Kamis, 14 Desember 2017

KEILAHIAN YESUS










Kamis, 14 Desember 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
YESAYA 41:13-20 

Allah berfirman bahwa janganlah takut karena IA menolongmu dan menebusmu. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 145:9-13 

Tuhan itu baik kepada semua orang dan setia dalam segala perkataanNya serta perbuatanNya. 

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 11:11-15 

Yesus mengatakan Yohanes Pembaptis adalah Elia yang akan datang itu dan sejak tampilnya Yohanes Pembaptis, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya. 

RENUNGAN HARI INI 

Bacaan Injil hari ini mengenai Yohanes Pembaptis; dikatakan Yesus bahwa: 

Matius 11:11 
Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya. 

Ada dua pertanyaan dari ayat ini

Pertama 
Mengapa Yohanes Pembaptis lebih besar diantara mereka yang dilahirkan oleh perempuan? 

Sebelum munculnya Yohanes Pembaptis, para nabi Perjanjian Lama sudah ada dan mereka bernubuat tentang tampilnya nabi Elia di dalam diri Yohanes Pembaptis sebelum kedatangan Mesias. 

Maleakhi 4:5 
Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari Tuhan yang besar dan dahsyat itu. 

Matius 11:13 
Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes. 
dan — jika kamu mau menerimanya — ialah Elia yang akan datang itu. 

Yohanes Pembaptis dikatakan lebih besar karena beliau melihat Yesus bahkan membaptis Yesus sedangkan para nabi Perjanjian Lama tidak berjumpa dengan Yesus tetapi hanya menubuatkan tentang kedatangan Yesus. 

Kedua 
Mengapa yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar daripada Yohanes Pembaptis? 

Sebab Yohanes Pembaptis tidak melihat Yesus di salib, wafat, bangkit, dan naik ke Sorga tetapi hanya menubuatkan tentang penebusan atau pengorbanan Yesus yang menghapus dosa dunia. 

Yohanes 1:29 
Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia." 

Sedangkan yang di maksud dengan bagian terkecil dari Kerajaan Sorga adalah gereja atau umat Kristiani di saat itu yang menyaksikan peristiwa penyaliban Yesus hingga kenaikan Yesus ke Sorga. 

Selanjutnya, 

Bagaimana dengan umat Kristiani setelah generasi jemaat gereja perdana hingga sekarang ini dan yang alan datang? 

Kita umat Kristiani sekarang ini bersyukur mengetahui penggenapan janji-janji Allah dan menyaksikan bahkan mengalami kedasyhatan Kuasa Allah. 

Oleh sebab itu, alangkah bodohnya bila masih ada umat Kristiani meragukan Yesus adalah Mesias atau JuruSelamat yang menebus dosa kita manusia. 

Apalagi meragukan Yesus adalah Allah dalam kesatuan Allah Tritunggal Maha Kudus setelah kenaikan Yesus ke Sorga. 

Yesus sebagai manusia ketika masih di dunia dan telah mengemban tugas dari Allah Bapa sebagai utusanNya dan Yesus melaksanakan dengan setia, mengakhiri kemanusiaan Yesus sampai mati di Salib 

Setelah mengetahui semua ini maka hendaknya kita berterima-kasih kepada Yesus dengan mengasihiNya melalui ketaatan kita menuruti perintahNya dan melakukan pekerjaan seperti dilakukan Yesus selama berada di dunia. 

Yohanes 14:15 
Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintahKu. 

Yohanes 14:12 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. 

Perintah Yesus 
Inilah perintahKu, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu (Yohanes 15:12) 

Pekerjaan Yesus 
Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea; 
Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu. 
(Matius 4:23) 

Dalam Yohanes 14:12 dikatakan kita bisa melakukan pekerjan yang lebih besar dari yang dilakukan Yesus, apa maksudnya? 

Sekarang ini pengajaran dan pengInjilan bisa menjangkau orang di pelosok dunia melalui jaringan internet sedangkan saat itu di jaman Yesus mesti berkeliling face to face mendatangi orang-orang untuk memberitakan Injil. 

Tuhan memberikan KuasaNya supaya kita dapat mengadakan mukjizat seperti yang Yesus lakukan yaitu menyembuhkan segala macam penyakit dan sebagainya. 

Markus 16:17-18 
Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi namaKu, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh. 

Sayangnya, 

Kita umat Kristiani masih berkutat pada masalahnya sendiri dan tidak ada waktu untuk melaksanakan perintah Yesus. 

Boro-boro mengasihi Allah dan mengasihi sesama; mengasihi keluarga sendiri saja masih belepotan alias masih kagak beres; sesama anggota keluarga masih ribut dan tidak terlihat saling mengasihi. 

1 Yohanes 4:20 
Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya. 

Rasul Paulus mengingatkan agar tidak menyia-nyiakan pengorbanan Yesus yang menebus dosa kita dengan menjalani hidup dalam kedagingan. 

Galatia 3:3-4 
Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging? Sia-siakah semua yang telah kamu alami sebanyak itu? Masakan sia-sia! 

Yesus telah menyelesaikan tugasnya dan sekarang giliran kita untuk menyelesaikan tugas perutusan kita serta pertanggung jawabkan perbuatan kita sebelum akhirnya naik ke Sorga bersama Yesus. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com