Rabu, 20 Juni 2018

JANGANLAH MENCARI PUJIAN ORANG LAIN










Rabu, 20 Juni 2018 

2 RAJA 2:1,6-14 
MAZMUR 31:20-21,24 
MATIUS 6:1-6,16-18 

Matius 6:1 
Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga. 

Kembali Yesus mengkritik orang Farisi cs menjalankan kewajiban agama Yahudi dengan tujuan pamer agar mendapatkan pujian dari orang lain. 

Dalam hal ini Yesus menyinggung hal : 
1) memberi sedekah (=donatur) 
2) sikap berdoa 
3) sikap berpuasa 
jangan bertujuan ingin dipuji orang lain !!! 
karena Bapa di Surga akan membalas bila dilakukan dengan tersembunyi yang tidak dilihat oleh seorangpun. 

Matius 6:3-4 
Jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. 
Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. 

Matius 6:6 
Jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. 

Matius 6:17-18 
Apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu, supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. 

Tidak perlu lagi penjelasan panjang-lebar sebab kita yang membaca/mendengar Firman Tuhan ini pasti mengerti, kecuali anda tidak setuju atau pura-pura bodoh tidak mengerti perkataan Yesus tentang bagaimana sikap seseorang saat berdoa, saat memberi sedekah, saat berpuasa. 

Tetapi anehnya masih banyak orang yang pengen dipuji ketika melakukan ketiga hal ini (sedekah/donatur, berdoa, berpuasa) padahal ia sudah tahu Firman Tuhan ini. 

Berarti orang ini tidak setuju atau belagak bodoh tidak mengerti Firman Tuhan ini sebab baginya mendapatkan pujian dari orang lain itu sangat menyenangkan dan dirinya bangga sekali : 

merasa diakui orang lain sebagai orang murah hati karena memberi sedekah atau sumbangan (=donatur). 

merasa dirinya diakui orang lain sebagai seorang yang taat kepada Tuhan karena sudah menjalankan kewajiban agama. 

Semoga anda yang masih butuh pujian orang lain, segera bertobat supaya Tuhan berkenan atas segala perbuatan baik yang telah anda lakukan. 

Jika tidak bertobat, maka anda akan menyesal di kemudian hari, bahkan anda akan kecewa dan marah kepada Tuhan karena tidak dihargai oleh Tuhan. 

Jangan sampai anda terkejut ternyata perbuatan baik dan pelayanan rohani yang anda telah lakukan selama ini justru mencelakakan diri anda karena anda merasa sudah benar menurut pendapat anda sendiri dan mengabaikan nasehat Tuhan yang berulangkali anda cuekin. 

Amsal 13:13 
Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan. 

Sekali lagi diingatkan segera bertobat, sebab jika tidak bertobat maka jangan sampai Firman Tuhan berikut ini terjadi. 

Matius 7:22 
Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi namaMu, dan mengusir setan demi namaMu, dan mengadakan banyak mujizat demi namaMu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari padaKu, kamu sekalian pembuat kejahatan! 

Ingatlah !!! 
Ketika kita memutuskan mengikuti Tuhan dengan melaksanakan setiap perintah/kehendak Tuhan maka taatilah. 

Matius 7:21 
Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan! Akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu yang di sorga. 

Jangan coba-coba mencari pujian orang lain sebab Tuhan tidak berkenan !!! 
Sebab Tuhan telah berSabda bahwa : 

Lukas 17:10 
Demikian jugalah kamu. Apabila kamu telah melakukan segala sesuatu yang ditugaskan kepadamu, hendaklah kamu berkata: Kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang kami harus lakukan. 

Artinya segala perbuatan baik yang kita lakukan itu, Tuhan sudah tahu dan akan membalasnya dengan berkatNya kepada kita tetapi asalkan kita tidak menuntut Tuhan memberikan upah balasan. 

Amsal 19:17 
Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi Tuhanyang akan membalas perbuatannya itu. 

Akhir kata, 

Tunduklah dan taatilah Tuhan dalam segala bidang kehidupan ini dan jangan sekali-kali memamerkan supaya dipuji orang lain. 

Sebaliknya kita hendaknya meninggikan Nama Tuhan supaya banyak orang tahu akan kebaikan Tuhan lewat perbuatan baik yang kita lakukan. 

Matius 5:16 
Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga

Kebiasaan buruk banyak dilakukan orang sehabis melakukan tugas pelayanan atau setelah melakukan perbuatan baik adalah haus akan pujian orang dan ingin nama dirinya dicantumkan supaya banyak orang tahu bahwa dirinya telah melakukan pelayanan rohani atau telah berbuat baik. 

Padahal semakin kita tidak dipuji orang lain setelah melakukan pelayanan rohani atau setelah berbuat baik maka anda jangan kecewa, apalagi mutung atau muntaber (=mundur tanpa berita) tetapi sebaliknya kita bergembira sebab Bapa di Surga tahu apa yang telah kita lakukan dan percayalah Amsal 19:17 digenapi di dalam diri kita. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com