Kamis, 22 Februari 2018

KUNCI KERAJAAN SORGA










Kamis, 22 FEBRUARI 2018 

1 PETRUS 5:1-4 
MAZMUR 23:1-6 
MATIUS 16:13-19  

Matius 16:18-19 
Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaatKu dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga
Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. 

Yesus mempercayakan kepada Petrus untuk menggembalakan umatNya dan memberikan kunci Kerajaan Sorga. 

Apa itu kunci Kerajaan Sorga? 

Kerajaan Sorga di dunia ini adalah Gereja maka dari itu kunci Kerajaan Sorga adalah kuasa untuk memimpin Gereja di dunia ini. 

Kuasa penuh diberikan kepada Petrus dalam rangka menjalankan tugas penggembalaan dan kelak kemudian hari terbukti Petrus memenuhi tugasnya dan mendirikan Gereja di Vatikan sebagai Paus pertama. 

Meskipun terjadi perpecahan diantara umat kristiani dimana Martin Luther memisahkan diri dari kesatuan Gereja di Vatikan dan mendirikan Gereja Reformasi atau dikenal Gereja Protestan. 

Namun kesatuan umat kristiani dibawah kesatuan Gereja di Vatikan tetap solid hingga saat ini sudah ribuan tahun. 

Perbedaan pandangan dan pendapat di antara umat kristiani itu biasa sebab sejak jaman para rasul juga terjadi. 

Barnabas berselisih pendapat dengan Paulus tentang Markus sehingga Paulus memisahkan diri dari Barnabas dalam perjalanan misi pengInjilan. 
(baca Kisah 15:37-40) 

Padahal Barnabas, orang pertama yang menerima Paulus ketika Paulus dicurigai oleh para rasul dan murid-murid lainnya sebab saat itu Paulus baru bertobat dari seorang yang penganiaya menjadi pengikut Yesus (baca Kisah 9:26-27). 

Selanjutnya, 

Kembali ke hal kunci Kerajaan Surga itu tidak berarti hanya Petrus saja tetapi diteruskan kepada penerusnya. 

Bisa juga makna kunci Kerajaan Surga itu berarti warisan diberikan kepada setiap orang percaya kepada Yesus, menerima Anugerah kehidupan kekal di Surga. 

Roma 8:16-17 
Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah. Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia. 

Dalam Perjanjian Lama, Elyakim ditunjuk sebagai pemegang kunci rumah Daud. 

Yesaya 22:20,22 
Pada waktu itu Aku akan memanggil hambaKu, Elyakim bin Hilkia: Aku akan menaruh kunci rumah Daud ke atas bahunya: apabila ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.

Petrus juga diberi kuasa oleh Yesus untuk mengikat dan melepaskan. 

Matius 16:19 
Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. 

Pemilik kunci Kerajaan Sorga di tangan Tuhan Allah sedangkan Petrus diberi kunci untuk memimpin Gereja di dunia dan kita juga umat kristiani menerima Anugerah kehidupan kekal di Surga. 

Semoga kita semua menyadari hal ini dan menjaga agar kunci Kerajaan Surga berupa kunci masuk ke Surga tetap berada di tangan kita dan tidak dicuri Iblis atau digadaikan untuk melampiaskan keinginan menikmati kesenangan dunia. 


Salam Kasih, 
Surya Darma 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar Anda atau mungkin membutuhkan doa dan konseling, ke alamat email saya : surya.pdkk@gmail.com