Senin, 28 Mei 2018

LEPASKAN SEMUA YANG MENGIKAT DIRIMU









Senin, 28 Mei 2018 

1 PETRUS 1:3-9 
MAZMUR 111:1-2,5-6,9-10 
MARKUS 10:17-27 

 Markus 10:21 
Yesus memandang dia dan menaruh kasih kepadanya, lalu berkata kepadanya: "Hanya satu lagi kekuranganmu: pergilah, juallah apa yang kaumiliki dan berikanlah itu kepada orang-orang miskinmaka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku." 

Jika pertanyaan ini diajukan kepada anda apakah bersedia menuruti perkataan Yesus : juallah apa yang kau miliki maka beroleh harta di sorga? 

Ternyata Santo Fransiskus dari Asisi dan Beato Luchesio Modestini, tersentuh oleh Markus 10:21 dimana mereka menjual semua hartanya dan dibagikan kepada orang miskin, kemudian mengikuti Yesus dengan menjadi biarawan. 

Fransiskus dari Asisi mengalami suatu perubahan dalam hidupnya setelah keluar dari penjara dimana beliau sakit saat berada di penjara. 

Orang yang mengalami jamahan Tuhan, akan terjadi perubahan pandangan dan sikap hidupnya yang tadinya fokus pada diri sendiri menjadi berubah mau berbagi untuk kepentingan orang lain. 

Harta dunia terbukti telah mengikat hati dan pikiran orang termasuk umat kristiani sehingga tidak heran banyak yang sulit melepaskan keterikatannya. 

Meskipun ingin melepaskan keterikatan harta dunia namun seringkali gagal sebab pada dasarnya kita manusia ini mencintai diri sendiri, tidak peduli pada orang lain. 

2 Timotius 3:2a 
Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. 

Sesungguhnya apa maksud Yesus pada ayat Markus 10:21; apakah betul kita harus menjual apa yang kita miliki untuk beroleh harta di sorga? 

Bermula dari orang kaya bertanya kepada Yesus pada ayat 17b : 
"Guru yang baik, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?" 

Orang kaya ini merasa sudah melakukan semua perintah Allah dan merasa apakah ia memperoleh kehidupan kekal di sorga. 

Yesus berusaha menyadarkan orang kaya ini bahwa kehidupan kekal itu tidak akan dapat diperoleh melalui perbuatan baik dan upaya diri sendiri mentaati semua perintah Allah sebab kehidupan kekal itu adalah Anugerah Allah. 

Markus 10:18 
Jawab Yesus: "Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorangpun yang baik selain dari pada Allah saja

Artinya tidak ada seorangpun bisa taat melakukan semua perintah Allah. 

Kita bisa mentaati perintah Allah pada bagian tertentu tetapi pada bagian lain kita belum bisa melakukannya; bahkan yang mampu kita lakukan, masih belum sepenuhnya segenap hati. 

Contoh : 
Kita sangat mengasihi keluarga kita dengan sepenuh hati tetapi belum tentu bisa mengasihi orang lain segenap hati. 

Lukas 10:27 
"Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Perintah Allah : kita mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri itu sulit terjadi bila sesama itu bukan keluarga atau orang-orang tertentu. 

Kita tidak akan mampu mengasihi orang lain yang bukan dari keluarga kita; apalagi terhadap orang lain yang tidak kita sukai atau orang lain yang menyebalkan. 

Ada lagi perintah Allah mengenai sikap kita terhadap musuh kita. 

Matius 5:39 
Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. 

Dengan menggunakan kekuatan sendiri, pastilah tidak akan mampu tetapi bila kita memohon Tuhan memampukan kita memaafkan, mengampuni, musuh kita maka hal itu bisa terjadi; bahkan pada level iman tertentu, bisa mengasihi musuh seperti Stefanus (Kisah 7:54-60). 

Dan itu terlihat pada orang kaya tersebut ternyata ia tidak mau mengasihi orang lain seperti mengasihi dirinya sendiri ketika Yesus menyuruhnya menjual hartanya untuk diberikan kepada orang miskin (Markus 10:21). 

Perbuatan baik dilakukan orang kaya itu tidak dapat menyelamatkan dirinya tetapi sebatas membuat dirinya bisa hidup. 

Galatia 3:11-12 
Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: "Orang yang benar akan hidup oleh iman." Tetapi dasar hukum Taurat bukanlah iman, melainkan siapa yang melakukannya, akan hidup karenanya. 

Jadi jelaslah bahwa keselamatan dan kehidupan kekal itu adalah Anugerah Allah yang diberikan kepada kita karena iman percaya kita kepada Yesus Kristus

Perbuatan baik yang kita lakukan adalah wujud nyata dari iman kita. 

Oleh karena orang kaya itu mengklaim dirinya sudah mentaati perintah Allah maka Yesus mengatakan juallah segala yang engkau miliki, dengan maksud agar orang kaya itu melepaskan keterikatan dirinya pada harta yang dimiliki. 

Beroleh harta sorga itu adalah hasil dari perbuatan baik yang kita lakukan sesuai dengan yang dikehendaki Tuhan Allah. 

Tidak semua perbuatan baik itu Allah berkenan karena ada perbuatan baik untuk tujuan keuntungan diri sendiri. 

Misal : menjadi donatur itu adalah suatu perbuatan baik namun bila tujuan donatur untuk mempromosikan produk bisnis atau untuk mencari nama/popularitas atau untuk kepentingan pribadi lainnya maka perbuatan baik itu tidak berkenan bagi Allah tetapi berkenan bagi orang lain (baca Matius 6:1-4). 

Selanjutnya, 
Yesus mengatakan orang kaya sulit masuk ke dalam Kerajaan Allah. 

Markus 10:25 
Lebih mudah seekor unta melewati lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah. 

wow... kasihan sekali yach menjadi orang kaya itu ternyata berpotensi menjauhkan orang untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah, beroleh kehidupan kekal di sorga. 

Mengapa demikian? 

Pertama 
Kekayaan menyebabkan seseorang tidak membutuhkan Allah, tidak bergantung kepada Allah (Lukas 12:16-21). 

Wahyu 3:17a 
Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa... 

Kedua 
Kekayaan mengikat hati dan pikiran seseorang di sepanjang hidupnya. 

Matius 6:21 
Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. 

Ketiga 
Kekayaan berpotensi menjerumuskan seseorang berbuat dosa 

1 Timotius 6:9-10 
Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka. 

Ketiga hal ini menjadi peringatan bagi orang kaya dan bagi setiap orang agar tidak melakukannya melainkan lakukan perbuatan baik yang berkenan bagi Tuhan supaya beroleh hidup damai sejahtera selama hidup di dunia ini dan mendapat perkenan Tuhan mengAnugerahkan hidup kekal di Sorga. 

Mengapa orang kaya yang paling disorot Yesus? sebab orang kaya paling banyak terikat oleh hal-hal duniawi dan paling banyak yang tidak mau melepaskan keterikatan harta dan kesenangan dunia meskipun sudah tahu akan akibatnya yang menjauhkan dirinya dari Allah dan menyeret dirinya pada kematian kekal. 

Adalah suatu ironi bila ada orang miskin yang berbuat kejahatan kepada sesama karena tidak bisa menerima keadaan hidupnya dan juga karena kecewa/marah kepada Tuhan yang merasa membiarkan dirinya hidup dalam penderitaan. 

JADI, 

Pointnya adalah kesadaran diri kita untuk melepaskan segala yang mengikat diri kita yang menjauhkan kita dari Tuhan. 

Banyak hal yang mengikat diri kita dan bukan hanya uang dan harta dunia tetapi kekecewaan, kepahitan, kemarahan atau kesombongan, kekhawatiran, ketakutan, dendam, iri hati, penyakit rohani lainnya, hendaklah kita lepaskan, kita buang dari hati, pikiran, dan hidup kita. 

Ada banyak orang masih dendam sampai ia mati karena tidak mau melepaskannya meskipun sudah dinasehati dan tahu ada Firman Tuhan namun kekerasan hatinya membuat dirinya bersikap demikian. 

Semoga anda segera memutuskan untuk melepaskan segala hal yang mengikat hidupmu yang Tuhan tidak berkenan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

1 komentar:

Putry Amouy mengatakan...

JOIN NOW !!!
Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
BURUAN DAFTAR!
dewa-lotto.name
dewa-lotto.cc
dewa-lotto.vip

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com