Sabtu, 12 Agustus 2017

TUNDUK DAN TAAT KEPADA TUHAN (BAGIAN-3)










Sabtu, 12 Agustus 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
ULANGAN 6:4-13 

Musa berkata kepada umat Israel : 
KasihilahTuhan Allahmu dengan segenap hati, segenap jiwa dan kekuatanmu. 

Apa yang kuperintahkan kepadamu hari ini harus engkau perhatikan dan ajarkan pada anak-anakmu dan tuliskan di tiang pintu rumahmu dan pintu gerbangmu. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 18:2-4,47,51 

Terpujilah Engkau Tuhanku, penyelamatku perlindunganku dan kasih setiaNya kepada orang yang diurapiNya. 

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 17:14-20 

Yesus menyembuhkan orang sakit ayan setelah murid-muridNya tidak mampu menyembuhkan orang sakit ayan. 

Ketika murid-murid bertanya pada Yesus maka kata Yesus: 

Matius 17:19-20 
Kemudian murid-murid Yesus datang dan ketika mereka sendirian dengan Dia, bertanyalah mereka: "Mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?" Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, — maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu. 

RENUNGAN HARI INI 

Musa berpesan kepada bangsa Israel untuk tunduk dan taat kepada Tuhan melakukan segala ketetapan dan perintah Tuhan dan hal ini diteruskan sampai kepada anak cucu. 

Ketaatan/kepatuhan itu penting untuk menunjukan kepercayaan kita berserah dan bergantung penuh kepada Tuhan. 

Hanya berserah kepada Tuhan maka kita tidak gentar menghadapi tantangan hidup dan pencobaan hidup sebab kita yakin dan percaya kepada Tuhan yang pasti akan menolong dan memberkati kita. 

Adalah sangat bodoh sekali jika masih meragukan kasih Tuhan kepada kita. 
Masalah hidup seringkali dipakai Tuhan untuk melihat seberapa dalam ketaatan kita berserah kepadaNya dan seberapa tulus penundukkan diri kita kepadaNya

Maleakhi 4:2 
Kamu yang takut akan namaKu, bagimu akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya. Kamu akan keluar dan berjingkrak-jingkrak seperti anak lembu lepas kandang. 

Kunci utama untuk tunduk dan taat adalah percaya dan yakin kepada Tuhan dalam segala situasi hidup kita. 

Keyakinan dan kepercayaan kepada Tuhan hendaknya tidak berubah seperti musim atau cuaca yang selalu berubah. 

Kepada Tuhan, 
Sekali percaya tetap percaya 
Sekali tunduk dan taat, hendaknya tetap tunduk dan taat selamanya. 

Memang adakalanya kita jatuh tetapi ayo segera bangkit kembali. 
Bila saat ini berada dalam kesesakan hidup atau berada dalam kegelapan maka berjuanglah tetap percaya kepada Tuhan yaitu tetap tunduk dan setia kepadaNya. 

Murid-murid Yesus juga mengalami saat yang tidak enak dalam hidupnya sebab mereka harus berjuang setelah Yesus pergi meninggalkan mereka. 

Bagaimana mereka diintimidasi, diancam, dianiaya bahkan mati dibunuh oleh orang yang tidak percaya kepada Yesus tetapi mereka rela kehilangan nyawa demi Yesus, demi keyakinan iman mereka. 

Injil hari ini Yesus menegur murid-murid karena kurang percaya sehingga mereka tidak berhasil mengusir setan di dalam diri seorang anak yang sakit ayan. 

Matius 17:19-20 
Kemudian murid-murid Yesus datang dan ketika mereka sendirian dengan Dia, bertanyalah mereka: "Mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?"  
Yesus berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, — maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu. 

Jadi jelaslah kita kudu mesti yakin dan percaya kepada Tuhan maka kita akan tunduk dan taat kepada Tuhan selamanya sampai kita mati meninggalkan dunia ini. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com