Rabu, 09 Mei 2018

ROH KEBENARAN (BAGIAN-3)









Rabu, 9 Mei 2018 

KISAH 17:15,22-18:1  
MAZMUR 148:1-2,11-14 
YOHANES 16:12-15

Yohanes 16:13 
Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diriNya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengarNya itulah yang akan dikatakanNya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. 

Pada bagian ketiga ini, peranan penting Roh Kebenaran atau Roh Allah atau Roh Kudus akan memimpin kita kepada seluruh kebenaran dan memberitakan hal-hal yang akan datang. 

Ini sangat krusial dan harus diketahui oleh setiap orang percaya pada Yesus sebab kita sangat membutuhkanNya di sepanjang perjalanan hidup kita. 

Kita tidak dapat berjumpa langsung dengan Yesus maka Roh Kuduslah yang akan menuntun dan mengajarkan segala sesuatu tentang Yesus Kristus. 

Yohanes 16:14 
Roh Kebenaran akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari padaKu. 

Persoalannya adalah bagaimana kita tahu Roh Kudus berbicara kepada kita; apakah itu berupa nasehat, teguran, dan mengingatkan kita tidak berbuat dosa? 

Mungkin ada yang bingung, canggung pada segala hal berhubungan dengan Roh Kudus sebab umumnya sebagian orang lebih tahu tentang suara hati nurani. 

Ketika hendak berbuat dosa, biasanya detak jantung kita lebih kencang dan di hati nurani kita sepertinya mencegah agar tidak melakukan perbuatan dosa dan juga ada suara lain yang mendesak kita segera lakukan sehingga kita ragu-ragu. 

Suara hati nurani itu adalah Roh Kudus yang berbicara kepada roh kita. 
Suara lain yang mendesak itu adalah keinginan kedagingan kita yang telah tergiur oleh kenikmatan duniawi yang ditawarkan Iblis. 

Sehingga terjadilah perang antara suara hati nurani yang mau menuruti Roh Kudus dan suara Iblis mempengaruhi keinginan hawa nafau kedagingan kita. 

Yohanes 16:13 ini sangat penting sebab menentukan kemenangan suara hati nurani yang menuruti Roh Kudus atas hawa nafsu kedagingan yang menuruti keinginan Iblis yang mau hancurkan kita. 

Suara hati nurani atau suara Roh Kudus akan semakin peka kita dengar bila kita: 
1) seringkali menuruti suara hati nurani 
2) hidup doa dan saat teduh setiap hari 
3) pikiran dipenuhi oleh Firman Tuhan 

Suara Iblis biasanya ingin menguasai pikiran untuk merealisasikan keinginan kedagingan yang sudah terpikat lewat panca-indera kita

Tubuh jasmani manusia itu paling lemah sebab tidak mau menderita sehingga mudah sekali terikat oleh kesenangan dan kenikmatan duniawi. 

Bila pikiran manusia telah dikuasai maka pekerjaan Iblis lebih mudah merongrong dan mematikan iman kita. 

Pertempuran terjadi di dalam pikiran. 
Begitu pikiran takluk dan tunduk pada keinginan Iblis maka hati nurani kita akan terdesak meskipun Roh Kudus terus menerus mengingatkan kita agar tunduk kepada Tuhan dan KebenaranNya. 

Banyak orang tidak tahu akan hal ini dan seandainya tahu tetapi menyepelekan karena menganggap dirinya kuat dan mampu mengatasinya. 

Akibatnya, tanpa disadarinya, dirinya terjebak dikuasai dan terikat oleh belenggu dosa yang ditunggangi Iblis. 

Kesenangan dan kenikmatan duniawi itu adalah alat atau sarana untuk menjebak manusia masuk perangkap si Iblis. 

Tidak ada jalan lain kecuali kita mesti mengandalkan Roh Kudus agar hati nurani kita semakin peka dan mampu menundukkan pikiran dan keinginan kedagingan kita. 

Iman dibutuhkan untuk memperkuat roh agar mampu mengendalikan hati nurani dan jiwa (pikiran, perasaan, keinginan). 

Kita kudu mesti memahami pengetahuan ini agar kita tidak mudah goyah. 
Itu sebabnya Roh Kudus diutus untuk menyertai setiap orang percaya kepada Yesus. 

Oleh karena itu, biarkan Roh Kudus yang memimpin dan menguasai diri kita agar roh kita tunduk kepada Tuhan. 

Yakobus 4:7-8 
Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! 
Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! Dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati! 

Kesimpulannya : 

Hendaklah kita umat kristiani tidak ragu-ragu dan mau menerima Roh Kudus yang diutus Bapa sebab Roh Kudus menyertai dan menuntun kita kepada kebenaran dan meneguhkan iman percaya kita. 

Dengan demikian kita menjadi saksi Kristus, agar dunia atau orang dunia mau percaya kepada Yesus Kristus. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com