Senin, 28 Agustus 2017

SIKAP MUNAFIK







Senin, 28 Agustus 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
1 TESALONIKA 1:2b-5,8b-10 

Paulus memuji jemaat Tesalonika yang telah berbalik dan mempercayai Tuhan, dengan meninggalkan penyembahan berhala yang di lakukan di masa lalu. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 149:1-6a,9b

Tuhan berkenan kepada umatNya dan memahkotai orang-orang yang rendah hati dengan keselamatan. 

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 23:13-22 

Yesus mengecam orang Farisi dan ahli Taurat atas kemunafikan mereka. 

Banyak hal disampaikan Yesus dengan menegor sangat keras dan perkataan Yesus sangat tajam yaitu dengan berkata celakalah kamu, hai orang farisi dan ahli Taurat ...... 

RENUNGAN HARI INI 

Yesus menegur sangat keras orang Farisi dan ahli Taurat dengan kata-kata tajam yaitu : hai orang munafik !!! 

Mereka berulangkali ditegur tetapi tidak mengindahkan nasehat Yesus sebab hati mereka begitu bebalnya, seperti bangsa Israel pada umumnya tegar tengkuk. 

Pertanyaannya adalah : 
Mengapa orang Farisi dan ahli Taurat tidak suka keoada Yesus dan begitu keras upaya mereka hendak menyingkirkan Yesus hingga hendak membunuh Yesus? 

Ada dua faktor utama penyebabnya yaitu: 

Pertama 
Kedudukan mereka sebagai pemuka agama Yahudi merasa terancam oleh ajaran Yesus yang menarik perhatian masyarakat Yahudi. 

Kedua 
Mereka iri hati melihat Yesus memiliki kuasa Ilahi sehingga mampu melakukan banyak mukjizat. 

Biasalah, sikap penguasa pemegang kekuasaan cenderung arogan, merasa diri mereka paling benar dan menetapkan peraturan berlaku bagi orang lain dan tak berlaku bagi dirinya atau kelompoknya. 

Orang Farisi dan ahli Taurat sebagai pemuka agama Yahudi memiliki kuasa dalam bidang agama, bahkan mereka bertindak sebagai hakim menentukan suatu kebenaran. 

Mereka menetapkan peraturan tentang hukum Taurat yang wajib dilakukan oleh masyarakat Yahudi tetapi peraturan itu tidak wajib bagi mereka lakukan. 

Tidak heran Yesus menegur keras sikap kemunafikan mereka. 

Matius 23:13 
Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, karena kamu menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk. 

Penguasa cenderung berbuat semaunya menekan orang lain dan berlaku tidak adil serta berbuat jahat untuk kepentingan dirinya dan kelompoknya. 

Hal ini juga Yesus menegur mereka. 
Matius 23:14 
Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu menelan rumah janda-janda sedang kamu mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Sebab itu kamu pasti akan menerima hukuman yang lebih berat. 

Pertanyaan berikutnya : 
Mengapa ada orang bersikap munafik? 

Pada umumnya sikap orang munafik berusaha menutupi kekurangan atau kelemahan dirinya dengan berlindung di balik peraturan dan menampilkan diri sebagai pembela peraturan padahal tujuannya untuk kepentingan diri sendiri. 

Sikap tidak jujur berusaha menutupi diri dari keadaan sebenarnya sedangkan sikap munafik lebih jahat yaitu menekan orang lain dengan menonjolkan dirinya taat kepada peraturan. 

Sikap orang munafik bisa berubah-ubah menyesuaikan situasi terjadi saat itu dan sulit ditemukan kemunafikannya sebab pandai sekali menutupi kelemahan dirinya dan baru akan ketahuan kemunafikannya dari hasil perbuatannya di kemudian hari. 

Orang munafik adalah pemain sandiwara yang hebat karena pandai berakting dan pandai mengelabui orang. 

Itu sebabnya Yesus mewanti-wanti kita agar waspada terhadap ragi orang farisi. 
Markus 8:15 
Yesus memperingatkan mereka, kataNya: "Berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang Farisi dan ragi Herodes." 

Semoga kita mampu menguasai diri dari suatu keinginan bermegah diri supaya terhindar dari sikap munafik yang akan merusak kepribadian kita sebagai orang beriman kristiani. 
Bersikaplah jujur dan rendah hati supaya hati kita bersih dari sikap kemunafikan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com