Rabu, 29 November 2017

KIAT MENGHADAPI PENYESATAN









Selasa, 28 November 2017 

A. BACAAN PERTAMA 
DANIEL 2:31-45 

Daniel menjelaskan arti mimpi dari raja Nebukadnezar tentang masa depan kerajaannya. 

Daniel mengatakan Allah akan mendirikan kerajaan yang takkan binasa selamanya dan akan meremukan segala kerajaan. 

B. MAZMUR TANGGAPAN 
DANIEL 3:57-61 

Daniel memuji dan mengagungkan Allah. 

C. BACAAN INJIL 
LUKAS 21:5-11 

Yesus mengatakan Bait Allah suatu saat nanti akan hancur dan murid2 bertanya apa tandanya hal itu akan terjadi. 

Yesus menasehati agar mereka waspada karena banyak orang memakai nama Yesus untuk menyesatkan orang lain dengan tanda-tanda yang mengejutkan. 

RENUNGAN HARI INI 

Penyesatan sudah terjadi ribuan tahun lalu dan seharusnya kita yang hidup di jaman sekarang ini tidak terpengaruh dan terpedaya lagi. 

Namun realitanya masih saja ada umat kristiani yang percaya akan ajaran sesat yang mengatas-namakan Yesus. 

Mengapa bisa terjadi demikian? 

Jawabannya sederhana saja yaitu masih banyak umat kristiani yang tidak peduli membangun imanmya bertumbuh sebab lebih prioritaskan mencari duit dan harta kekayaan dunia. 

Masih banyak yang motto hidupnya : 
Gue mesti sukses menjadi orang kaya dan menjadi orang besar terkenal sebab disitulah letak kebanggaan dan harga diri 

Tidak heran mudah terpengaruh oleh sesuatu yang berkaitan erat dengan duit, misalnya : percaya horoskop, fengsui, dan tak segan memakai trik merugikan orang lain sebab yang penting menguntungkan drinya dan urusan orang lain peduli amat. 

Ada yang beralasan demi perjuangan maka mereka bertikai, bertengkar, dan berperang, padahal tujuannya untuk kepentingan diri sendiri atau kelompok. 

Semua itu didorong oleh keinginan hawa nafsu sehingga mudah disesatkan oleh paham-paham materialistis dan cilakanya menjual nama Yesus untuk menarik perhatian dan minat orang lain. 

Sangat ironi bila ada kegiatan pelayanan menggunakan cara-cara seperti ini dan akibatnya akan menjerumuskan mereka ke dasar jurang alam maut bila tidak segera bertobat dan kembali menempuh jalan keselamatan yang Yesus katakan. 

Yohanes 14:6 
Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. 

Penyesatan terjadi karena masih banyak orang memerlukan jalan pintas untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. 

Tidak selalu masalah duit/harta dunia, terkadang masalah sakit penyakit juga banyak penggemarnya mencari cara pengobatan alternatif yang bernuansa supranatural atau kekuatan alam gaib. 

Setelah segala cara sudah ditempuh dan ternyata belum sembuh juga maka mulai mengejar imam/pastur, hamba Tuhan terkenal dalam penyembuhan rohani. 

Gejala seperti ini terlihat jelas sekarang ini dan patut disayangkan bila tujuannya mencari Tuhan untuk kepentingan tubuh dan jiwa sedangkan kepentingan roh-nya terbengkalai padahal yang kembali ke Tuhan hanyalah roh kita ketika dipanggil meninggalkan dunia ini. 

Bukannya tidak tahu kebenaran ini tetapi saking sulitnya melepaskan kenikmatan duniawi menjadi penyebabnya sehingga mengesampingkan Tuhan. 
(baca 2 Timotius 3:1-5) 

Sesungguhnya sederhana saja hidup ini bila mau bersandar kepada Tuhan

Pertama 
Tentukan tujuan hidup kita adalah untuk kekekalan hidup di Surga 

Roma 2:6-8 
Allah akan membalas setiap orang menurut perbuatannya, yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan, tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman. 

Kedua 
Jalani kehidupan kristiani yakni : 
doa, firman Tuhan, komunitas rohani, dan pelayanan rohani 

Mazmur 84:11 
Lebih baik satu hari di pelataranMu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik. 

Ketiga 
Kendalikan keinginan kedagingan kita 

Roma 8:13 
Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. 

1 Yohanes 2:16 
Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia

Keempat 
Berbuatlah kasih semampu yang bisa kita lakukan dengan segenap hati. 

1 Yohanes 4:20 
Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya. 

Ke-4 hal ini kerjakan dengan tekun maka niscaya damai sejahtera mewarnai hidup kita di dunia ini. 

Dan kita mampu mengatasi segala trick penyesatan yang ditunggangi Iblis melalui tabgan-tangan orang jahat. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com