Selasa, 15 Mei 2018

DOA YESUS KEPADA MURID-MURIDNYA (BAGIAN-1)









Selasa, 15 Mei 2018 

KISAH 20:17-27 
MAZMUR 68:10-11,20-21 
YOHANES 17:1-11a 

Yohanes 17:9-10 
Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepadaKu, sebab mereka adalah milikMu dan segala milikKu adalah milikMu dan milikMu adalah milikKu, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka. 

Wejangan Yesus kepada murid-muridNya begitu panjang pada saat perjamuan terakhir, dimulai dari pembasuhan kaki (pasal 13) sampai akhirnya di pasal 17 ini Yesus berdoa kepada Bapa Surgawi untuk murid-muridnya. 

Mengharukan sekali doa Yesus ini yang menunjukkan betapa Yesus mengasihi murid-muridNya. 

Yohanes 17:3 
Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. 

Perpisahan Yesus dengan para murid semakin dekat sebab beberapa jam lagi Yesus akan ditangkap, diadili, dan disalib. 

Begitu juga di bacaan pertama hari ini, seperti halnya Yesus akan berpisah dengan murid-muridNya; dalam hal ini Paulus memberikan kesaksian atas tugas dari Tuhan Yesus yang telah ditunaikan dalam pelayanan dan pemberitaan Injil kasih karunia Allah, sebelum berpisah dengan para panatua di Efesus. 

Kisah 20:24 
Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah. 

Yesus telah menyelesaikan tugas dari Bapa dan Paulus telah menyelesaikan tugas dari Yesus Kristus, lalu bagaimana dengan kita umat kristiani? 

Bukankah kita juga dikasih tugas oleh Tuhan Yesus untuk memberitakan Injil dan sudah sampai dimana progressnya? 

Matius 28:19-20 
Pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu
Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman. 

Silahkan menjawab? kita masing-masing umat kristiani bertanggung-jawab Yesus. 

Mari kita simak dan pelajari hal-hal apa saja yang Yesus laporkan kepada Bapa dalam melaksanakan tugasNya. 

Yohanes 17:8 
Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepadaKu telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari padaMu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. 

Jelas sekali, yang disampaikan Yesus adalah Firman Allah yang diterima Yesus dari Bapa; artinya kitapun umat kristiani diperitahkan Yesus untuk melakukan hal yang sama (baca Matius 28:19). 

Jangan ada lagi yang berdalih dengan seribu alasan menghindari tugas yang Yesus perintahkan untuk kita umat kristiani melaksanakannya. 

Perintah Yesus hanya dua hal saja yakni: 
1) Kasihilah Tuhan dan kasihilah sesama 
2) Beritakanlah Injil kepada sesama 

Kita sudah membahas dalam renungan sebelumnya tentang mengasihi Yesus atau mengasihi Tuhan Allah dan kasihilah sesama manusia. 

Keputusan ditangan kita, apakah mau menjadi sahabat Yesus? Jika mau, yah lakukan perintah Yesus. 
(baca lagi Yohanes 15:13,14 dan 12). 

Apakah kita umat kristiani termasuk dari murid-murid Yesus yang menerima Firman Allah yang disampaikan Yesus, seperti dalam Yohanes 17:8? 
Silahkan memutuskan pilihan anda !!! 

JADI

Ada dua hal yang kita lakukan yaitu : 
1) menerima Firman Allah 
2) memberitakan Firman Allah 

Dengan demikian maka kita termasuk murid-murid yang didoakan Yesus kepada Bapa Surgawi yaitu : 

Yohanes 17:2 
Sama seperti Engkau telah memberikan kepadaNya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepadaNya. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com