Selasa, 22 Agustus 2017

TUHAN MEMBERKATIMU










Selasa, 22 Agustus 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
HAKIM 6:11-24 

Malaikat Tuhan menampakan diri kepada Gideon dan berkata : Tuhan menyertai engkau dan pergilah selamatkan orang Israel dari cengkeraman orang Midian. 

Gideon tidak percaya Tuhan menyertai orang Israel dan meminta tanda supaya ia percaya. Gideon tidak yakin mampu memikul tugas berat menyelamatkan orang Israel. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 85:9,11-14 

Orang yang takut akan Tuhan dan setia kepadaNya memperoleh keselamatan dan hidupnya diberkati Tuhan. 

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 19:23-30 

Ada dua hal yang Yesus katakan kepada murid-muridNya yaitu : 

Pertama 
seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga. 

Kedua 
Setiap orang mengikuti Yesus dengan meninggalkan keluarga dan usahanya, akan menerima keblmbali seratus kali lipat dan akan memperoleh hidup kekal. 

RENUNGAN HARI INI 

Tahukan anda, menjadi orang kaya yang memiliki harta kekayaan dunia tidak sulit syaratnya tunduk menyembah Iblis  

Mari kita baca perikop pencobaan di padang gurun yang dialami Yesus. 

Matius 4:8-9 
Iblis membawa Yesus ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepadaNya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, dan berkata kepadaNya: "Semua itu akan kuberikan kepadaMu, jika Engkau sujud menyembah aku.

Iblis sanggup memberikan kemegahan dunia kepada siapa saja yang mau tunduk sujud menyembahnya. 

Tak usah heran bila kita saksikan banyak orang kaya di dunia ini bahkan super kaya yang hidupnya terbenam dalam kekayaan karena hati dan pikirannya dikuasai oleh hawa nafsu kedagingan. 

Ingatkan firman Tuhan dibawah ini yang mengatakan : upah dosa adalah maut (Roma 6:23a). 

Kita kudu waspada terhadap keinginan kedagingan kita yang menyeret kita ke dalam lumpur dosa. 

Yakobus 1:14-15 
Tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut. 

Hendaknya kita memahami kebenaran Firman Tuhan ini supaya kita tidak terbuai kekayaan dunia sehingga kita lupa bahwa Berkat Tuhan jauh lebih sempurna dan menyelamatkan daripada berkat dunia. 

Memiliki harta kekayaan dunia tidak salah tetapi waspadalah biasanya harta dunia memikat hati dan menguasai hati kita sehingga menjadikan harta dunia sebagai sesuatu paling berharga bagi kita yang melebihi dari harta surga. 
(baca Yakobus 5:1-6). 

Sebab kita lebih memilih mengumpulkan harta dunia daripada harta surga padahal Yesus sudah mengingatkan bahwa harta dunia banyak ngengatnya dan pencuri. 

Matius 6:19-20 
Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. 

Itu sebabnya Yesus mengatakan orang kaya sukar masuk dalam Kerajaan Sorga. 

Matius 23-24 
Yesus berkata kepada murid-muridNya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sukar sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah."  

Bukan hanya orang kaya yang waspada terhadap harta dunia tetapi orang miskin atau orang tidak kaya harus waspada. 

Terkadang orang miskin mau melepaskan diri dari kemiskinannya dengan mencuri atau melakukan kejahatan demi uang untuk keperluan hidupnya. 

Padahal Tuhan memberkati setiap orang yang berharap kepadaNya dan hidupnya berkenan bagiNya. 

Bagian kita adalah menjalani hidup yang berkenan di mata Tuhan yaitu hidup di jalan kebenaran Tuhan. 

Selanjutnya bacaan Injil mengenai Petrus bertanya kepada Yesus bahwa mereka murid Yesus akan memperoleh apa setelah mengikuti Yesus? 

Matius 19:27 
Petrus menjawab dan berkata kepada Yesus: "Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau; jadi apakah yang akan kami peroleh?" 

Kitapun sering berharap dapat balasan dari Tuhan atas apa yang kita lakukan telah menuruti perintah Tuhan. 

Yesus tahu pengharapan murid-muridNya dan IA katakan bahwa : 

Matius 19:29 
Dan setiap orang yang karena namaKu meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali seratus kali lipat dan akan memperoleh hidup yang kekal. 

Jelaslah, 

Mengikuti Yesus membawa kita kepada keselamatan dan memperoleh hidup kekal namun sayangnya masih banyak tidak mempercayai perkataan Yesus. 

Masih memilih harta kekayaan dunia sebagai tujuan utama hidupnya padahal Yesus sudah katakan akan memberkati setiap orang percaya kepadaNya dengan seratuskali lipat dari segala sesuatu yang dilepaskan karena mengikuti Yesus. 

Rasul Paulus bersaksi tentang hidupnya setelah mengikuti Yesus dan tinggalkan segala sesuatu yang dimiliki sebelumnya. 

Filipi 3:7-8 
Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus 

Mengapa masih saja ada orang mengejar kekayaan dunia dan kenikmatan duniawi, tidak percayakah harta surgawi dan hidup kekal di Sorga, jauh lebih berharga dan amat sangat berarti dalam hidupmu? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com