Senin, 21 Mei 2018

MURID YESUS TIDAK DAPAT MENGUSIR ROH JAHAT










Senin, 21 Mei 2018 

YAKOBUS 3:13-18 
MAZMUR 19:8-10,15 
MARKUS 9:14-29 

Markus 9:28 
Ketika Yesus sudah di rumah, dan murid-muridNya sendirian dengan Dia, bertanyalah mereka: "Mengapa kami tidak dapat mengusir roh itu?" 

Sejak dahulu manusia diganggu oleh roh jahat dan manusia takut terhadap kuasa roh jahat sehingga memilih tidak mau bermusuhan dengan roh jahat. 

Jaman dahulu, banyak orang memberikan sesuatu sesajen/persembahan supaya roh jahat tidak mengganggu dirinya. 

Injil Markus hari ini mengenai roh jahat yang menyebabkan seorang anak menjadi bisu dan ayahnya meminta kepada murid-murid Yesus mendoakan agar anaknya dilepaskan dari roh jahat tetapi ternyata murid-murid Yesus tidak dapat mengusir roh jahat. 

Markus 9:18 
Dan setiap kali roh itu menyerang dia, roh itu membantingkannya ke tanah; lalu mulutnya berbusa, giginya bekertakan dan tubuhnya menjadi kejang. Aku sudah meminta kepada murid-muridMu, supaya mereka mengusir roh itu, tetapi mereka tidak dapat. 

Ketidak-mampuan murid-murid Yesus saat itu terlihat juga di jaman sekarang ini terjadi ketidak-mampuan sebagai besar umat kristiani ketika berhadapan dengan roh jahat/setan/Iblis. 

Padahal Firman Tuhan mengatakan bahwa roh kita lebih besar dari roh yang ada di dunia ini karena Roh Allah ada di dalam diri kita. 

1 Yohanes 4:4 
Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. 

Tetapi kenyataannya, kenapa masih banyak orang termasuk umat kristiani takut kepada roh jahat? 

2 Timotius 1:7 
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban. 

Kita tidak boleh takut kepada roh jahat atau kepada setan/Iblis tetapi hendaklah kita lawan sebab kita adalah anak-anak Allah di dalam iman percaya kepada Yesus Kristus (Yohanes 1:12). 

1 Petrus 5:8-9  
Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama. 

Satu-satunya cara melawan Iblis jika kita tunduk kepada Allah. 

Yakobus 4:7 
Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! 

Persoalannya adalah seringkali kita tidak selalu tunduk kepada Tuhan; artinya mau dan taat menuruti kehendak Tuhan. 

Hari ini tunduk kepada Tuhan, esok hari tidak tunduk kepada Tuhan tetapi sering tunduk kepada keinginan kedagingan yang berpotensi kuat berbuat dosa. 

Hati nurani kita tunduk kepada Tuhan tetapi keinginan daging kita tunduk pada hawa nafsu yang dikendalikan oleh Iblis. 
(baca Galatia 5:16-23). 

Galatia 5:24-25 
Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh. 

Itu sebabnya roh jahat, setan, Iblis mudah mengobrak-abrik orang yang hidupnya di dalam keinginan daging. 

Perlawanan kepada roh jahat, setan, Iblis akan berhasil bila kita hidup di dalam keinginan roh yang tunduk pada Tuhan. 

Para murid Yesus saat itu sedang dalam proses digebleng Yesus; keyakinan iman mereka masih dangkal dan juga mereka belum sepenuhnya terbebas dari sikap hidup di dalam keinginan kedagingan. 

Hal itu terlihat ketika murid-murid utama Yesus ribut memperdebatkan siapa yang terbesar diantara mereka. 

Markus 9:34 
Tetapi mereka diam, sebab di tengah jalan tadi mereka mempertengkarkan siapa yang terbesar di antara mereka. 

Demikian juga motivasi murid-murid lain selain ke12 para rasul mengikuti Yesus 

Lukas 24:21 
Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah (=Yesus) yang datang untuk membebaskan bangsa Israel. 
Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya itu terjadi. 

Barulah setelah Roh Kudus turun saat Pentakosta (Kisah pasal 2) mengurapi para rasul maka terjadilah transformasi di dalam diri mereka sehingga mampu menyembuhkan banyak orang dan banyak mukjizat terjadi. 

Darisini kita dapat pelajaran berharga bahwa kita harus benahi keyakinan iman dengan menambahkan pengetahuan tentang kebenaran Tuhan agar iman kita semakin bertumbuh dan teguh. 

Selain Roh Kudus yang mengajarkan dan mengingatkan kita akan semua dikatakan Yesus (Yohanes 14:26) dan hal-hal yang akan datang (Yohanes 16:13-14) maka kita dapat menekuni Firman Tuhan yang tertulis di kitabsuci/Alkitab. 

Dalam proses pembenahan kualitas iman maka kita meminta hikmat dari Tuhan agar mengetahui dan memahami Tuhan dan kebenaranNya. 

Kita amat sangat membutuhkan hikmat Tuhan karena tidak dapat mengandalkan hikmat manusia yang dipengaruhi oleh hikmat dunia. 

Apalagi ketika kita mendoakan orang maka kita minta hikmat Tuhan agar bisa mengetahui apa yang terjadi di dalam diri orang yang sedang kita doakan. 

Yakobus 1:5 
Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, — yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit —,maka hal itu akan diberikan kepadanya. 

Juga kita minta karunia kepada Tuhan yaitu karunia sabda pengetahuan dan karunia membedakan roh. 
(baca 1 Korintus 12:8-11). 

Sehingga apa yang dialami murid-murid Yesus yang tidak dapat mengusir roh yang membuat si anak menjadi bisu itu, dapat kita tanggulangi dengan meminta hikmat Tuhan dan karunia Tuhan. 

Note : 
Silahkan anda bisa baca lebih detail lagi mengenai Hikmat dan Kebijaksanaan di website ini. 

Semoga kita umat kristiani semakin hari semakin percaya dan yakin pada iman kita kepada Yesus Kristus yang sanggup melakukan segala sesuatu yang menurut dunia itu tidak mungkin. 

Markus 9:23-24 
Jawab Yesus: "Katamu: jika Engkau dapat? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!" Segera ayah anak itu berteriak: "Aku percaya. Tolonglah aku yang tidak percaya ini!" 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com