Jumat, 15 Desember 2017

PERHATIKANLAH PERINTAH TUHAN








Jumat, 15 Desember 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
YESAYA 48:17-19 

Akulah Tuhan Allahmu yang menuntun engkau di jalan yang harus kau tempuh dan kiranya engkau perhatikan perintahKu maka kebahagiaanmu terus berlimpah. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 1:1-6 

Berbahagialah orang yang kesukaannya merenungkan Taurat siang dan malam sebab Tuhan mengenal jalan orang benar tapi jalan orang fasik menuju kebinasaan 

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 11:16-19  

Yesus mengatakan bahwa angkatan ini seumpama seperti anak-anak duduk di pasar dan berseru kepada temannya: 

Kamu tidak menari dan tidak berkabung ketika kami meniup seruling dan nyanyi kidung duka. 

Ketika Yohanes tidak makan-minum maka kamu katakan ia kerasukan setan dan ketika Anak Manusia makan-minum maka kamu berkata ia pelahap dan peminum. 

RENUNGAN HARI INI 

Bila seseorang tidak suka kepada kita maka gerak-gerik sikap dan perbuatan kita diperhatikan untuk mencari sesuatu kelemahan atau kesalahan yang bisa diungkapkan di hadapan orang banyak. 

Ia tidak akan pernah puas dan berbagai cara di rekayasa sampai kita menderita, bahkan sampai kita mati. 

Seperti halnya dalam bacaan Injil hari ini, Yohanes Pembaptis dikatakan kerasukan setan karena tidak makan dan minum; begitu juga Yesus dikatakan pelahap dan peminum. 

Biangkeroknya adalah orang Farisi dan ahli Taurat yang berusaha keras mencari kesalahan Yesus hingga di kemudian hari mereka dapat mendakwa Yesus, sampai akhirnya Yesus di Salib. 

Padahal orang Farisi dan ahli Taurat dikenal sebagai pemuka agama Yahudi yang hebat pengetahuan hukum Taurat tetapi karena sifat iri hati dan munafik merusak iman mereka. 

Suatu pelajaran penting bagi kita bahwa pengetahuan harus ditunjang dengan sikap dan perbuatan yang sesuai dengan kebenaran Tuhan. 

Sungguh ironi, tahu akan kebenaran Firman Tuhan tetapi tidak melakukannya, bahkan sikap dan perbuatannya justru tidak mencerminkan ia seorang beriman maka akibatnya mengerikan. 

Ibrani 10:26-27 
Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu. 
Tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka. 

Hendaknya kita perhatikan Firman Tuhan yang memuat perintah/kehendak Allah dan melakukan dengan setia maka kita beroleh ketenangan dan berkat Tuhan berlimpah-ruah didalam hidup kita. 

Yesaya 48:18 
Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintahKu, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti

Tuhan Allah akan menuntun kita ke jalan yang benar menurut Tuhan, asalkan kita mau mempercayaiNya dan menyerahkan segenap diri kita kepadaNya. 

Yesaya 48:17 
Beginilah firman Tuhan, Penebusmu, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Akulah Tuhan, Allahmu, yang mengajar engkau tentang apa yang memberi faedah, yang menuntun engkau di jalan yang harus kautempuh. 

Persoalannya adalah kita yang pegang kendali hidup kita sedangkan Tuhan hanya diperlukan untuk mendukung rencana kita agar berhasil sesuai dengan keinginan kita. 

Di dalam pelayanan rohani juga terjadi hal seperti ini dimana Tuhan tidak dilibatkan sedari penyusunan rencana kegiatan sebab Tuhan hanyà diminta berkatNya agar kegiatan rohani tersebut berhasil. 

Jarang sekali orang berdoa meminta persetujuan Tuhan ketika memutuskan rencana kegiatan rohani yang hendak dilakukan dan baru meminta Tuhan untuk membereskan kekacauan dari kegiatan rohani yang dilakukannya. 

Padahal nasehat ini sering disampaikan tetapi tidak mendapatkan perhatian orang yang mendengarnya. 

Raja Salomo yang terkenal sebagai raja yang berhikmat telah berbuat kekejian di mata Allah sebab ia menyetujui keinginan isteri-selirnya mendirikan mezbah pemujaan berhala sehingga ia dikutuk Allah dimana keturunannya tercerai-berai hingga akhirnya kerajaannya terpecah dua bagian; di selatan dikuasi Babelonia dan bagian utara dikuasai Asyur. 
(baca 1 Raja-raja pasal 11). 

J A D I 

Jadikanlah santapan rohani setiap hari berupa Firman Tuhan dan minuman rohani berupa penyembahan dan saat teduh bersama Tuhan sebagai gaya hidup kita sehari-hari. 

Yosua 1:8 
Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. 

Mazmur 84:11 
Sebab lebih baik satu hari di pelataranMu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com