Kamis, 30 November 2017

MENGHADAPI PENGANIAYAAN








Rabu, 29 November 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
DANIEL 5:1-6,13-17,23-28 

Raja Belsyazar memanggil Daniel perihal ia melihat ada jari tangan yang menulis pada dinding istana raja. 

Daniel 6;23 
Tuanku meninggikan diri terhadap Yang Berkuasa di sorga: perkakas dari BaitNya dibawa orang kepada tuanku, lalu tuanku serta para pembesar tuanku, para isteri dan para gundik tuanku telah minum anggur dari perkakas itu; tuanku telah memuji-muji dewa-dewa dari perak dan emas, dari tembaga, besi, kayu dan batu, yang tidak dapat melihat atau mendengar atau mengetahui, dan tidak tuanku muliakan Allah, yang menggenggam nafas tuanku dan menentukan segala jalan tuanku. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
DANIEL 3:62-67 

Pujian kepada Allah menciptakan langit, bintang, bulan untuk selamnya. 

C. BACAAN INJIL 
LUKAS 21:12-19 

Yesus memperingatkan muridNya bahwa akan terjadi penganiayaan karena iman percaya mereka kepadaNya. 

Tetapi percayalah pada Tuhan sebab IA tak akan membiarkan kamu dibenci orang karena Aku. 

Jikalau kamu tetap bertahan maka kamu akan memperoleh hidpmu. 

RENUNGAN HARI INI 

Sebelumnya Yesus memperingatkan agar muridNya waspada terhadap penyesatan dan hari ini bagaimana menghadapi penganiayaan yang akan terjadi. 

Ada tiga hal bentuk penganiayaan yang akan terjadi, yaitu : 

Pertama 
Penganiayaan disebabkan melakukan pelayanan dan tugas perutusan rohani 

Lukas 21:12 
Tetapi sebelum semuanya itu kamu akan ditangkap dan dianiaya; kamu akan diserahkan ke rumah-rumah ibadat dan penjara-penjara, dan kamu akan dihadapkan kepada raja-raja dan penguasa-penguasa oleh karena namaKu. 

Contoh paling nyata adalah para nabi di jaman Perjanjian Lama dimana mereka dianiaya dan dibunuh karena menegur perbuatan menyembah berhala dan sengaja melanggar ketetapan Allah. 

Yesus sendiri tak luput dari aniaya dan dibunuh oleh konspirasi ahli Taurat, imam iman kepala, tua-tua Yahudi karena beda pemahaman dan tujuan beribadah pada Allah padahal sama2 percaya pada Allah. 

Bagaimana di jaman sekarang? 
Perpecahan umat kristiani terjadi di saat Martin Luter, seorang imam di Jerman yang keluar dari persatuan gereja katolik di Vatikan dengan membentuk kelompok sendiri dan akhirnya diantara mereka juga terjadi perpecahan padahal sumbernya sama yakni Yesus Kristus. 

Dalam pelayanan rohani juga terjadi konflik perpecahan karena perbedaan kepentingan padahal tujuan pelayanan adalah membagikan kasih dan bukan menuntut kasih dari orang lain. 

Kedua 
Penganiayaan dari pihak keluarga 

Lukas 21:16 
Kamu akan diserahkan juga oleh orang tuamu, saudara-saudaramu, kaum keluargamu dan sahabat-sahabatmu dan beberapa orang di antara kamu akan dibunuh

Intropeksilah keluarga masing-masing. 
Tedensi terjadi konflik di dalam keluarga sangat besar sebab di jaman modern ini sifat keakuan sangat menonjol dan merasa diri sendiri paling benar sehingga tidak heran meski satu rumah tetapi keyakinan iman berbeda-beda. 

Keributan diantara anggota keluarga bisa memanas sampai terjadi pembunuhan bila masing-masing menuntut anggota keluarga lain. 

Banyak kekerasan dalam keluarga yang melibatkan orangtua dengan anaknya, antar saudara sekandung, suami-isteri menimbulkan penganiayaan fisik dan penganiayaan psikis/mental. 

Harun dan Miryam membenci Musa padahal mereka berdua adalah kakaknya Musa dan seiman sama-sama percaya kepada Allah (baca Bilangan pasal 12). 

Ketiga 
Akan dibenci semua orang 

Lukas 21:17 
Kamu akan dibenci semua orang oleh karena namaKu. 

Prinsip kebenaran dunia terbentuk dari pengalaman orang-orang yang diakui reputasi kesuksesannya sehingga orang lain melihat hal itu berusaha meniru cara yang dilakukan orang sukses tersebut. 

Prinsip kebenaran Tuhan seringkali bertolak-belakang dengan prinsip dunia, seperti misalnya firman Tuhan berikut ini: 

1 Korintus 1:27-29 
Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat, dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti, supaya jangan ada seorang manusiapun yang memegahkan diri di hadapan Allah

Orang dunia tidak suka kepada orang yang menerapkan norma-norma rohani dalam pergaulan. 

Misalnya : minum sampai mabuk adalah hal biasa untuk me

Efesus 5:18 
Janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh 

Apalagi menyangkut masalah uang dan harta kekayaan dunia; sangat menyolok perbedaan orang rohani dan orang dunia hal keperluan uang untuk biaya hidup. 

Orang dunia sangat berambisi dan rakus menginginkan uang sebanyak-banyaknya sedangkan orang rohani secukupnya saja sebab ia mau berbagi dengan orang lain

Dampaknya adalah masalah kejujuran! 
Lihatlah korupsi di segala lapisan terjadi dan semakin tamak meski sudah banyak ketahuan dan dihukum penjara tetapi tak pernah jera. 

Orang jujur dimusuhi dan disingkirkan oleh orang dunia yang tidak jujur, bahkan tidak sedikit yang dibunuh karena takut terbongkar rahasia penggelapan uang. 

J A D I 

Ke-3 hal ini yang Yesus katakan kepada murid-muridNya termasuk kita juga. 
Dan kita menyikapi peringatan ini dengan sungguh-sungguh agar kita tidak panik dan kehilangan iman percaya kita kepada Yesus Kristus dikarenakan adanya 

Lukas 21:18-19 
Tidak sehelaipun dari rambut kepalamu akan hilang. Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com