Jumat, 11 Agustus 2017

TUNDUK DAN TAAT KEPADA TUHAN (BAGIAN-2)

Jumat, 11 Agustus 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
ULANGAN 4:32-40 

Musa berkata pada bangsanya di padang gurun bahwa hendaknya mereka tetap berpegang teguh pada ketetapan dan perintah Allah supaya hidup selamanya di tanah yang diberikan Tuhan kepadamu. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 77:12-16,21 

Mazmur ini hendak mengingat perbuatan dan keajaiban Tuhan serta merenungkan kebaikan Tuhan sejak jaman purbakala. 

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 16:24-28 

Tuhan membalas setiap orang setimpal dengan perbuatannya maka dari itu setiap orang yang mau mengikutiNya harus menyangkal diri, memikul salibnya dan mengikuti Aku. 

RENUNGAN HARI INI 

Sangkuli (=sangkal diri, pikul salib, ikut Yesus) merupakan standar baku bagi orang beriman kepada Yesus Kristus. 

Matius 16:24 
Yesus berkata kepada murid-muridNya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku." 

Pertanyaannya adalah : 
apakah setiap umat kristiani tunduk kepada Yesus dan taat menjalankan sangkuli? 

Silahkan anda menjawabnya dan katakan kepada Yesus sebab anda tidak dapat membohongi Yesus seperti pada sesama atas pernyataan ketaatan anda dan tunduk kepada Yesus. 

Kita harus berjuang keras mengalahkan keegoisan keinginan kedagingan kita agar menjalani hidup berdasarkan sangkuli sebagai pedoman hidup. 

Musa memperingatkan bangsa Israel agar berpegang teguh pada ketetapan dan perintah Tuhan supaya mereka dapat hidup di tanah perjanjian yakni Kanaan. 

Kitapun demikian, dengan berpegang teguh pada sangkuli maka kita beroleh hidup kekal di Sorga

Bedanya bangsa Israel dijanjikan Tuhan beroleh negeri Kanaan yang dikatakan berlimpah susu dan madu. 

Keluaran 6:1,7 
Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Akulah Tuhan. Dan Aku akan membawa kamu ke negeri yang dengan sumpah telah Kujanjikan memberikannya kepada Abraham, Ishak dan Yakub, dan Aku akan memberikannya kepadamu untuk menjadi milikmu; Akulah Tuhan.

Sedangkan kita umat kristiani di jaman Perjanjian Baru, bukan tanah/negeri di bumi ini yang Tuhan janjikan tetapi di Sorga beroleh hidup yang kekal. 

Yohanes 14:2-3 
Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada

Realitanya

Bangsa Israel tidak tunduk dan tidak taat kepada Tuhan sehingga akibatnya mereka berkelana di padang gurun 40 tahun dan tragisnya seluruh generasi bangsa Israel yang keluar dari Mesir tidak dapat masuk ke tanah Kanaan karena mereka mati. 

Yosua 5:6 
Sebab empat puluh tahun lamanya orang Israel itu berjalan melalui padang gurun, sampai habis mati seluruh bangsa itu, yakni prajurit yang keluar dari Mesir, yang tidak mendengarkan firman Tuhan. Kepada mereka itu Tuhan telah bersumpah, bahwa Ia tidak akan mengizinkan mereka melihat negeri yang dijanjikan Tuhan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya 

Demikian juga kita umat kristiani di jaman sekarang ini jika tidak tunduk dan taat kepada Tuhan maka nasib kita akan sama dengan bangsa Israel yaitu mati dan tidak masuk ke Sorga alias tidak beroleh hidup kekal yang dijanjikan Yesus. 

Seringkali banyak orang mengabaikan dan menganggap enteng firman Tuhan karena tidak mau tunduk dan taat pada Tuhan ... menyesal di kemudian hari saat meninggalkan dunia ini percuma sebab tidak ada lagi kesempatan bertobat untuk tunduk dan taat kepada Tuhan. 

Amsal 13:13 
Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan. 

Salasatu pedoman hidup umat kristiani adalah sangkuli; sangkal diri, pikul salib, untuk mengikuti Yesus artinya mesti mau menundukkan diri dihadapan Tuhan. 

Tiduk cukup tunduk kepada Tuhan jika tidak taat setia sampai mati menjalani hidup di dalam kebenaran Tuhan. 

Keputusan tunduk dan taat atau tidak tunduk dan tidak taat kepada Tuhan akan menentukan apakah kita memilih Sorga ataukah memilih dunia untuk kehidupan kita setelah mati nanti. 

Matius 16:26 
Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? 

Matius 16:27 
Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan BapaNya diiringi malaikat-malaikatNya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya. 

Silahkan memilih dan tentukan keputusan segera; kehidupan kekal di Sorga ataukah kehidupan di dunia ini saja? 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com