaan dari roh jahat alias antek iblis yang merasuki jiwa seseorang sehingga membuat roh orang tersebut terbelenggu olehnya. 

Jika kita belum diberi karunia discerment maka kita akan bingung menghadapi orang yang kerasukan ini sebab sudah kita doakan tetapi malah teriak-teriak atau manifestasi lainnya. 

Suatu nasehat berharga buat kita agar jangan pernah mengundang kuasa gelap dari roh jahat (=antek Iblis) untuk memenuhi ambisi pribadi apapun atau berambisi mengejar harta kekayaan dunia sebab akan mencengkeram dan membelenggu hatimu dan pikiranmu.

Sungguh menyedihkan menyaksikan anak-anak Tuhan terjerat oleh kuasa roh jahat padahal sebagai umat kristiani seharusnya roh kita lebih besar daripada roh-roh yang ada di dunia ini maupun roh-roh jahat antek-antek Iblis. 

1 Yohanes 4:4 
Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. 

Filipi 2:10-11 
supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa! 

Kita ini diberi kuasa menjadi anak-anak Tuhan (Yohanes 1:12) dan jangan pernah melupakan hal ini supaya kita berdiri tegak melawan setiap kuasa roh jahat yang hendak menghancurkan iman kita dengan perangkap tipu muslihatnya yang menawarkan segala kenikmatan dunia yang diinginkan hawa nafsu kita. 

Dengan demikian kita tidak takut dalam menjalankan tugas perutusan dan tugas pelayanan menghadapi perlawanan dari kuasa roh jahat. 

Kita harus memenangkan jiwa-jiwa orang dan mengantarkannya kepada Yesus sembari kita menjaga diri kita dengan penuh kewaspadaan agar jangan sampai justru kita yang terperangkap jebakan kuasa roh jahat. 

Sudah waktunya saat ini kita laksanakan perintah Yesus agar kita memberitakan Injil untuk membawa banyak orang yang belum percaya kepada Yesus maupun yang sudah percaya pada Yesus namun menjalani hidup menurut ajaran dunia. 

Matius 28:19-20 
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." 

Banyak sekali penderitaan hidup yang disebabkan tidak tahu atau tidak mau menjalani hidup sesuai dengan ajaran Kristus dan menjadi tugas perutusan kita untuk memberitakan kabar sukacita dari Injil supaya mereka mengalami Kasih Tuhan di dalam hidupnya. 

Yesus mengingatkan kepada murid2Nya dan juga kepada kita bahwa tuaian jiwa orang yang membutuhkan belas kasih kita untuk menolong mereka keluar dari belenggu hidup dalam lumpur dosa. 

Matius 9:37-38 
KataNya kepada murid-muridNya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu." 

Hendaknya kita ikuti teladan Yesus yang menolong banyak orang yang menderita dengan memberi diriNya karena hatiNya penuh dengan belas kasihan. 

Yesus juga mengajar kepada banyak orang agar mereka mengerti ajaran cinta kasih dan mau hidup didalam KasihNya. 

Matius 9:36 
Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. 

Bagaimana dengan kita? 

Masihkah kita sibuk mengurusi urusan duniawi yang tidak jauh dari urusan duit dan pemenuhan keinginan daging yang mengumbar hawa nafsu? 

Yuk, kita turuti ajakan Yesus agar kita bekerja di ladangNya sebab kata Yesus, 

Yohanes 4:35b-36 
Aku berkata kepadamu: Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai. Sekarang juga penuai telah menerima upahnya dan ia mengumpulkan buah untuk hidup yang kekal, sehingga penabur dan penuai sama-sama bersukacita.


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com