Sabtu, 07 Oktober 2017

PERINGATAN BAGI ORANG PINTAR DAN ORANG BIJAK









Sabtu, 7 Oktober 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
BARUKH 4:5-12,27-29 

Keluhan bangsa Israel dijajah bangsa lain sehingga kehilangan anak lelaki dan anak perempuan. 

Mereka berharap dan berseru kepada Allah dan berharap agar dibebaskan dari penderitaan. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 69:33-37 

Tuhan mendengarkan orang miskin dan tidak memandang hina orang dalam tahanan. 

Sebab Allah akan menyelamatkan Sion dan membangun kota-kota Yehuda, supaya orang-orang diam di sana dan memilikinya; anak cucu hamba-hambaNya akan mewarisinya, dan orang-orang yang mencintai namaNya akan diam di situ. 

C. BACAAN INJIL 
LUKAS 10:17-24 

Pertama 
Yesus menasehati ke 70 murid agar mereka tidak bersukacita karena setan takluk kepada mereka demi nama Yesus tetapi bersukacitalah sebab namamu ada terdaftar di sorga. 

Kedua 
Yesus bersyukur kepada Bapa karena berkenan kepada orang kecil dan menyembunyikan segala sesuatu bagi orang pandai dan orang bijak. 

Ketiga 
Semua telah diserahkan kepadaKu oleh BapaKu dan tidak ada seorangpun yang tahu siapakah Anak selain Bapa, dan siapakah Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakan hal itu. 

Keempat 
Yesus kepada murid-muridNya tersendiri dan berkata: "Berbahagialah mata yang melihat apa yang kamu lihat. Karena Aku berkata kepada kamu: Banyak nabi dan raja ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya." 

RENUNGAN HARI INI 

Bacaan Injil hari ini mengenai dua perikop yakni tentang kembalinya ke-70 murid yang diutus Yesus serta ucapan syukur dan bahagia. 

Ke-70 murid melaporkan hasil perutusan pada Yesus dan mereka gembira ternyata roh jahat/setan tunduk kepada mereka. 

Lukas 10:17 
Kemudian ketujuh puluh murid itu kembali dengan gembira dan berkata: 
"Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi namaMu."  

Yesus mengingatkan agar mereka tidak bergembira terlebih dahulu sebab yang terutama adalah nama mereka terdaftar di sorga. 

Lukas 10:20 
Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga. 

Kemudian, dikatakan Yesus bergembira dalam Roh Kudus dan berkata : 

Lukas 10:21 
Pada waktu itu juga bergembiralah Yesus dalam Roh Kudus dan berkata: 
"Aku bersyukur kepadaMu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepadaMu." 

Mengapa Yesus mengatakan demikian? 

Pada umumnya orang pintar dan orang bijak merasa pengetahuan akalbudinya hebat sehingga kepercayaan dirinya tinggi dan tidak merasa penting menerima masukan orang lain. 

Tidak semua orang pandai itu sombong dan merasa diri hebat namun cenderung bersikap demikian. 

Dan tidak salah bila Yesus katakan kepada orang pintar dan orang bijak hal Kerajaan Allah itu tersembunyi bagi mereka sedangkan kepada orang kecil; maksudnya orang yang mau menerima masukan orang lain; dalam hal ini hal Kerajaan Allah dinyatakan kepadanya. 

Pengetahuan rohani mengenai ajaran Yesus / Firman Tuhan lainnya, bukanlah hal utama yang mereka perlukan dan itu terlihat mereka jarang sekali mengikuti seminar rohani tetapi sangat antusias sekali mengikuti seminar duniawi, misal: seminar tentang memaximalkan profit taking dan bagaimana strategi marketing 

Di jaman Yesus, 
Kalangan dari orang farisi, ahli taurat, kaum tua Yahudi mengklaim diri mereka memahami hukum taurat dan bertindak sebagai penguasa di bidang agama yang mengawasi penerapan hukum taurat. 

Mereka tidak suka atau menentang Yesus sebab merasa lebih suci dan lebih hebat dari Yesus sehingga merasa menuduh ajaran Yesus adalah sesat dan harus dihentikan, bahkan disingkirkan/dibunuh. 

J A D I 

Ada tiga point menjadi pelajaran bagi kita untuk direnungkan dan mengambil hikmat dari bacaan hari ini. 

Pertama 
Bersedia diutus Tuhan untuk beritakan Kerajaan Allah dan melakukan pelayanan 

Kedua 
Jadilah orang kecil yang mau menerima segala hal yang dinyatakan Tuhan dengan rendah hati dan tidak sombong 

Ketiga 
Setialah hidup dalam kebenaran Tuhan supaya kita tiba di rumah Bapa di Sorga 

Ketiga hal ini hendaknya menjadi motto hidup kita agar supaya senantiasa tekun di dalam Tuhan dan di dalam melakukan tugas perutusan dan pelayanan. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com