Kamis, 31 Mei 2018

KITA DITEBUS DARAH KRISTUS









Rabu, 30 Mei 2018 

1 PETRUS 1:18-25 
MAZMUR 147:12-15,19-20  
MARKUS 10:32-45

1 Petrus 1:18-19  
Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat 

Jangan pernah sedetikpun melupakan bahwa Yesus menebus diri kita dengan darahNya di atas kayu salib. 

Ingatlah senantiasa bahwa diri kita ini bukan milik kita lagi tetapi milik Kristus yang telah membayar lunas. 

1 Korintus 7:23 
Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusia. 

Sudah sepantasnya kita tunduk kepada Kristus yang telah memerdekakan kita dari budak dosa dan sekarang hendaknya kita menjadi hamba kebenaran. 

Roma 6:19 
Aku mengatakan hal ini secara manusia karena kelemahan kamu. Sebab sama seperti kamu telah menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kecemaran dan kedurhakaan yang membawa kamu kepada kedurhakaan, demikian hal kamu sekarang harus menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kebenaran yang membawa kamu kepada pengudusan. 

Sangat disayangkan, masih banyak umat kristiani yang hidupnya kembali menjadi budak dosa; sia-sialah Yesus Kristus telah menebus dirinya jika ia terus dibelenggu oleh kuasa dosa di dalam dirinya. 

2 Petrus 2:20-22 
Sebab jika mereka, oleh pengenalan mereka akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus, telah melepaskan diri dari kecemaran-kecemaran dunia, tetapi terlibat lagi di dalamnya, maka akhirnya keadaan mereka lebih buruk dari pada yang semula. Karena itu bagi mereka adalah lebih baik, jika mereka tidak pernah mengenal Jalan Kebenaran dari pada mengenalnya, tetapi kemudian berbalik dari perintah kudus yang disampaikan kepada mereka. Bagi mereka cocok apa yang dikatakan peribahasa yang benar ini: "Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya." 

Orang seperti ini menyukai kegelapan. 
Lihatlah hiburan malam banyak disukai orang karena banyak kenikmatan dunia yang memuaskan hawa nafsu. 

Masih banyak umat kristiani hidup dalam dua dunia yang berbeda; dari pagi sampai sore ia terlihat menjalani hidup normal tetapi disaat hari mulai malam, ia tidak kuasa menahan gejolak hawa nafsunya dimana pahitnya dosa terasa manis untuk dinikmatinya. 

Roma 13:13 
Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati. 

Segeralah tinggalkan kehidupan malam yang menina-bobokan hawa nafsumu dan hiduplah dalam terang Kristus. 

Roma 13:12 
Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang! 

Hawa nafsu menjadi sumber malapetaka bagi setiap orang yang membiarkannya menguasai dirinya san bila tidak segera melepaskannya maka hawa nafsu akan membakar dirinya; menghanguskannya. 

Hawa nafsu itu bukan sekedar nafsu sex saja melainkan nafsu kedagingan lainnya yang dalam batas-batas tertentu memang berguna bagi tubuh dan jiwa kita, seperti misalnya makanan dan minuman. 

Namun seringkali nafsu kedagingan tidak dapat dikendalikan jika keinginan untuk menikmati nafsu tersebut kelewat batas dari kebutuhan pokok menjadi keinginan memuaskan hawa nafsu kedagingan. 

Anda pasti tahu apa saja bentuk nafsu kedagingan dan waspadalah kendalikan nafsu kedagingan di dalam diri kita. 

Dalam bacaan Injil hari ini, 
Yohanes dan Yakobus, anak Zebedeus tidak dapat mengendalikan keinginan untuk mendapatkan kedudukan jabatan di sebelah kiri dan di sebelah kanan Yesus di kelak kemudian hari bila Yesus menjadi raja bangsa Israel. 

Markus 10:35-37 
Lalu Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, mendekati Yesus dan berkata kepadaNya: "Guru, kami harap supaya Engkau kiranya mengabulkan suatu permintaan kami!" JawabNya kepada mereka: "Apa yang kamu kehendaki Aku perbuat bagimu?" Lalu kata mereka: "Perkenankanlah kami duduk dalam kemuliaanMu kelak, yang seorang lagi di sebelah kananMu dan yang seorang di sebelah kiriMu."  

Keinginan nafsu memiliki kuasa sangat berpotensi menjadi penyebab perbuatan dosa dan telah terbukti sejak dahulu kala banyak orang menyalah-gunakan kuasa untuk kepentingan dirinya memuaskan hawa nafsu kedagingan. 

Dengan kuasa, memudahkan untuk mendapatkan segala hal yang diinginkan dan bila keinginan itu ditunggangi oleh hawa nafsu kedagingan maka timbullah perbuatan dosa. 

Padahal kuasa untuk jabatan tertentu dimaksudkan untuk mengatur sesuatu agar mendatangkan manfaat bagi orang banyak dan bukan untuk kepentingan pribadi atau kelompoknya sendiri. 

Seringkali hawa nafsu membuat orang menjadi gelap mata dan tidak mampu berpikiran jernih; seperti halnya terjadi pada diri Yohanes dan Yakobus. 

Padahal saat itu Yesus menjelaskan tentang diriNya akan dihukum mati oleh Imam kepala dan ahli Taurat tetapi Yohanes dan Yakobus malah memikirkan kepentingan diri sendiri. 

Markus 10:33-34 
kataNya: "Sekarang kita pergi ke Yerusalem dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, dan mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati. Dan mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, dan Ia akan diolok-olokkan, diludahi, disesah dan dibunuh, dan sesudah tiga hari Ia akan bangkit." 

Semoga kita umat kristiani belajar dari ketidak-mampuan Yohanes dan Yakobus memahami pengorbanan Yesus Kristus. 

Hendaknya kita menjadi hamba Kristus dan tidak lagi menjadi hamba dosa sebab diri kita telah ditebus dan dibayar lunas dengan darah Kristus sehingga kita beroleh keselamatan dan kehidupan kekal

1 Petrus 1:23 
Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

1 komentar:

Putry Amouy mengatakan...

JOIN NOW !!!
Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
BURUAN DAFTAR!
dewa-lotto.name
dewa-lotto.cc
dewa-lotto.vip

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com