Senin, 02 Oktober 2017

MALAIKAT PELINDUNG










Senin, 2 Oktober 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KELUARAN 23:20-23a 

Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. 

Jagalah dirimu di hadapannya dan dengarkanlah perkataannya, janganlah engkau mendurhaka kepadanya, sebab pelanggaranmu tidak akan diampuninya, sebab namaKu ada di dalam dia. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 91:1-6,10-11 

Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada Tuhan: "Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai." 

Malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu; sebab malaikat-malaikatNya akan diperintahkanNya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu

C. BACAAN INJIL 
MATIUS 18;:1-5,10 

Yesus berkata : jika kamu tidak bertobat serta tidak merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini maka kamu tidak akan masuk Kerajaan Sorga. 

Barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam namaKu maka ia menyambut Aku. 

Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah BapaKu yang di sorga. 

RENUNGAN HARI INI 

Tuhan Allah mengutus malaikat untuk melindungi kita dari serangan musuh kita yakni Iblis dan konco-konconya. 

Efesus 6:11-12 
Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. 

Yakobus 4:6 
Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!  

Darimana kita tahu ada malaikat yang melindungi kita? tentu saja dari Firman Tuhan tertulis di kitabsuci/Alkitab. 

Memang masih ada umat kristiani yang tidak percaya ada malaikat pelindung sebab mereka tidak membaca kitabsuci. 

Mazmur 91:11-12 
sebab malaikat-malaikatNya akan diperintahkanNya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu. Mereka akan menatang engkau di atas tangannya, supaya kakimu jangan terantuk kepada batu. 

Luarbiasa yach kebaikan Tuhan Allah. 
Dan ini suatu bukti nyata bahwa Tuhan sangat mengasihi kita manusia. 

Tidak salah, Gereja Katolik menghormati malaikat dan memperingatinya hari ini sebagai peringatan wajib para malaikat pelindung. 

Pertanyaannya adalah apa bedanya peranan malaikat dan Roh Kudus? 

Mari kita telusuri Firman Tuhan. 

Roma 14:16-17 
Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. 

Berarti Roh Kebenaran atau Roh Kudus adalah penolong, demikian juga malaikat adalah penolong dalam Mazmur 91:10-12 dan Keluaran 23:20-23. 

Malaikat diciptakan Allah sedangkan Roh Kudus adalah Roh Allah dan merupakan Allah Tritunggal. 

Ibrani 1:6-7 
Ketika Ia membawa pula AnakNya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia." Dan tentang malaikat-malaikat Ia berkata: "Yang membuat malaikat-malaikatNya menjadi badai dan pelayan-pelayanNya menjadi nyala api." 

Di jaman Perjanjian Lama, peranan dari malaikat sebagai utusan Allah yang menyuarakan Kehendak Allah dan untuk melindungi bangsa Israel. 

Di jaman Perjanjian Baru, peranan dari Roh Kudus adalah : 

Roma 8:26 
Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. 

Yohanes 15:26 
tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. 

Dalam buku Fundamentals of Catholic Dogma, oleh Dr. Ludwig Ott (p. 120), dikatakan tentang peranan para malaikat yang baik, yaitu: 

Pertama 
Tugas utama para malaikat yang baik ini adalah memuliakan dan melayani Tuhan. 

Kedua 
Tugas sekunder dari para malaikat yang baik adalah melindungi manusia dan memperhatikan keselamatannya. 

Ketiga 
Setiap umat beriman mempunyai malaikat pelindung yang khusus sejak Baptisan. 

Menurut ajaran Gereja Katolik, 
kita boleh memohon kepada malaikat pelindung untuk mendoakan kita; namun tidak lebih dari itu. 
Sama seperti kita memohon agar para orang kudus mendoakan kita. 

Kita tidak boleh mengutamakan berdoa kepada para malaikat dan orang kudus atau berdevosi kepada Bunda Maria; melebihi doa kita kepada Tuhan Yesus. 

Sebab Tuhan Yesuslah sumber iman kita sedangkan malaikat, bunda Maria, atau orang kudus, sebatas mendoakan kita. 

Berdoa kepada Yesus adalah hal utama yang kita lakukan dan berdoa atau devosi lainnya tidak dapat menggantikan doa kita lepada Yesus. 

Sebab Yesus-lah pengantara kita dengan Bapa di Sorga dan Yesus-lah Pendamai bagi kita manusia dengan Allah. 

Kolose 1:20 
oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diriNya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus. 

Malaikat adalah salahsatu utusan Allah untuk melindungi dan menolong kita. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com