Kamis, 17 Mei 2018

DOA YESUS KEPADA MURID-MURIDNYA (BAGIAN-3)







Kamis, 17 Mei 2018 

KISAH 22:30,23:6-11 
MAZMUR 16:1-2,5,7-11 
YOHANES 17:20-26 

Yohanes 17:24 
Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepadaKu, agar mereka memandang kemuliaanKu yang telah Engkau berikan kepadaKu, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan. 

Tuhan Yesus, 
Tiada kata dapat menyatakan muliaNya KasihMu kepada kami umatmu yang percaya kepadaMu, sama seperti para Rasul, murid-muridMu percaya kepadaMu dan menerima FirmanMu. 

Saudara/i-ku dalam Yesus Kristus, 

Lembutkan hatimu, buangkan hati yang keras dan benteng-benteng di dalam pikiranmu yang menjauhkan engkau dari pengenalan akan Yesus Kristus yang amat begitu mengasihi kita dengan rela mengorbankan diriNya demi menebus dosa-dosa kita untuk menyelamatkan kita dari alam maut dan memberikan kita kehidupan yang kekal di Sorga. 

Benteng-benteng dalam pikiran itu berupa keangkuhan mengandalkan pengetahuan akal budimu mengklaim lebih hebat dari Tuhan dan kebenaranNya

Hendaklah engkau taklukkan benteng2 dalam pikiranmu dan tunduklah kepada pikiran Allah. 

2 Korintus 10:5 
Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. 
Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus. 

Orang Farisi dan orang Saduki adalah contoh orang-orang yang membentengi pikiran dan menutupi hati mereka dengan keangkuhan mengklaim kebenaran menurut pandangan dan pendapat mereka sendiri tanpa mau melihat Yesus menyatakan kebenaran Allah melalui perbuatan mukjizat dan pengajaranNya. 

Orang Saduki tidak percaya adanya kebangkitan badan sedangkan orang Farisi dan orang Yahudi tidak percaya Yesus adalah Mesias. 

Kisah 23:8 
Sebab orang-orang Saduki mengatakan, bahwa tidak ada kebangkitan dan tidak ada malaikat atau roh, tetapi orang-orang Farisi mengakui kedua-duanya. 

Yohanes 10:24, 33 
Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepadaNya: "Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami." 
Jawab orang-orang Yahudi itu: "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diriMu dengan Allah." 

Selanjutnya, 

Ketahuilah, saat kita menerima Yesus dengan tanda pembaptisan untuk menyatakan bahwa Roh Allah yakni Roh Kudus berdiam di dalam batin kita sehingga yang diperbaharui adalah roh kita dan hati kita. 

Yehezkiel 36:26-27 
Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. RohKu akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapanKu dan tetap berpegang pada peraturan-peraturanKu dan melakukannya. 

Sedangkan bagian yang harus kita lakukan adalah memperbaharui pikiran akal budi untuk mengenal, memahami, dan melakukan kehendak Allah. 

Roma 12:2 
Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. 

Untuk mengetahui kehendak Allah maka kita harus mengisi pikiran kita dengan Firman Allah supaya tidak mudah ditipu oleh Iblis yang berupaya menawan pikiran akan pengenalan Allah dan FirmanNya. 

2 Korintus 11:3 
Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya. 

Maka dari itu, 
Setelah kita percaya kepada Yesus dan menerima Firman Allah maka hendaknya kitapun memberitakan Injil kepada orang lain supaya mereka percaya pada Yesus. 

Dan memang seperti itulah yang Yesus doakan agar banyak orang selain para muridNya itu juga percaya kepadaNya. 

Yohanes 17:20 
Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepadaKu oleh pemberitaan mereka. 

Dan Yesus berdoa juga agar dimanapun Yesus berada maka kita yang percaya kepada Yesus akan bersama denganNya. 

Semoga kita semua umat kristiani ikut merasakan dan mengalami doa-doa Yesus kepada para murid-muridNya terjadi di dalan kehidupan kita; asalkan kita tetap bersatu dengan Yesus. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com