Kamis, 31 Agustus 2017

BERJAGA-JAGALAH !!!









Kamis, 31 Agustus 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
1 TESALONIKA 3:7-13 

Rasul Paulus bersyukur kepada jemaat di Tesalonika dan mendoakan agar mereka semakin teguh berdiri di dalam Tuhan. 

Semoga Tuhan menguatkan hatimu agar tidak bercacat dan kudus di hadapan Allah dan Bapa pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 90:3-4.,12-14,17 

Ajarilah kami menghitung hari agar kami beroleh hati yang bijaksana sebab dimata Tuhan, seribu tahun seperti hari kemarin. 

Kenyangkan kami diwaktu pagi dengan kasih setiaMu supaya kami bersukacita semasa hari-hari kami. 

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 24:42-51 

Berjaga-jagalah sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. 
Berbahagialah hamba yang didapati tuan melakukan tugasnya saat tuan datang. 

Bagi hamba yang jahat  karena memukuli hamba lainnya dan makan-minum dengan pemabuk maka ketika tuannya datang pada hari yang tidak disangkanya akan membunuhnya dan senasib dengan orang munafik sebab disanalah terdapat ratap dan kertakan gigi. 

RENUNGAN HARI INI 

Injil hari ini mengenai : 
a) berjaga-jagalah, hari Tuhan datang? 
b) perumpamaan hamba yang setia dan 
     hamba yang jahat. 

Ada dua penafsiran tentang berjaga2lah: 
1) hari kiamat, Tuhan Yesus datang 
2) hari kematian kita 

Perumpamaan hamba yang setia dan hamba yang jahat, mengenai: 
1) tanggung-jawab atas tugas hamba 
2) sifat dan sikap seorang hamba 
3) penghargaan dan hukuman hamba 
    (reward and punishment) 

Setiap orang pasti tahu dan mengerti bahwa menjalani hidup ini hendaknya: 

Pertama 
Melakukan perbuatan baik dan menjauhi perbuatan jahat

Mikha 6:8 
"Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut Tuhan dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?" 

Yesaya 1:16 
Basuhlah, bersihkanlah dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mataKu. Berhentilah berbuat jahat, belajarlah berbuat baik. 

Kedua 
Melakukan perintah/kehendak Tuhan 

Yohanes 14:12 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. 

Matius 28:19-20 
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." 

Bacaan pertama hari ini Rasul Paulus berharap jemaat Tesalonika menguatkan hati dan menjaga kekudusan di hadapan Tuhan. 

Hal kekudusan merupakan bentuk nyata dari sikap berjaga-jagalah sebab dengan membersihkan hati dan pikiran kita dari pengaruh duniawi menjauhkan diri kita dari ketidak-kudusan. 

Berjaga-jagalah menunjukan sikap kita mempersiapkan diri terhadap segala bentuk serangan Iblis (=pencuri) yang bertujuan menghancurkan kita lewat godaan dan tawaran kenikmatan duniawi supaya kita masuk ke jurang alam maut yang menjauhkan kita dari keselamatan dan kehidupan kekal di Sorga. 

Yohanes 10:10a 
Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan..... 

Seperti yang dilakukan hamba yang jahat mengakibatkan dirinya dihukum Tuhan. 

Matius 24:50-51 
maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkakannya, dan pada saat yang tidak diketahuinya, dan akan membunuh dia dan membuat dia senasib dengan orang-orang munafik. Di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi

Memang realita hidup yang terjadi adalah suatu ironi dan tragedi umat manusia cenderung meremehkan/mengabaikan perintah Tuhan, seperti hamba yang jahat yang beranggapan tuannya tidak akan datang sehingga ia berbuat jahat. 

Matius 24:48-49 
Akan tetapi apabila hamba itu jahat dan berkata di dalam hatinya: Tuanku tidak datang-datang, lalu ia mulai memukul hamba-hamba lain, dan makan minum bersama-sama pemabuk-pemabuk. 

Lebih baik kita percaya bahwa hari-hari kedatangan Tuhan semakin dekat dan segera tiba agar kita menjalani hari-hari dengan menjaga sikap dan perbuatan kita

Sebab hari Tuhan tidak sama dengan hari yang kita jalani maka dari itu bijaksanalah menyikapi peringatan Tuhan supaya kita berjaga-jagalah atau bersiap-sedialah, waspadalah menjaga sikap, perilaku, dan perbuatan kita. 

Mazmur 90:3-4 
Engkau mengembalikan manusia kepada debu, dan berkata: "Kembalilah, hai anak-anak manusia!" Sebab di mataMu seribu tahun sama seperti hari kemarin, apabila berlalu, atau seperti suatu giliran jaga di waktu malam. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com