Sabtu, 18 November 2017

KEDATANGAN YESUS KEMBALI







Jumat, 17 November 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
KEBIJAKSANAAN 13:1-9 

Sungguh bodoh semua orang yang tidak mengenal Allah samasekali sebab hanya terpesona keindahan dunia tetapi tidak mengenal Penciptanya. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
MAZMUR 19:2-5 

Tidak ada berita dan tidak ada kata, suara mereka tidak terdengar; tetapi gema mereka terpencar ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi. Ia memasang kemah di langit untuk matahari. 

C. BACAAN INJIL 
LUKAS 17:26-37 

Yesus menjelaskan tanda-tanda lahiriah kedatangan Anak Manusia menyatakan diriNya, seperti terjadi pada jaman Nuh, dan hujan belerang atas Sodom Gomora. 

Barangsiapa memelihara nyawanya maka ia akan kehilangan nyawanya dan barangsiapa kehilangan nyawa maka ia akan menyelamatkannya. 

RENUNGAN HARI INI 

Sekarang ini masih terdengar orang bertanya kapan kedatangan Yesus kembali ke dunia seperti orang Farisi. 

Lukas 17:20-21 
Atas pertanyaan orang-orang Farisi, apabila Kerajaan Allah akan datang, Yesus menjawab, kataNya: 
"Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah, juga orang tidak dapat mengatakan: Lihat, ia ada di sini atau ia ada di sana! Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu." 

Mengapa demikian? 

Dari sisi positif
Orang ingin tahu kapan persisnya waktu kedatangan Yesus untuk persiapan diri

Bayangkan seandainya kita tahu sebulan lagi Yesus datang; tentunya berusaha menyenangkan hati Yesus dengan cara menuruti SabdaNya. 

Misalnya :  bagi-bagi harta kekayaan kepada orang miskin, mengampuni kesalahan orang lain, aktif pelayanan rohani, dan melakukan perbuatan baik lainnya yang sebelumnya sudah tahu tapi "tidak sempat" dilakukan ! 

Dari sisi negatif 
Tidak yakin atau tidak peduli Yesus datang ke dunia untuk kedua-kalinya

Jangan dikira semua orang kristiani peduli akan kedatangan Yesus kembali sebab sedang sibuk mengumpulkan harta dunia dan menikmati kesenangan dunia. 

Selanjutnya
Sudah banyak ahli teologi menafsirkan kapan Yesus kembali ke dunia? 

Padahal sesungguhnya kita tidak perlu fokus pada hari kedatangan Yesus sebab sudah ada dikatakan Yesus bahwa: 

Markus 13:32 
Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja. 

Kita diminta untuk berjaga-jaga seraya mempersiapkan diri agar tiba hari itu kita mempertanggung-jawabkan perbuatan di hadapan Allah. 

Markus 13:33 
Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! 
Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba

Seharusnya setiap orang percaya kepada Yesus mengetahui hal ini. 
Masalahnya kebanyakan orang tidak peduli atau bisa jadi mengulur waktu sebab masih lama disangkanya padahal Yesus bilang kapan saja akan tiba hari itu 

Cara untuk mengetahui apakah diri kita sudah berjaga-jaga dan mempersiapkan diri menjelang kedatangan Yesus adalah: 

Pertama 
Apakah kita masih sibuk mencari uang dan mengumpulkan harta dunia? 

Matius 6:19-21 
Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. 

Kedua 
Apakah kita mengandalkan pengertian sendiri dalam memahami hidup rohani dan tidak bersandar pada Firman Tuhan? 

Amsal 3:5-7 
Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan Tuhan dan jauhilah kejahatan. 

Ketiga 
Apakah kita sering mengkritik setiap pengajaran rohani dan kegiatan gereja? 

2 Timotius 4:3 
Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. 

Keempat 
Apakah waktu kita sangat sedikit atau hampir tidak pernah berdoa, membaca Firman Tuhan, saat teduh dengan Tuhan?

Yohanes 4:23-24 
Saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. 
Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembahNya dalam roh dan kebenaran. 

Kelima 
Apakah kita pergi ke gereja seminggu sekali sebagai kewajiban belaka dan tidak fokus mengikuti misa ekaristi? 

Ibrani 10:25 
Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat. 

Keenam 
Apakah kita tidak tertarik terlibat dalam pelayanan rohani dan tugas perutusan sebagai umat kristiani? 

Yohanes 14:12 
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepadaKu, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa. 

Ketujuh 
Apakah kita jarang sekali atau bahkan samasekali tidak melakukan perbuatan baik kepada orang lain selain untuk keluarga dan untuk tujuan bisnis? 

Mikha 6:8 
"Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut Tuhan dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?" 

Kedelapan 
Apakah kita merindukan Tuhan selain meminta BerkatNya? 

Mazmur 84:11 
Lebih baik satu hari di pelataranMu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik. 

Kesembilan 
Apakah kita takut menghadapi kematian yang pasti terjadi karena tidak yakin ada kehidupan kekal di Surga? 

Yohanes 14:2-3 
Di rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempatKu, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. 

Kesepuluh 
Apakah kita percaya dan yakin bahwa Yesus pasti datang kembali ke dunia? 

 1 Tesalonika 4:16-17 
Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. 

JADI

Tanda-tanda lahiriah sudah nampak jelas akan tiba hari kedatangan Yesus namun persisnya kapan, kita tidak tahu. 

Beberapa ahli teologi bersandar pada pengertian sendiri sehingga salah memprediksi hari kedatangan Yesus sebab mereka mengabaikan kebenaran Firman Tuhan yang mengatakan bahwa: 

2 Petrus 3:8-9 
Saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari. Tuhan tidak lalai menepati janjiNya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat. 

Mengapa mesti sibuk menebak kapan harinya tiba? bukankah lebih baik kita mempersiapkan diri dan intropeksi diri serta perbaiki diri agar kita hidup sesuai dengan kehendak Tuhan karena kita berjalan di jalan kebenaran dan kehidupan seperti Yesus katakan (Yohanes 14:6). 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com